9 Situs Download Game PC di 2021

Game telah menjadi cara menghabiskan waktu yang populer. Tak hanya main sendiri, sekarang semakin banyak game online yang menjadikan game sebagai wadah interaksi dengan teman-teman atau orang random juga.

Masalah besar di Indonesia adalah enggan nya para gamer untuk membayar game alias beli. Kita cenderung mencari game gratisan (meskipun penuh iklan) hingga membajak game yang tentunya tidak boleh kamu lakukan. Ini menghambat perkembangan industri game, yang nantinya justru merugikan kita sendiri.

Berangkat dari masalah diatas, berikut Ruanglaptop akan menyajikan pilihan website untuk download game PC, baik yang berbayar maupun gratis, semuanya lengkap!


1. Skidrow Reloaded

skidrow reloaded

Skidrow reloaded adalah situs game online di mana kamu bisa membeli dan mendownload game tanpa ribet.

Walaupun Skidrow Reloaded memiliki berbagai macam genre game yang menyenangkan, situs web ini tidak diperbarui dengan cukup baik sehingga tidak menyediakan fitur yang up to date kepada penggunanya.

Game dapat didownload melalui torrent, multilink, katfile, go4up, hitfile, turbobit, mirrorace, jheberg, downace, userscloud dan berbagai tautan lainnya.

Kekurangan:

  • Situs web tidak dikelola dengan baik.
  • Tidak adanya forum komunitas.
  • Tidak ada variasi game seperti situs-situs sebelumnya.
  • Game yang ditawarkan tidak berkualitas tinggi.

2. Best Old Games

Best old games

BestOldGames.net adalah situs web yang berspesialisasi dalam game DOS klasik lama.

Banyak game yang dihosting di sini adalah game abandonware, yang berarti game tersebut saat ini sudah tidak tersedia untuk dijual tetapi mereka juga tidak lagi didukung oleh pembuat aslinya.

Ada ratusan game yang saat ini di-host di BestOldGames.net menjadikannya situs yang bagus untuk para penggemar game PC klasik favorit sepertimu.

Sebagian besar game yang tersedia dalam format aslinya tidak kompatibel dengan versi Windows terbaru seperti Windows 7, 8, dan 8.1, jadi untuk memainkannya, kamu harus mendownload dan menginstall emulator DOS seperti DOSBox.

Kekurangan:

  • Situs ini memiliki user interface yang jelek.
  • Tidak adanya Support Forum untuk diskusi soal game.

3. GOG

GOG

GOG.com dioperasikan oleh GOG Limited. Mereka sebelumnya dikenal dengan nama Good Old Games. GOG.com adalah platform digital Siprus untuk video game dan film. Film dan game ini dapat didownload dan dibeli secara online.

Kamu dapat menginstall game hanya dengan satu klik dan kamu tidak perlu menggunakan perangkat tambahan khusus untuk menjalankan game atau mengunduhnya

Game akan selalu diperbarui dengan fitur baru secara otomatis, tetapi jika kamu tidak ingin memperbarui game-mu, kamu dapat memilih opsi untuk menghentikan pembaruan otomatis.

Kamu juga tidak akan pernah kehilangan jalan cerita pada game karena game akan disimpan di cloud secara otomatis dan akan tetap disinkronkan dengan semua perangkatmu.

Tak hanya itu saja, beberapa game yang diinstall dari platform ini tidak memerlukan koneksi internet untuk dijalankan. Kamu bahkan dapat bermain offline dan gak bikin kuota internet menipis.

Game yang dijual pun sangat ‘worth to buy’ dan GOG.com juga memiliki berbagai macam game dengan fitur unggulan yang kompatibel dengan Mac, Windows dan Linux.

Kekurangan:

  • Game-game yang tersedia sudah cukup tua dan tidak banyak game baru yang diperkenalkan.
  • GOG tidak memiliki fitur game multi-player.

Baca: 24 Game PC Ringan Untuk Spesifikasi Rendah


4. Ocean of Games

Ocean of Games

Platform ini dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak dari Inggris yaitu Ocean Software.

Ocean of Games memiliki berbagai macam genre game seperti game RPG, lagu, aksi, game arcade, survival, fantasi, dan masih banyak lagi.

Ocean of Games menyediakan fitur koneksi melalui forum komunitasnya di mana semua pemain dapat bertemu orang baru dan mengobrol bahkan ketika bermain game sekalipun. Pada Ocean of Games, kamu bisa memainkan game dengan mode single atau multi-player.

Kamu dapat menantang pemain lainnya secara otomatis, entah itu teman atau orang asing yang kebetulan sedang online yang bisa meningkatkan kesenangan ke level maksimal.

Platform ini memberikan fitur streaming game yang luar biasa dan dapat kompatibel dengan Mac, Windows dan Linux.

