Cara Cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

Setiap peserta didik punya nomor unik yang tercatat di Kemendikbud. Lalu bagaimana cara cek NISN siswa milikmu? Artikel kali ini membahas cara cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA yang sekolahnya sudah punya NPSN resmi.

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah data seluruh siswa yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional adalah data referensi seluruh sekolah Indonesia, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Banyak siswa SD, SMP dan SMA yang belum tahu NISN sendiri. Ini biasanya gara-gara wali murid siswa yang tidak mendaftar ulang, atau pihak sekolah yang tidak kompeten sehingga NISN siswa tidak tercantum di rapor maupun daftar kehadiran.

Setiap siswa yang sudah terdaftar di layanan NISN akan diberikan kode pengenal identitas yang terdiri dari 10 digit angka unik. Angka 10 digit ini memiliki arti, 3 digit pertama merupakan tahun lahir siswa, sedangkan 7 digit sisanya merupakan kode unik.

Contoh, kalau kamu lahir tahun 1999 maka 3 angka pertama di NISN kamu adalah 099, setelah itu sisanya nomor unik. Tidak hanya NISN, kamu juga bisa cek NPSN sekolah secara online. Yuk langsung saja!


Cara Cek NISN Siswa

Untuk cek NISN secara online, kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/, yaitu situs hasil kerjasama Kemdikbud dengan Dapodik dalam mengelola data siswa dan sekolah.

Jangan ngamuk bin bete kalau situsnya tidak bisa diakses, namanya juga situs pemerintahan. Kamu bisa protes ke layanan publik kemendikbud di twitter atau hubungi langsung nomor layanan resminya.


Cara Cek NISN Berdasarkan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir

Untuk cek NISN siswa SD, SMP dan SMA lewat nama, tempat, dan tanggal lahir, ini caranya:

  1. Kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama, bisa lewat handphone ataupun laptop.
  2. Input dan lengkapi data seperti Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu.pencarian nisn dengan nama tempat tanggal lahir nama ibu
  3. Isi juga kode CAPTCHA. Kalau kesulitan karena terlalu kecil, zoom saja hingga terlihat jelas.
  4. Kalau sudah isi lengkap, klik tombol Cari Data di bagian bawah formulir.
  5. Kalau data yang dimasukan benar, maka kamu akan dialihkan ke halaman hasil pencarian berdasarkan nama. Disini akan muncul beberapa data seperti NISN, nama, jenis kelamin, tempat lahir dan tanggal lahir. nisn ricky rachma

Cara Cek Info Siswa SD, SMP dan SMA Berdasarkan NISN

Kamu juga bisa cek informasi siswa berdasarkan nomor NISN. Ini bisa kamu pakai untuk mengecek apakah data siswa (seperti tempat dan tanggal lahir) sudah benar atau belum di database Kemdikbud.

Ini cara cek info siswa berdasarkan NISN.

  1. Kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Pada kotak pencarian, masukan NISN Siswa dan Nama Ibu Kandung. Lalu klik tombol Cari. pencarian nisn dengan nomor nisn dan nama ibu
  3. Lalu akan ditampilkan informasi siswa seperti Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. info siswa nisn

Informasi diatas perlu kamu cocokkan dengan kebenaran yang tercantum di KTP dan/atau akta lahir. Kalau masih ada kesalaha, segera hubungi pihak sekolah untuk memperbaiki data tersebut supaya tidak semakin susah kedepannya.

Demikian cara cek NISN siswa SD, SMP dan SMA secara online. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari NISN kamu ya, dengan panduan yang sudah kami berikan diatas kamu bisa kok melakukannya sendiri dirumah.

Ada pertanyaan? Atau penasaran apa kata oranglain tentang layanan kemdikbud ini? Cek kolom komentar!

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan praktisi SEO, dengan spesialisasi di sektor teknologi dan game.

guest
26 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
budi wahyuni
budi wahyuni
8 bulan yang lalu

Waduh udah seneng ada solusi cari data NISN krn bermasalah lha kok ngga bisa diakses url nya. Pak Nadiem piye iki???
Rakyat byk yg sdg sulit jangan ditambahi kesulitan cari NISN lagi…

rizqul
rizqul
2 bulan yang lalu

meski sy muslim x harus ttap paham tekhnologi… salam toleransi….

Indra
Indra
10 bulan yang lalu

Setau saya situs cek nisn kemendikbud emang sudah lama error dan tidak bisa diakses kok sejak februari 2020. Ini berita menurut saya basi dan asal posting saja tanpa cek dulu bisa gak situs yang disebutkan di berita ini diakses apa kagak. Ntah lah, ntah apa maksud berita basi dan ngawur ini diposting. Buat pencitraan kemendikbud kali. Saya aja kesal asal mau cek NISN tak pernah berhasil, selalu error terus. Ntah ngapain aja itu admin web nya. Apa pak menteri nadiem tau gak ya soal ini? Ntahlah….

juna
juna
8 bulan yang lalu

ngaco situs kementrian selalu gak bisa diakses… gimana negara mau maju wong web saja sult sekali diakses.. lebih jago anak2 muda tanpa gelar. Penasaran dikemanakan anggaran negara untuk hal hal spt ini.. korup..

wiryawan
wiryawan
8 bulan yang lalu

pak Nadiem tolong diperbaiki kementerian untuk sistem pendidikan dan apalagi berbasis web seperti sekarang karena semuanya hancur tak dapat masuk

ilham
ilham
8 bulan yang lalu

web kementerian selalu RUSAK …

26
0
Tulis komentar.... Bebas!x