11 Game RPG (Role Playing Game) Terbaik di PC

Salah satu genre yang cukup banyak memiliki penggemar saat ini adalah RPG. RPG sendiri dalam bahasa Inggris memiliki kepanjangan Role Playing Game alias permainan bermain peran. Dinamakan demikian karena kamu seolah-olah menjadi 1 karakter dalam permainan tersebut.

RPG sendiri sudah tercipta sejak tahun 1970 an, dengan permainan yang cukup terkenal saat itu adalah Dungeons & Dragons. Begitu menyenangkannya genre permainan ini, RPG terus berkembang hingga hari ini.

Tercatat saat ini sudah ada banyak subgenre yang dilahirkan dari RPG itu sendiri. Mulai dari Action RPG, First Person Party Based RPGs, MMORPG, Sandbox RPG, Tactical RPG, serta genre RPG Hybrid ataupun campuran.

Tapi pertanyaan utamanya adalah game RPG PC terbaik apakah yang bisa kamu mainkan sekarang juga? Berikut jawabannya!

1. The Witcher 3: Wild Hunt

the witcher 3 wild hunt

Salah satu poin utama dari game RPG adalah kekuatan karakter di dalam game, jalan cerita, serta petualangan yang menarik. Lucunya kebanyakan game RPG justru melupakan salah satu aspek penting yakni aspek seni di dalam game nya.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi The Witcher 3: Wild Hunt. Game RPG ini disebut-sebut sebagai game RPG terbaik sepanjang masa yang bisa kamu mainkan saat ini. Kombinasi jalan cerita yang menarik, petualangan yang panjang, serta grafik yang cantik membuatnya sempurna.

The Witcher 3 akan membuat siapapun yang memainkannya tenggelam di dalam jalan cerita yang menakjubkan, sambil bertarung melawan monster, ditambah sajian pemandangan yang cantik, dan tentu saja quest yang tak ada habisnya.

Setiap quest yang bisa kamu jalankan memiliki jalan ceritanya masing-masing, yang tentu saja membuatnya semakin menarik. Pada akhirnya The Witcher 3 sukses menjadi game RPG ‘anti bosan’ mengingat luasnya dunia dan banyaknya quest yang bisa dimainkan, belum lagi DLC dan mod yang bisa kamu unduh saat ini!

Cek juga: Pilihan game RPG terbaik di Android

2. Elder Scrolls 5: Skyrim

Elder Scrolls 5: Skyrim

Dirilis di tahun 2011, Elder Scrolls 5: Skyrim sukses menjadi salah satu game RPG PC terbaik yang boleh jadi memiliki mod yang sangat banyak. Hal ini tidak terlepas dari betapa fanatiknya pemain game ini.

Di dalam game ini kamu akan bermain sebagai the Dragonborn yang memiliki misi penting untuk mengalahkan Alduin the World Eater. Alduin sendiri digambarkan sebagai sosok naga yang memiliki hasrat untuk menghancurkan dunia.

Sebagaimana game RPG dengan subgenre open world lainnya, di dalam game ini kamu bisa bermain banyak misi sampingan sambil mengembangkan berbagai macam keterampilan yang nantinya akan membantumu menuju misi utama.

Meskipun game ini merupakan lanjutan dari The Elder Scrolls IV: Oblivion, sayangnya Skyrim sendiri diketahui bukan merupakan sekuel langsungnya alias tidak memiliki banyak cerita yang berhubungan.

Pada akhirnya Elder Scrolls 5: Skyrim sangat layak untuk kamu mainkan di rumah. Jangan lupa pula bila sudah menamatkan game ini untuk mencari-cari mods yang bertebaran di internet, karena percaya ‘deh’ pasti kamu tak akan bosan memainkan mods tersebut.

3. Legend of Zelda: Breath of the Wild

Legend of Zelda: Breath of the Wild

Merupakan salah satu franchise tersukses dari Nintendo yang memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia, yang barangkali kebanyakan sudah berusia paruh baya. Wajar, toh karena memang Legend of Zelda sendiri pertama kali diluncurkan tahun 1986 langsung memikat banyak orang.

Di dalam permainan Legend of Zelda: Breath of the Wild sendiri kamu akan bermain sebagai (tentu saja) Link yang sudah sejak dahulu menjadi karakter utama permainan ini. Menariknya di dalam game yang dirilis 2017 ini kamu bisa ‘mengubah’ Link menjadi apapun yang kamu mau.

Katakanlah kamu ingin membuat Link menjadi karakter nan gagah penuh armor, atau menjadi Sheikah yang senyap, atau bahkan menjadi karakter yang konyol dan bermain kesana kemari. Bisa! Karena memang Nintendo memberikan kebebasan bagimu untuk melakukan hal itu.

Lebih jauh lagi, alih-alih hanya menawarkan satu solusi untuk setiap quest yang dilakukan, Nintendo justru menawarkan berbagai pendekatan untuk setiap quest yang ada. Hmm, benar-benar game yang memberikan kamu untuk mengeksplorasi secara bebas ya!

Kesimpulannya, game ini layak dinobatkan sebagai salah satu game RPG PC terbaik saat ini berkat desainnya yang memungkinkan kamu bermain secara interaktif, penuh eksperimen, tidak terstruktur, serta memungkinkan penyelesaian non-liniar untuk setiap cerita. Dengan kata lain: Bebas!

Cek juga: 10 Game Terburuk Sepanjang Masa

4. Divinity: Original Sins II

Divinity: Original Sins II

Dirilis di tahun 2014, Divinity: Original Sins II sukses menjadi runner up untuk game PC terbaik dan game RPG PC terbaik versi IGN tahun 2017. Belum lagi segudang nominasi untuk game RPG PC terbaik di tahun tersebut, barangkali menjadi tahun-tahun kesuksesan game ini.

Secara permainan kamu bisa memilih untuk bermain sebagai karakter solo ataupun bersama-sama hingga tiga orang pemain lainnya alias single-player dan multiplayer RPG. Menarik!

Di dalam permainan ini kamu diberikan kebebasan untuk membuat karaktermu sendiri mulai dari ras, jenis kelamin, dan bahkan stats nya yang tentu nantinya akan berpengaruh seiring dengan berlangsungnya permainan ini.

Selain itu meski bisa dimainkan secara multiplayer, kamu bisa berinteraksi dengan environment serta NPC di dalam game. Kamu diberikan kebebasan untuk mengembangkan strategi permainanmu sendiri di dalam game ini.

5. Middle Earth: Shadow of War

Middle Earth: Shadow of War

Game besutan Monolith Productions yang dirilis pada tahun 2017 ini menurut kami merupakan salah satu sekuel tersukses dari Middle Earth. Sekuel Middle Earth sendiri terinspirasi dan diadaptasi dari The Hobbit dan The Lord of the Rings, tidak heran kalau kalian akan menemukan beberapa “kemiripan” di dalamnya.

Di dalam game ini kamu akan bermain sebagai Talion dan Celebrimbor yang saling berbagi satu tubuh. Kamu diberikan kebebasan untuk menjelajah dunia Middle Earth yang cukup luas untuk tentunya menyelesaikan misi yang ada dan pada akhirnya mengalahkan Sauron.

Secara gameplay, tidak banyak berbeda dengan kebanyakan game RPG lainnya. Kamu bisa mempelajari berbagai macam skill, mencoba berbagai macam strategi untuk menyelesaikan misi, hingga menyelesaikan banyak misi sampingan hingga menamatkan jalan cerita.

Memang sih dari segi keunikan gameplay barangkali tidak terlalu banyak yang bisa diulas. Tapi toh Middle Earth: Shadow of War menurut kami secara jalan cerita menarik, layak untuk dimainkan, terutama bagi kamu penggemar Lord of the Rings!

Lihat juga: 14 Game Simulator Kereta Api PC

6. Assassin’s Creed: Odyssey

Assassin’s Creed: Odyssey

Oke, barangkali bisa diperdebatkan genre-nya. Tapi menurut kami Assassin’s Creed: Odyssey yang rilis tahun 2018 ini merupakan salah satu sekuel terbaik dari Assasssin’s Creed. Meski boleh jadi saling berlomba dengan Assassin’s Creed II untuk posisi teratas.

Hal yang membuat kami tertarik untuk mengulas sekuel Assassin’s Creed yang satu ini adalah kebebasanmu di dalam permainan. Pertama-tama kamu bebas memilih karakter di dalam game ini, antara Alexios ataupun Kassandra sebagai karakter utama.

Selain itu berbeda dengan sekuel-sekuel sebelumnya, kamu juga diberikan kebebasan untuk menyelesaikan quest bercabang, dialog-dialog yang memiliki berbagai pilihan, dan tentu saja yang paling disukai banyak orang: multiple endings!

Ubisoft juga mengembalikan salah satu mode paling seru yang pernah ada di dalam sekuel Assassin’s Creed yakni naval combat alias peperangan dengan kapal laut. Kamu pun bisa mengembangkan hubungan asmara dengan karakter yang ada di dalam permainan!

Tapi jujur saja memang salah satu kekurangan dari game ini adalah jalan ceritanya yang memang sudah jauh dari marwah Assassin’s Creed yang sebenarnya. Tapi toh bukankah sejak Assassin’s Creed IV: Black Flag pun, game ini sudah melenceng dari skenario awalnya?

Yang jelas, Assassin’s Creed yang berlatar belakang konflik antara para Athens dan Sparta ini wajib kamu mainkan!

Baca juga: Rekomendasi game PC dengan grafik terbaik

7. Monster Hunter World

Monster Hunter World

Monster Hunter: World boleh jadi merupakan salah satu game RPG terbaik yang pernah dibuat dan dikembangkan oleh Capcom. Dirilis di tahun 2018, tercatat game ini memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia.

Bermain sebagai seorang pemburu monster yang terus menerus bertarung dengan berbagai macam monster, dijamin game ini bisa menghilangkan rasa bosanmu. Apalagi dengan tingkat kesulitan yang beragam, makin diuji ‘deh’ skill bermain game yang kamu punya.

Selain itu serupa dengan sekuel Monster Hunters sebelumnya, kamu disini akan bermain dalam third person perspective. Secara umum karakter yang kamu mainkan tidak memiliki skill intrinsik, alih-alih kemampuannya akan ditentukan berdasarkan equipment yang digunakan.

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh permainan ini adalah variabilitas yang amat tinggi, serta dengan dunia yang cukup besar, karena memang game ini menyajikan para pemainnya sebuah open ended adventure dimana kamu bisa menemukan banyak kemungkinan di dalam permainan ini.

Selain itu kamu yang memainkan game ini di PC juga mendapatkan beberapa keistimewaan, diantaranya bisa menyelesaikan berbagai time limited quests hingga bermain bersama 16 orang lainnya untuk melawan monster yang ada.

8. The Division 2

The Division 2

The Division 2 juga barangkali merupakan salah satu game RPG PC terbaik, dan boleh jadi merupakan salah satu sekuel game terbaik yang pernah ada. Boleh dibilang game ini mengevaluasi segala kelemahan dari sekuel sebelumnya dan tentu memperbaikinya.

Sebagai contoh salah satu poin negatif dari sekuel sebelumnya dimana terlalu banyak misi sampingan yang tidak membuahkan rewards yang sepadan, di The Division 2 sudah jauh diperbaiki.

Nah, masih bertemakan third person shooter yang berfokus pada co op shootouts game ini tetap menawarkan kamu untuk berpetualang sambil mengembangkan skills, abilities, dan tentu saja memilah-milah barang yang ingin kamu gunakan sesuai gaya bermainmu.

Nantinya environment yang ada di dalam game akan bereaksi sesuai dengan strategi dan langkah-langkah yang kamu pilih. Apapun yang kamu kembangkan, kamu pilih, dan barang-barang yang kamu bawa nantinya akan memengaruhi perjalanan kamu.

Pada akhirnya The Division 2 menurut kami merupakan salah satu game RPG PC dengan basis third person shooter yang menurut kami cukup menarik, real, dan tentu saja para pemainnya bebas mengembangkan karakter yang mereka gunakan di dalam permainan.

9. Baldur Gate II: Shadow of Amn

Baldur Gate II: Shadow of Amn

Meski rilis di tahun 1999, tapi barangkali saat ini belum ada RPG yang mampu mengulang kesuksesan Baldur’s Gate II: Shadow of Amn yang sukses mendapatkan penghargaan Game of the Year langsung di tahun 2000 oleh IGN, GameSpot, hingga GameSpy.

Game legendaris ini wajib dimainkan oleh kamu yang mengaku pecinta RPG. Diketahui total permainan mulai dari quests utama dan sampingan bila dimainkan bisa mencapai 300 jam penuh! Sebuah pencapaian yang sangat wow di masa itu, dan bahkan untuk saat ini.

Permainan ini diawali dengan pembuatan karakter yang mengharuskan kamu memilih mulai dari class,ability scores, penampilan. Nantinya kamu akan memainkan satu kelompok yang terdiri dari enam orang dengan 1 diantaranya adalah protagonis yang bila mati kamu harus mengulang permainanmu.

Menariknya game jadul ini dimainkan dari perspektif isometrik yang dinamis. Kamu bisa melakukan scroll karena karakter utamanya tidak bertahan di tengah layar. Selain itu area-area baru akan terbuka seiring dengan perjalanan yang dilakukan oleh karakter utama.

Nah pada akhirnya jangan terpaku karena game ini tergolong game jadul ya, tapi percaya lah kalau kamu yang senang bermain RPG pasti akan suka memainkan game ini. Game ini bahkan banyak yang menobatkan sebagai RPG terbaik sepanjang masa!

10. Fallout New Vegas

Fallout New Vegas

Walaupun Fallout: New Vegas dirilis pada tahun 2010, game action RPG ini menurut kami merupakan salah satu yang terbaik. Tentu saja tetap layak dimainkan di tahun 2020 ini, apalagi untuk kamu yang PC nya tidak terlalu kuat.

Bersetting di dunia post apocalyptic, game RPG open world ini mengambil Arizona, California, dan Nevada sebagai lokasinya. Kamu sendiri akan bermain sebagai “Courier” yang bekerja untuk Mojave Express.

Courier yang sedang mengantarkan paket lalu ditembak mati dan kemudian diselamatkan oleh Doc Mitchell akan menjadi permulaan cerita Fallout: New Vegas ini. Dari cerita yang kesannya sederhana inilah kemudian game ini berkembang menjadi bercabang-cabang.

Di akhir permainan pun kamu bisa memilih jalan ceritamu sendiri-sendiri, tergantung dari misi dan pilihan yang kamu ambil selama permainan berlangsung. Artinya? Tentu saja kamu bisa memainkan game ini berulang-ulang tanpa harus kebosanan!

11. Mass Effect 2

Mass Effect 2

Satu lagi game action RPG terbaik yang dirilis di tahun 2010! Lagi-lagi meski dirilis 1 dekade silam, Mass Effect 2 tidak kehilangan pesonanya sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa yang masih layak untuk dimainkan.

Lucunya kamu yang sebelumnya memainkan sekuel Mass Effect bisa memilih karakter dari saved game tersebut loh! Namun tenang, kamu yang baru pertama kali memainkan Mass Effect 2 pun bisa memilih karakter baru yang terdiri atas 6 kelas karakter berbeda dengan keahlian masing-masing.

Berlatar di galaksi Bima Sakti pada tahun 2183, kamu akan mengawali permainan di SSV Normandy yang sedang berpatroli di luar angkasa dan kemudian diserang oleh pesawat lainnya yang tidak teridentifikasi.

Sama seperti Fallout: New Vegas, kamu bisa bermain hingga bertemu dengan beberapa kemungkinan di akhir. Menariknya ada satu kemungkinan di akhir karaktermu akan mati, dan tidak bisa digunakan lagi di sekuel Mass Effect 3.

Padahal bila kamu berhasil menamatkan game tanpa membunuh sang karakter utama, kamu lagi-lagi bisa mengimport karakter tersebut di Mass Effect 3. Hal inilah yang menjadi salah satu poin menarik sekuel Mass Effect dimana plot dan jalan cerita mulai dari sekuel pertama hingga terakhir saling mempengaruhi.

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x