Cara Cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA Secara Online

Setiap peserta didik memiliki nomor unik yang tercatat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Lalu bagaimana cara cek NISN siswa milikmu? Artikel kali ini membahas tentang cara cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA yang sekolahnya sudah memiliki NPSN resmi.

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan data yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sedangkan NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional merupakan daftar referensi Kemendikbud di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Memang tidak sedikit siswa SD, SMP dan SMA yang belum mengetahui NISN miliknya. Hal tersebut terjadi umumnya disebabkan kesalahan wali murid siswa yang tidak mendaftar ulang atau karena kekeliruan pihak sekolah. Sehingga NISN siswa tidak tercantum pada rapor ataupun daftar presensi.

Tidak hanya cek NISN, kamu juga bisa cek NPSN sekolah secara online. Bagi setiap siswa yang sudah terdaftar di dalam layanan NISN akan diberikan kode pengenal identitas siswa yang terdiri dari 10 digit angka unik.

Angka 10 digit ini memiliki arti. 3 digit angka pertama merupakan tahun lahir dari siswa, edangkan 7 digit angka berikutnya merupakan kode unik. Contoh, jika kamu lahir pada tahun 1999 maka 3 digit awal NISN kamu ialah 099, setelah itu sisanya nomor unik.


Cara Cek NISN Siswa

Cara mengetahui NISN secara online, kamu bisa langsung mengunjungi situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id, yaitu situs hasil kerjasama Kemdikbud dengan Dapodik dalam mengelola data siswa dan sekolah.


Cara Cek NISN Berdasarkan Nama, Tempat dan Tanggal Lahir

Untuk cek NISN Siswa SD, SMP dan SMA melalui nama, cara melakukannya sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs Kemdikbud pada url data.kemdikbud.go.id/page/data. Kamu bisa menggunakan web browser di perangkat smartphone atau laptop.
  2. Klik tab Pencarian Berdasarkan Nama. Jika kamu mau mencari NISN berdasarkan nama. nisn pencarian berdasarkan nama
  3. Selanjutnya input lengkapi data seperti Nama Siswa [Nama Lengkap], Tempat Lahir, Tanggal Lahir [DD-MM-YY], dan Nama Ibu. nisn berdasarkan nama
  4. Jika sudah lengkap data terisi, klik tombol Cari di bagian bawah formulir.
  5. Jika data yang dimasukan benar, maka akan dialihkan pada laman hasil pencarian berdasarkan nama [Nama Siswa]. Pada laman ini akan muncul beberapa data seperti NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. nisn ricky rachma

Cari NISN Siswa Melalui Aplikasi

cek nisn lewat aplikasi

Data NISN adalah aplikasi Android untuk melakukan cek NISN siswa. Melalui aplikasi ini kamu bisa mencari data NISN dengan mudah. Aplikasi ini bisa kamu download melalui Google Play.

Database pada aplikasi ini sama dengan yang digunakan pada web NISN. Karena itu bisa menampilkan data siswa yang valid bersumber dari database Kemdikbud.


Cara Cek Info Siswa SD, SMP dan SMA Berdasarkan NISN

Cek kebenaran NISN sesuai dengan akta kelahiran kamu, seperti ejaan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir pada database NISN. Pastikan kebenaran data yang tercantum dalam NISN.

Cara melakukannya sebagai berikut:

  1. Bukalah browser, ketikkan url data.kemdikbud.go.id/page/data.
  2. Pada kotak pencarian; masukan NISN Siswa dan Nama Ibu Kandung. Lalu klik tombol Cari. pencarian berdasarkan NISN
  3. Lalu akan ditampilkan informasi siswa seperti Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. info siswa nisn

Demikian cara cek NISN siswa SD, SMP dan SMA secara online. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari NISN kamu ya, dengan panduan yang sudah kami berikan diatas kamu bisa kok melakukannya sendiri dirumah.

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments