11 Game Open World Terbaik di PC (2021)

Game open world memiliki sedikit persamaan dengan game petualangan. Di game petualangan, kamu akan bermain sesuai dengan rule dan stage yang sudah disediakan, nah bedanya di game open world kamu akan bermain sebebas bebasnya karena kamu memiliki kebebasan dalam map yang luar biasa luas.

Kali ini kita akan membicarakan mengenai pilihan game open world terbaik yang bisa kamu mainkan di PC.

Dalam game open world kamu bisa melakukan sejumlah misi yang ada dalam game untuk menyelesaikan permainan. Tapi selain misi utama, kamu bisa juga melakukan misi-misi sampingan dan misi random yang bisa kamu lakukan sesuka hati.

Tentunya ini akan memberikan kamu pengalaman bermain yang luar biasa seru dan memberikan tantangan tersendiri, termasuk lokasi lokasi rahasia dan boss alternatif. Game open world tentunya cocok untuk kamu yang suka ekslorasi dan kebebasan.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah pilihan 11 game open world terbaik di PC!


1. Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2 Arthur John

Bukan cuma terbaik di kategori open world. tapi RDR 2 juga dianggap sebagai game terbaik sepanjang sejarah industri gaming.

Bagaimana tidak, hampir semua segi di game ini bisa dibilang sempurna, mulai dari gameplay, mekanik, grafik, dialog, alur cerita, dan tentunya pengembangan karakter yang menjadikan game ini sebuah masterpiece.

Meski dengan setting wild west yang liar dan brutal, inti dari game ini justru ada pada karakter tokoh-tokoh utamanya. Kamu akan menjadi Arthur Morgan, salah satu anggota senior geng kriminal Dutch Van Der Linde yang diburu oleh agen detektif pada masanya (tahun 1899).

Kamu akan membantu Dutch, John Marston dan anggota geng lainnya bertahan hidup dan kabur dari kejaran pinkerton, agensi detektif yang bertugas menghabisi semua geng kriminal di tanah AS. Game ini merupakan prequel dari RDR 1, dimana John Marston adalah protagonis utamanya, dan dipaksa bekerja untuk pinkerton demi menghabisi sisa-sisa anggota geng Van der Linde.

Game ini dikembangkan dengan RAGE, atau Rockstar Advanced Game Engine yang juga digunakan di seri GTA. Mekanik dan physics di game rilisan 2018 ini jauh melampaui game-game yang bahkan rilis di 2021.

RDR 2 membuat kamu merasa seolah berada di dunia yang hidup. Semua elemen didalam dunianya sangat interaktif dan realistis mulai dari waktu, cuaca, NPC, hewan, tanaman, bangunan, dan karakter-karakter pendukung.

Kalau kamu memang cari game open-world, Red Dead Redemption 2 adalah yang terbaik.


2. Grand Theft Auto V

GTA V Trevor hide

Siapa yang tidak tahu Grand Theft Auto yang sangat melegenda ini? Tampaknya Rockstar Games memang menguasai formula membuat game open-world yang sempurna, mulai dari Bully, GTA San Andreas, Red Dead 1 & 2, dan GTA V. Ada beberapa mode yang bisa kamu mainkan disini termasuk single player, multiplayer dan juga GTA V Roleplay.

Seperti seri GTA lain, disini kamu akan banyak menembak, nyetir kebut-kebutan, terbang, meledakkan bom, menyelam, dan segala kekacauan tingkat dewa lain yang bisa dibayangkan. Menariknya, di GTA V kamu bukan hanya mengontrol 1 protagonis, melainkan 3 (Michael, Trevor, Franklin) yang ketiganya punya hubungan cukup complicated namun menarik untuk diceritakan.

Tahta yang dipegang GTA V sebagai raja game open world hampir tidak goyang, sebelum Red Dead Redemption 2 rilis dan secara instan menduduki peringkat teratas di segmen open-world. Dengan ataupun tanpa cheat GTA 5, di game ini kamu bisa melakukan apapun sebebas-bebasnya di Los Angeles versi Grand Theft Auto.


3. Watch Dogs 2

watch dogs 2

Dengan tema dunia hacker, disini kamu akan menjadi Marcus Holloway yang berusaha untuk menjatuhkan ctOS yang merupakan sistem keamanan kota. Kamu juga bisa melihat aksi Marcus Holloway melakukan parkour saat menjelajahi kota.

Ada perbedaan besar antara Watch Dogs 2 dan pendahulunya, yaitu ambience dan atmosfir keseluruhan dalam game. Kalau di Watch Dogs 1 vibe yang kamu rasakan adalah kelam dan mencekam, di Watch Dogs 2 justru sebaliknya, dunia penuh keseruan dengan karakter-karakter yang menarik, tema keseluruhan jalan cerita pun tidak melulu soal balas dendam.

Satu hal (selain open world nya) yang jadi keunggulan terbesar Watch Dogs 2 adalah karakter didalam game yang unik dan tak mudah dilupakan meskipun storyline sudah tamat.

Kalau kamu ingin merasakan pengalaman menjadi seorang hacker yang mendalangi cyber attack terbesar sembari berkeliling kota dengan bebasnya, game ini sangat cocok untuk kamu mainkan!


4. Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

MGS Phantom Pain Quiet

Bisa dibilang ini adalah kado perpisahan Hideo Kojima dalam franchise Metal Gear Solid, untuk selanjutnya Metal Gear Solid memang masih akan berjalan tapi tanpa Hideo Kojima.

Di MGS V: Phantom Pain kamu tetap akan menjadi Snake yang baru saja bangun dari koma, dan menjadi sasaran Quiet, seorang assasin misterius yang terus mengejarnya.


5. Grand Theft Auto: San Andreas

GTA San Andreas grafik bagus

Yap tidak ada yang menyangka kalau GTA San Andreas adalah salah satu game open world yang tahtanya masih bisa bertahan lebih dari satu dekade. Kini GTA San Andreas sudah bisa kamu mainkan dalam berbagai konsol termasuk juga smartphone.

Walaupun dengan grafik yang jadul, tapi GTA San Andreas masih sangat seru untuk dimainkan, dan tampaknya ia akan bertahan sebagai salah satu game terpopuler sepanjang sejarah, untuk waktu yang cukup lama.

Ironisnya, San Andreas menurut kami masih lebih baik ketimbang beberapa game open world terbaru (AC Valhalla, Cyberpunk). Tentu bukan dari segi grafik, tapi karena penyampaian cerita dan gameplay yang dikemas secara baik, memperhatikan detil, dan tidak terkesan dibuat asal-asalan seperti kebanyakan game baru.

Meski kamu agak kelewatan kalau pernah belum main GTA San Andreas, tidak ada yang namanya telat mencoba!

Cek juga: 10 Emulator Android Terbaik di PC


6. No Man’s Sky Beyond

No Man's Sky Beyond

Game ini sangat unik karena kamu tidak hanya bisa bermain di mode First-Person Shooter, tapi kamu bisa bermain dengan TPS untuk melakukan survival di dunia yang masih baru.

Kamu disini akan bermain dalam dunia yang penuh dengan misteri dan melakukan penjelajahan dengan sangat leluasa. Dalam mode multiplayer kamu bisa bermain dengan 32 orang pemain lainnya.


7. The Elder Scrolls V: Skyrim

The Elder Scrolls V: Skyrim

Ini adalah game open world terbaik sepanjang masa yang masih terus dimainkan banyak pemain di seluruh dunia. Dalam game ini kamu akan banyak melakukan penjelajahan dunia bawah tanah termasuk melawan perampok bahkan melawan naga.

Tidak hanya bermain dalam dunia yang tidak terbatas, kamu diberi banyak kebebasan untuk memilih sejak memulai game ini pertama kami.


8. Minecraft

minecraft

Game ini menawarkan sebuah eksplorasi yang cukup simpel, dengan grafis yang unik namun sangat halus. Kamu juga bisa melakukan apapun disini, termasuk mengumpulkan berbagai sumber daya, berpetualang dan membangun semua yang kamu inginkan.

Kamu bisa bebas melakukan kustomisasi map, termasuk bermain dengan map pemain lain di mode multiplayer.

Baca: 9 Pilihan Situs Untuk Download Game PC


9. The Witcher III: Wild Hunt

The Witcher 3 Wild Hunt - game terberat

Seri ketiga dari franschise The Witcher ini masih menjadi yang terbaik dalam kelasnya. Berkisah mengenai Gerald yang melakukan perjalanan untuk menemukan muridnya yang hilang secara misterius.

Game open world dengan genre RPG ini adalah salah satu yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu mainkan.


10. Far Cry 5

Far Cry 5 - Game Berat

Dalam game ini kamu akan menjadi polisi yang diharuskan menangkap seorang pendeta palsu yang memimpin sebuah sekte sadis. Namun dalam perjalanan, kamu akan menghadapi para pengikutnya dan seluruh warga yang tidak menyukai kamu menangkap sang pemimpin.

Game ini tidak cocok untuk yang masih belum cukup umur karena mengandung banyak unsur kekerasan!


11. Saints Row IV

Saints Row IV

Kalau kamu ingin bermain game open world dengan konsep yang agak nyeleneh, kamu bisa mencoba bermain game Saints Row IV. Dimana dalam game ini kamu akan memiliki kekuatan super dan senjata senjata yang aneh dan futuristik. Game ini sangat direkomendasikan kalau kamu ingin bermain game yang anti mainstream

Itulah rekomendasi seru game open world terbaik yang dapat kamu mainkan di kala senggang. Kedepannya game open world akan terus berkembang mengusung berbagai konsep seru, misalnya Death Stranding karya Hideo Kojima yang rilis akhir 2019, dan GTA selanjutnya yang entah kapan rilis.

Tinggalkan komentar!

Jesslyn Adelia

Jesslyn adalah penulis artikel yang berfokus di topik seputar game, dan telah menulis di berbagai media online ternama.

guest
2 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ulasku
Ulasku
1 tahun yang lalu

Ini dia yang Saya cari game yang penuh dengan tantangan,

Apa ada update seputar game shingeki no kyojin versi pc terbaru ?

2
0
Komen apa aja.... Bebas!x
()
x