12 Pilihan Aplikasi Perekam Layar PC

Perekam layar menjadi sebuah software yang banyak digunakan belakangan ini. Hal ini bisa terjadi karena kita membutuhkan aplikasi perekam layar untuk merekam berbagai macam aktifitas yang sedang dilakukan ketika kita sedang menggunakan komputer atau laptop.

Aplikasi perekam layar juga sangat berguna untuk melakukan presentasi, membuat video tutorial, hingga digunakan oleh para Youtuber gaming agar bisa menunjukkan aksinya ketika sedang memainkan suatu permainan.

Tidak jauh berbeda dari aplikasi edit video pada umumnya, aplikasi perekam layar juga memiliki fitur tambahan yang tak kalah penting untuk dicoba.

Sudah penasaran kira-kira aplikasi perekam layar apa saja ya yang masuk ke dalam daftar rekomendasi kami? Yuk, simak langsung ulasannya di bawah ini!


1. OBS Studio

Jika kamu adalah seorang gamer atau masih bercita-cita untuk menjadi gamer handal, OBS Studio merupakan aplikasi perekam layar terbaik yang bisa membantumu merekam setiap permainan dengan sempurna.

OBS Studio merupakan aplikasi open source yang artinya bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan tanpa ada batasan apapun.

Di OBS Studio, kamu bisa melakukan perekaman layar dengan resolusi yang tinggi serta membuat video dengan durasi panjang sesuai kreasi sendiri.

Tak hanya itu saja, aplikasi yang satu ini mendukung layanan streaming langsung ke Youtube atau permainan Twitch.

Dengan OBS Studio, kamu bisa menyimpan hasil rekaman layar sementara lalu melanjutkannya di lain waktu. Selain itu, kamu dapat menyimpan video rekaman dalam format FLV dan save di penyimpananmu sendiri.

OBS Studio dapat melakukan perekaman langsung dari kartu grafis perangkat PC atau laptopmu. Aplikasi ini juga menyediakan fitur penangkap layar game yang sedang berjalan dalam mode layar penuh (banyak perekam layar lainnya hanya dapat merekam jika layar di-minimize).

OBS Studio dilengkapi dengan tombol cepat yang dapat disesuaikan untuk mengontrol perekaman. Bukan cuma itu, aplikasi perekam layar yang satu ini juga dapat menggunakan CPU multi-core sepenuhnya untuk meningkatkan kinerja, dan mampu merekam pada 60FPS (atau bahkan lebih tinggi).

Mungkin kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatur aplikasi ini agar bisa digunakan sesuai dengan keinginanmu, tapi hasilnya akan sangat sepadan jika pada akhirnya kamu berhasil membuat video keren, apalagi video ketika kamu sedang main game.


2. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Jika kamu mau melakukan perekaman presentasi, tutorial dan demonstrasi suatu aplikasi atau acara, cobalah Apowersoft Free Online Screen Recorder dengan segera.

Software yang satu ini berbasis browser, yang artinya kamu tidak bisa merekam layar ketika sedang main game, tetapi Apowersoft tetap mudah digunakan untuk mengerjakan tugas lainnya.

Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan Apowersoft Free Online Screen Recorder, kamu akan diminta untuk mengunduh aplikasi launcher agar bisa memakai Apowersoft Free Online Screen Recorder.

Kemudian, kamu akan diberi panel kontrol yang dikemas dengan lebih banyak opsi daripada yang bisa kamu temukan di sebagian besar software perekaman layar lainnya. Kamu dapat mengambil rekaman dari desktop atau webcam, dan merekam audio dari PC, mikrofon, dan perangkat tambahan lainnya.

Dengan Apowersoft Free Online Screen Recorder, kamu bisa merekam seluruh layar, memilih area secara manual atau memilih salah satu resolusi preset yang ideal jika kamu mau merekam klip untuk YouTube dan tidak ingin menggunakan editor video terpisah untuk mengubah ukurannya nanti.

Apowersoft Free Online Screen Recorder juga menawarkan shortcut keyboard yang dapat disesuaikan untuk kecepatan dan kenyamananmu. Kamu dapat memilih untuk memasukkan kursor ke dalam rekaman dan memilih dari berbagai format output termasuk MP4, WMV, AVI, MOV, dan banyak lagi. Kamu bahkan dapat menambahkan anotasi selama perekaman.

Setelah selesai melakukan perekaman layar, kamu dapat menyimpan rekaman sebagai file video atau GIF, mengunggahnya langsung ke YouTube atau Vimeo, bahkan mengirimkannya ke Google Drive atau Dropbox.

Di Apowersoft Free Online Screen Recorder, kamu juga dapat mengedit klip video yang sudah dibuat. Dengan opsi ini, kamu membutuhkan komponen tambahan yaitu Apowersoft Video Editor, yang memungkinkan kamu untuk membuat pengeditan sederhana sebelum mengekspor videomu dalam format yang kamu inginkan. Apowersoft Free Online Screen Recorder memang menjadi software yang sangat luar biasa.

Baca Juga : 9 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Smartphone


3. FlashBack Express

Meskipun OBS Studio adalah pilihan pertama kami ketika kamu mau merekam layar dari desktop atau webcam, tetapi Flashback Express juga memiliki fitur yang tak kalah hebatnya. Walaupun merupakan versi gratis dari program berbayar, FlashBack Express tidak akan memberikan watermark yang buruk pada rekamanmu atau memiliki batas waktu ketika kamu mau melakukan perekaman layar.

Flashback Express juga dikemas dengan fitur dan tools yang mampu menyaingi banyak program premium.

Flashback Express juga memiliki interface yang tidak terlalu ramai dibandingkan dengan OBS Studio, jadi jika kamu belum pernah menggunakan perekam layar sebelumnya, Flashback Express adalah pilihan yang sangat tepat yang perlu kamu coba.

Dengan Flashback Express, kamu dapat merekam dari seluruh layar, jendela, area yang dipilih, atau webcam sekalipun! Setelah selesai, rekamanmu akan muncul di editor sederhana, tempat di mana kamu bisa memotong dan menambahkannya sesuai dengan kebutuhanmu, lalu mengekspornya ke YouTube, server FTP, atau PC-mu.

Itu semua merupakan fitur standar untuk perekam layar gratis seperti Flashback Express. Tetapi coba luangkan waktu sebentar untuk mempelajari opsi lanjutan dari Flashback Express dan kamu akan menemukan banyak pengaturan yang dirancang dengan cermat, yang akan membuat rekaman desktop-mu terlihat benar-benar profesional.

Flashback Express dapat secara otomatis mengaburkan kata sandi yang dimasukkan di layar, mengganti wallpaper konyol Anda dengan yang polos, menyembunyikan ikon desktop yang berantakan, dan menyorot penunjuk tetikus (mouse) untuk membuatnya lebih mudah diikuti. Ada juga mode permainan khusus yang memungkinkan kamu untuk menentukan jumlah frame yang direkam per-detik.

Tidak ada batasan pada panjang rekamanmu kecuali kamu memilih untuk mengaturnya. Fitur ini dapat berguna jika ada kemungkinan kamu secara tidak sengaja membiarkan perekam berjalan.

Di Flashback Express, kamu juga dapat memilih untuk memecah rekaman panjang menjadi potongan-potongan yang akaan membantumu menghindari membuat file yang besar dan dengan kapasitas yang cukup berat. Setiap rekaman yang kamu buat juga tidak akan diberi watermark.

Setelah pembaruan terbaru, Flashback Express dapat mengekspor hasil rekamanmu dalam format WMV, AVI, dan MP4.

Aplikasi ini juga mampu melakukan fitur konverter video hanya dengan menginstall software Flashback Express, lalu kamu siap untuk mulai merekam.


