Cara Menggunakan Fitur Motion Gesture Pada Smartphone Android

Android semakin memudahkan para penggunanya dengan fitur motion gesture. Fitur satu ini digunakan untuk memudahkan pengoperasian smartphone dengan beberapa gerakan pintasan. Jadi tidak perlu repot, dengan beberapa gerakan saja kita bisa langsung masuk menu, menjalankan perintah dan lain sebagainya secara lebih mudah.

Hampir semua jenis smartphone android sudah dibekali dengan fitur tersebut, namun masih jarang yang tahu bagaimana cara menggunakannya.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna mesti melakukan pengaturan terlebih dulu. Beberapa fungsi fitur motion gesture bisa anda jalankan dengan mudah misalnya mengatur mode silent, memindahkan aplikasi, melihat notifikasi, menerima panggilan telfon, dan sebagainya.

Semuanya bisa anda lakukan dengan gerakan yang simpel. Nah, bagi anda yang ingin mencoba fitur motion gesture pada smartphone Android, berikut ini beberapa cara menggunakannya.


1. Turn to mute

Untuk mengaktifkan fitur satu ini, anda hanya perlu masuk ke menu setting. Kemudian pilih device dan motion gesture. Setelah itu aktifkan opsi Direct Call untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Cara menggunakan fitur satu ini adalah anda cukup membalikan ponsel anda dan secara otomatis ponsel akan berada di mode silent. Fitur satu ini penting bagi anda yang sering rapat atau berada di area yang mengharuskan ponsel dalam mode hening.

Lihat: Cara memperpanjang usia baterai anda


2. Tap to Top

Cukup ketuk dua kali pada bagian atas ponsel maka layar akan tergulung sempurna. Anda tidak perlu repot melihat notifikasi secara manual. Hanya perlu mengetuk ponsel saja, secara otomatis ponsel akan melakukan perintah tersebut.

Fitur satu ini umumnya sudah disertakan secara otomatis pada beberapa jenis smartphone. Beberapa smartphone bahkan menyertakan fitur menggulung layar hanya dari bagian luar smartphone saja.

Lihat: Cara membuat foto jadi kartun di handphone


3. Pan to move an icon

Jika biasanya memindahkan aplikasi ke layar lainnya dengan cara menggeser, anda tidak perlu repot menggesernya kembali. Cukup sentuh ikon aplikasi beberapa detik kemudian geser ponsel ke kanan atau ke kiri. Anda bisa melakukan hal yang sama ke berbagai jenis aplikasi sehingga tidak menyulitkan anda dalam menata lay-out smartphone anda.


4. Pan to browse an image

Gerakkan ponsel ke atas, bawah, kanan atau kiri maka secara otomatis detail gambar akan ditampakkan. Motion gesture satu ini hanya berlaku untuk gambar yang sudah di zoom. Dengan cara menggerakan layar ke beberapa arah, anda tidak perlu repot lagi menggeser gambar secara manual untuk melihat detailnya.

Baca: Kegunaan airplane mode yang jarang diketahui


5. Smart Alert

Fitur motion gesture satu ini ditampilkan melalui jendela dengan tampilan unik. Fitur satu ini berguna untuk menampilkan notifikasi secara praktis.

Bagi anda yang memiliki kesibukan padat, motion gesture satu ini sangat memudahkan anda. Fitur ini secara otomatis akan berjalan jika fitur motion gesture anda aktifkan. Notifikasi pun akan ditampilkan secara lebih rinci dengan tampilan unik.

Nah, itu dia beberapa cara menggunakan fitur motion gesture pada smartphone android yang bisa menjadi acuan dalam memanfaatkan fitur canggih tersebut. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *