Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

Tak mau terus menerus terpojok, akhirnya Nokia kembali bangkit dari ‘keterpurukan’ dengan meluncurkan serangkaian smartphone dengan fitur mumpuni, salah satunya adalah Nokia 6 yang diperkenalkan pertama kali di China pada tahun 2017 yang lalu.

Penggantinya yang lebih ‘upgrade’ diberi nama serupa yaitu Nokia 6 atau juga dikenal sebagai Nokia 6.1 dan dirilis pada tahun 2018.

Ponsel ini digadang-gadang memberikan angin segar bagi Nokia berkat fiturnya yang mampu bersaing dengan smartphone lainnya di pasaran.

Tak hanya kelebihan saja, Nokia 6 juga punya sederet kekurangan yang akan kami bahas dengan rinci di bawah ini. Yuk langsung disimak ulasannya!


Kekurangan dari Nokia 6

1. Kualitas Kamera yang Terbatas

Nokia telah memutakhirkan kamera ponsel mereka yang awalnya hanya 13 Megapixel menjadi 16 Megapixel di Nokia 6 dengan lensa kamera setara 27-mm. Namun, kamera depan masih sama dengan Sensor 8 MP.

Walaupun kamera depan memiliki kualitas cukup bagus, tetap saja ponsel ini tidak memiliki tambahan lampu (light flash) jika Anda ingin mengambil gambar pada situasi cahaya yang redup atau gelap.

Kekurangan lainnya adalah pengaturan kamera pada Nokia 6 yang tidak terlalu ‘user-friendly’. Sebagian besar pengaturan kamera tersembunyi di balik menu dan sulit ditemukan.

Ponsel ini juga tidak memiliki stabilisasi gambar apapun, Anda pun bisa secara tidak sengaja mengambil banyak gambar buram yang tidak diinginkan.

Cek juga: Kelebihan dan kekurangan Oppo F5

2. Sensor Fingerprint yang Lambat

Nokia 6 memiliki sensor fingerprint yang gampang lemot apabila sering digunakan. Padahal, fingerprint sangat berguna untuk keamanan ponsel dan data yang terdapat di dalamnya.

3. Ukurannya Terlalu Besar

Nokia 6 memiliki layar 5.5 inci dengan resolusi 1080×1920, dan beberapa pengguna merasa bahwa ponsel ini agak terlalu besar untuk dipegang menggunakan satu tangan.

4. Tidak ada Fitur Fast-Charging

Untuk Anda yang tidak suka menunggu lama, sebaiknya pertimbangkan lagi sebelum membeli ponsel ini karena Nokia 6 membutuhkan waktu sekitar dua jam lebih untuk pengisian baterainya. Yang tentu saja ini sangat menyebalkan dan boros waktu.

5. Terlalu Mahal

Menurut kami, Nokia mematok harga yang terlalu mahal untuk ponsel sekelas Nokia 6. Anda perlu merogoh kocek sebesar 3-3.5 juta rupiah untuk mendapatkan ponsel ini.

Walaupun fitur yang ditawarkan cukup menarik, tetapi Anda bisa mendapatkan ponsel dengan fitur sama atau bahkan lebih dari Nokia 6 dengan harga yang jauh lebih murah.

6. Tidak Anti Air

Kami tidak mengerti mengapa Nokia tidak memasukkan fitur tahan air dan debu kedalam ponsel Nokia 6-nya ini. Padahal dengan harga mahal, seharusnya Anda sudah bisa mendapatkan ponsel yang memiliki fitur anti air dan debu.

7. Aplikasi Tambahan yang Mengganggu

Beberapa ponsel memiliki tambahan aplikasi yang tidak bisa dicopot, masalah yang sama juga yang terjadi pada Nokia 6.

Nokia tampaknya membangun kerja sama cukup baik dengan Amazon, Hal ini dibuktikan dengan integrasi layanan Amazon langsung ke menu pengaturan di Nokia 6.

Jika Anda tidak menggunakan layanan Amazon, mungkin ini akan menjadi berita buruk karena aplikasi ini tidak bisa di-uninstall.


Kelebihan dari Nokia 6

1. Kualitas Suara yang Keren

Sound system Nokia 6 sudah menggunakan sound system Immersive dengan teknologi Dolby Atmos. Bagi Anda yang benar-benar peduli dengan kualitas suara yang baik, maka ponsel ini akan memberikan efek suara yang fantastis terutama ketika Anda mendengarkan musik dari headphone atau hanya menggunakan speaker eksternal.

2. Desain yang Menawan

Build Quality adalah salah satu hal terbaik dalam Nokia 6- penggunaan aluminium bermutu tinggi dan kaca LCD 2.5D yang melengkung di bagian depan memberikan kesan premium pada ponsel ini.

Layarnya pun berkualitas baik dengan 403 PPI dan kecerahan sekitar 450 nits yang masih tetap bisa dibaca dengan baik walaupun terkena sinar matahari. Resolusi layar telah ditingkatkan hingga 1080p.

3. Kapasitas Memori yang Besar

Keunggulan lainnya dari Nokia 6 adalah memiliki 2 pilihan memori internal yaitu 32 GB dan 64 GB, kedua memori internal ini memiliki jumlah RAM yang sama yaitu sebesar 4 GB.

Nokia 6 juga menyediakan fitur penambahan memori hingga 256 GB. Tentu saja ini merupakan penyimpanan eksternal sangat besar yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan file apapun.

4. Performa Prosesor yang Bagus

Nokia 6 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 630, proses ini dapat bekerja maksimal berkat 2,2 Ghz Octa Core Cortex A53.

Prosesor jenis ini juga dapat mengambil gambar maksimal 16 MP dengan tambahan prosesor sensor gambar 2x, Nokia 6 dapat mengambil gambar penuh warna dengan baik.

5. Sensor Tambahan yang Bermanfaat

Nokia 6 dilengkapi dengan semua sensor dasar yang sangat bermanfaat dan mungkin tidak ada di ponsel lainnya. Smartphone ini memiliki sensor kompas dan ambient light sensor.

Nokia 6 juga dilengkapi dengan sensor NFC yang dapat digunakan untuk transfer file secara instan, dan yang paling penting adalah bisa isi ulang uang elektronik.

6. OS Android 9 Pie

Versi Nokia 6 tahun 2017 awalnya diisi dengan Android 7.1.1 Nougat dan pembaruan untuk Android 7.1.2 Nougat keluar pada Oktober 2017.

Pada akhir Januari 2018, versi stabil Android 8.0 Oreo dirilis untuk Nokia 6. Terakhir, 21 Februari 2019, Nokia 6 menerima update dari 8.0 Oreo ke Android 9 Pie.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of