4. Ezvid

Ezvid adalah software untuk membuat video dan rekaman layar yang freeware alias gratis. Halaman web Ezvid menggunakan daya pemrosesan komputer atau laptopmu untuk meningkatkan kecepatan perekaman layar dan kemampuan mengedit video.

Meskipun file Ezvid dapat diunggah ke situs-situs seperti YouTube, file tersebut sebenarnya paling kompatibel dengan situs Wiki mereka, yaitu wiki.ezvid.com, yang mengklaim dirinya sebagai Wiki video eksklusif pertama di dunia


5. ShareX

ShareX adalah aplikasi open source untuk perekaman layar dan merekam video. Tidak ada tanda watermark atau batas waktu yang perlu dikhawatirkan ketika kamu ingin melakukan perekaman layar dengan aplikasi yang satu ini. Kekurangan dari ShareX adalah tampilan interface-nya yang kurang intuitif sehingga kamu disarankan untuk menggunakan pintasan keyboard atau shortcut.

Untuk cara kerja cepat, kamu dapat memulai rekaman dengan mengetuk Shift + Print Screen, dan menghentikannya lagi menggunakan Ctrl + Shift + Print Screen.

Kamu juga dapat menggunakan perekam layar gratis ini untuk menyimpan hasil tangkapanmu sebagai GIF daripada file video, yang dapat sangat berguna supaya bisa kamu bagikan di forum dan sosial media.

Tak hanya itu saja, ShareX juga dapat melakukan perekaman untuk seluruh halaman web, menangkap dan mengidentifikasi teks melalui OCR, dan bahkan menangkap layar dekstop-mu sesuai dengan jadwal.

Fitur terbaik lainnya dari ShareX adalah kemampuannya untuk mengirim tangkapan dan video yang sedang diambil langsung ke situs berbagi file atau media sosial apapun.

Sayangnya, ShareX tidak mendukung pengambilan layar atau rekaman dari game yang sedang kamu mainkan dalam mode layar penuh. Walaupun begitu, ShareX adalah perekam layar luar biasa yang akan membantumu dengan sangat baik.

Baca Juga :  9 Situs Khusus Edit Foto Online Terbaik (2020)


6. CamStudio

CamStudio adalah aplikasi perekaman layar yang open source dan bisa digunakan untuk membuat video AVI dari semua aktivitas audio dan video di layar desktop komputer atau laptopmu. CamStudio juga dapat mengkonversi rekaman AVI-mu ke format SWF.

CamStudio merupakan software yang sangat mudah digunakan. Kamu dapat mempelajarinya dalam beberapa menit, berkat file bawaan yang tersedia di dalamnya.

CamStudio juga mampu mengurangi ukuran file video yang kamu buat dan akan jadi jauh lebih kecil daripada perekam layar terkemuka lainnya. Software ini juga memiliki kualitas yang hebat.


7. Debut Video Capture

Debut Video Capture adalah software yang cukup baru dan bisa digunakan untuk melakukan perekaman layar secara gratis. Meskipun desainnya sedikit ketinggalan zaman dan tidak banyak membantu, Debut Video Capture adalah software yang sangat kuat yang dapat melakukan lebih dari sekadar menangkap apa yang terjadi pada layar monitor PC atau laptopmu.

Selain perekaman layar dasar (tanpa batas waktu atau watermark), Debut Video Capture juga dapat merekam cuplikan dari perangkat eksternal, termasuk webcam dan kamera CCTV.

Debut Video Capture bahkan dapat merekam pada jadwal reguler atau bisa ditentukan sebelumnya. Hal ini berarti kamu dapat menggunakan Debut Video Capture untuk mengawasi sistem keamanan rumah atau kamera CCTV-mu. Debut Video Capture sebenarnya tidak terlalu buruk untuk software gratis untuk penggunaan pribadi.

Tidak ada tools pengeditan dalam software ini, tetapi kamu dapat menerapkan filter tertentu dan menambahkan teks dan watermark buatan dirimu sendiri sebelum mulai merekam.

Tidak ada opsi untuk mengekspor video langsung ke YouTube atau Facebook, tetapi kamu dapat menyimpan video rekaman layarmu dalam semua format utama seperti MP4, MOV, dan AVI.


8. TinyTake

TinyTake adalah salah satu software terbaik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan perekaman layar dengan kualitas tinggi. Perangkat lunak ini memungkinkanmu untuk merekam video pada aktivitas desktop PC maupun laptopmu, membuat anotasi, dan membagikannya di media sosial.

TinyTake merupakan software yang memiliki tampilan sederhana, gratis, dan kaya fitur, meskipun beberapa fitur tersedia dengan opsi berbayar.

Baca Juga : 8 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Smartphone


9. DVD VideoSoft’s Free Screen Video Recorder

DVD VideoSoft memungkinkanmu untuk menangkap gambar atau video apa saja di layar monitor PC atau laptopmu, termasuk beberapa tab, objek, menu, dan aktivitas desktop lainnya.

Ada halaman instruksi langkah demi langkah yang komprehensif dengan gambar untuk membantumu membuat video. DVD VideoSoft memasarkan perekam layar gratis dengan berbagai macam fitur lengkap, yang aman untuk dipasang dan dijalankan.


10. VLC Media Player

VLC media player (umumnya dikenal sebagai VLC) adalah software pemutar video berbagai macam platform dan aplikasi yang open-source serta gratis.

VLC media player juga bisa berperan sebagai server media streaming yang dikembangkan oleh proyek VideoLAN.

VLC tersedia untuk sistem operasi desktop dan platform seluler, seperti Android, iOS, iPadOS, Tizen, Windows 10 Mobile, dan Windows Phone. VLC juga tersedia di platform distribusi digital seperti App Store Apple, Google Play dan Microsoft Store.

VLC mendukung banyak metode kompresi audio, video, dan berbagai macam format file, termasuk DVD-Video, video CD dan protokol streaming.

Selain berguna untuk memutar video dari berbagai macam format, VLC media player juga memiliki fitur yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar desktop PC atau laptopmu.

Nyatanya, fitur ini belum banyak diketahui oleh para user sehingga tak jarang masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Walaupun begitu, VLC media player dilengkapi oleh tampilan interface yang menarik dan sangat mudah dipakai bahkan oleh pemula sekalipun.


11. Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay)

Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay) merupakan aplikasi untuk PC yang dilengkapi dengan kartu grafis GeForce biasa digunakan sebagai alat untuk mengoptimalkan perpustakaan game-mu dan serta dapat dipakai untuk mengunduh driver GeForce terbaru.

Software ini turut dilengkapi dengan fitur perekaman layar game yang sangat terkenal yang biasa disebut ShadowPlay.

ShadowPlay memungkinkanmu untuk merekam video berkualitas tinggi pada layar desktop ketika sedang memainkan game. Tak hanya itu saja, ShadowPlay juga dilengkapi dengan fitur screenshot dan livestream yang bisa kamu lakukan dengan pengguna lainnya.


12. Bandicam Screen Recorder

Bandicam adalah software perekam layar yang gratis dan mudah digunakan untuk Windows. Bandicam memungkinkanmu untuk menangkap area apapun di desktopmu sebagai screenshot atau file video screencast.

Dengan Bandicam, kamu dapat merekam ceramah, permainan, dan panggilan Skype dengan opsi untuk menambahkan narasi dari mikrofon dan videomu dari webcam-mu. Setelah itu, kamu bisa membagikan video hasil buatanmu di YouTube atau Vimeo. Untuk merekam layar PC, kamu hanya perlu memilih mode ‘Perekaman Layar’ yang ada di Bandicam.

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments