10 Rekomendasi Headset VR Terbaik

Penggunaan headset Virtual Reality atau VR memberikan penggunanya pengalaman terbaik dalam perjalanan teknologi selama satu dekade terakhir. Teknologi ini akan membawa kita ke dunia virtual yang menarik dan membuat kita merasa seolah-olah kita benar-benar ada di sana.

Meskipun konsep virtual reality bukanlah hal baru sama sekali, tetapi penggabungan teknologi ke konsep ini dalam beberapa tahun terakhir telah melahirkan beberapa produk inovatif yang benar-benar lebih menarik dari sebelumnya.

Saat ini Setidakya ada beberapa headset VR terbaik yang rekomended untuk digunakan dan memberikan pengalaman dalam dunia virtual reality yang tidak terlupakan. Berikut ini adalah daftarnya.

1. HTC Vive

headset VR terbaik HTC Vive

HTC Vive merupakan salah satu produk terbaik yang menawarkan pengalaman VR terlengkap bagi pengguna. HTC Vive memiliki dua layar 1080 pixel yang menawarkan gambar sangat tajam, meskipun resolusinya tidak terlalu tinggi. Ciri utama HTC Vive yaitu memiliki fitur skala ruangannya yang memungkinkan pengguna menjelajahi ruang sekitar 4,5×4,5 meter.

2. Sony PlayStation VR

headset VR terbaik Sony PlayStation VR

Sony PlayStation VR merupakan VR berkualitas yang tersedia dengan harga yang terjangkau. Untuk bisa menjalankan headset ini, maka hanya bisa memakai konsol PS4. Sony PlayStation VR menawarkan 2 varian sekaligus yaitu sistem VR dengan headphone. Jenis headset ini sangatlah rekomended untuk dipakai, karena memiliki banyak kelebihan.

3. Oculus Rift

headset VR terbaik Oculus Rift

Oculus Rift menuntut PC gaming kelas atas untuk mengumpulkan daya yang diperlukan untuk menghasilkan dua gambar resolusi 1080*1200 untuk headset. Oculus Rift memiliki spesifikasi minimum seperti prosesor Intel Core i5 4590 atau yang setara, RAM 8 GB dan kartu video Radeon 290 atau GTX 970.

Dengan berbagai kelebihannya, headset Oculus Rift menjadi pilihan nomor 1 di industri game-game VR yang ada di pasaran.

4. Samsung Gear VR

Samsung Gear VR

Samsung Gear VR merupakan headset yang cukup identik dengan pendahulunya yaitu Note 4 Gear VR, karena hanya berbeda ukuran dengan beratnya saja. Tali pengikatnya dibuat dengan sangat nyaman, meskipun ada banyak perbaikan pada bagian gambarnya. Samsung Gear VR memang cukup efisien sebagai perangkat VR hiburan rumah dan untuk menonton berbagai jenis video.

5. Google Cardboard

Google Cardboard

Google Cardboard merupakan headset yang dijual dengan harga murah, karena dirancang dengan sangat sederhana. Google Cardboard dibuat dari bahan dasar selembar karton yang dipasangkan dengan 2 buah lensa yang dipasang kuat didalamnya. Banyak perusahaan yang mengembangkan Google Cardboard, karena permintaan produk jenis ini sangatlah berlimpah.

6. LG 360 VR

LG 360 VR

LG 360 VR memiliki kemampuan tethering yang berbeda dengan sistem VR yang lain. Headset VR akan langsung terhubung ke handset LG yang kompatibel melalui kabel USB yang bertipe C. LG 360 VR menjadi headset yang sangat simpel untuk dipakai, karena bentuknya sangat menyerupai kacamatan biasa dan bentuknya tidak jauh berbeda dengan topeng untuk menyelam.

7. Google Daydream

Google Daydream

Google Daydream merupakan salah satu headset VR yang terbilang sangat sempurna dan bentuknya mirif dengan Samsung Gear VR, namun ada beberapa perbedaan di aspek yang lain. Google Daydream memiliki perbedaan dari segi remote genggamnya, karena headset ini memungkinkan adanya interaksi dengan menggunakan konsep VR.

8. Microsoft HoloLens

Microsoft HoloLens

Microsoft HoloLens memiliki bentuk yang cukup kecil dan sangat ringan, namun headset ini sangat nyaman untuk dipakai. Microsoft HoloLens tidak memiliki sambungan kabel di dalamnya. Perbedaan utama antara Microsoft HoloLens dan headset VR lainnya yaitu memiliki layar tampilan yang menggantung di depan wajah.

9. Sulon Q

Sulon Q

Headset ini ditenagai oleh prosesor quad core AMD FX 8800 Pixel yang dipadukan dengan grafis Radeon R7 dan hal ini berarti membuat Sulon Q dapat menjalankan DirectX 12 serta API grafik Vulcan yang menawarkan visual berperforma sangat tinggi. Sulon Q juga dilengkapi dengan mikrofon yang memiliki fitur peredam bising yang akan dipakai untuk komunikasi suara.

10. Homido Virtual Reality

Homido Virtual Reality merupakan headset yang memiliki konsep yang hampir mirip dengan Google Cardboard dan bagian konstruksi plastiknya sangat mirip dengan Gear VR Samsung. Homido Virtual Reality memiliki aplikasi sendiri yang dinamakan dengan Homido Center dan dengan aplikasi resminya, akan membuat pengguna dimudahkan dalam penggunaan headset VR.

Sekian ulasan singkat mengenai pilihan headset VR terbaik dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan praktisi SEO, dengan spesialisasi di sektor teknologi dan game.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x