Kekurangan:

  • Situs ini tidak terlindungi dengan baik dan banyak terdapat penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab di dalamnya.
  • Game tidak sering diperbarui dan versi lama masih banyak dimainkan.
  • Beberapa oknum menggunakan forum komunitas untuk melecehkan dan merugikan pemain lain dan tidak ada tindakan yang diambil oleh pihak Ocean of Games untuk masalah tersebut.

5. Steam

Steam

Situs web untuk download game ini dikembangkan oleh Valve Corporations dan telah berfungsi selama tiga belas tahun terakhir.

Steam telah dianggap sebagai platform distribusi digital terbesar untuk video game terbaru.

Steam menyediakan lebih dari seribu game, termasuk game fps, game indie, hingga game petualangan, mereka memiliki segalanya untuk memuaskan para gamer seperti kamu. Selain itu, steam bisa beroperasi dalam 28 bahasa.

Platform game ini memungkinkan para pemain untuk melakukan streaming video game dalam bentuk film, demo, tutorial atau episode. Kategori-kategori tersebut meliputi game horor, anime, komedi, drama, aksi, dan fiksi ilmiah.

Platform ini menawarkan para pemain untuk terhubung secara sosial, bertemu jutaan orang baru, membentuk klan dan mengobrol selama pertandingan melalui komunitas mereka.

Kerennya lagi, Steam memungkinkan kamu membuat game baru buatan sendiri melalui ‘Steam Workshop’. Program ini akan memudahkan kamu membentuk animasi dan pemodelan game, produksi suara, pengeditan foto, pengembangan game, dan berbagai fitur lainnya.

Steam tersedia di Windows, Linux dan Mac. Steam memberi para pemain, kebebasan untuk mengunduh game dan memainkan mereka di mana saja dan kapan saja.

Kekurangan:

  • Beberapa game memiliki harga yang terlalu mahal.
  • Game yang tersedia secara gratis tidak memiliki variasi dan mempunyai fitur yang sangat sedikit.

Baca Juga : 25 Game Online Terbaik untuk PC


6. G2A

G2A

G2A.com dianggap sebagai digital market global khusus game yang paling cepat berkembang. Mereka memiliki lebih dari 12 juta pelanggan dan 2 juta penjual di seluruh dunia.

G2A berperan sebagai perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual. Mereka tidak menjual game itu sendiri tetapi hanya memberikan platform yang berbeda bagi orang lain untuk menjual dan membeli produk game secara digital.

G2A menyediakan segala macam platform untuk pelanggannya seperti XBox, Steam, PSN, Origin, Apple, Gameforge, Battlenet, Uplay, GOG dan masih banyak lagi.

Digital market ini menawarkan berbagai macam genre seperti game balap mobil, puzzle, simulasi, survival, lagu, olahraga, dan lain sebagainya.

Dengan G2A.com, kamu bisa menjadi gamer handal yang memiliki gaji cukup tinggi. Situs ini juga dapat diakses dalam lebih dari 20 bahasa.

Kekurangan:

  • Situs ini tidak terlindungi dengan baik dan banyak scam didalamnya.

7. Origin

Origin

Origin adalah software distribusi digital yang menjual game secara online. Situs ini telah dikembangkan oleh Electronic Arts, sebuah perusahaan di balik banyak game yang sudah sukses secara global. Kamu dapat membeli game di PC maupun di ponsel tanpa takut ribet.

Origin menyediakan berbagai macam game dari mulai game PC seperti FIFA dan bahkan game klasik seperti Plant Vs Zombies.

Origin menawarkan penawaran terbaik dan termurah serta memberikan fitur streaming game yang luar biasa.

Origin menyediakan banyak fitur sosial seperti pengaturan profil pribadi, terhubung dengan teman-teman melalui chatting dan streaming video melalui TwitchTV.

Kamu juga dapat berbagi ‘library’ game yang terintegrasi dengan komunitasmu melalui situs jejaring seperti Facebook, Xbox Live, PlayStation Network, dan Nintendo Network.

Kekurangan:

  • Origin memiliki banyak pembaruan dan membutuhkan waktu yang cukup lama (bahkan terkadang tidak masuk akal) untuk menginstall dan memperbarui software mereka.
  • Banyak user yang mengeluh bahwa Origin sering memberikan kode diskon yang sudah kedaluwarsa.
  • Customer Service-nya perlu ditingkatkan karena tidak terlalu responsif.

Lihat: 17 easter eggs paling unik dalam game


8. Softpedia

Softpedia adalah situs game online yang menyediakan fasilitas bagi para gamer untuk membeli dan mendownload game dengan harga yang sangat terjangkau.

Softpedia menyediakan perpustakaan besar berisi game dari berbagai kategori seperti game aksi, game lagu, game arcade, RPG, game survival dan fantasi, dan yang lainnya.

Softpedia menawarkan cheat dan demo game secara gratis. Platform ini juga memiliki fitur pencari aplikasi yang memungkinkanmu untuk menemukan game jadul dan lawas yang sudah kamu cari sejak lama!

Game juga bisa diinstall untuk PC dengan sistem operasi Windows, Mac, Linux, Android, dan Drivers.

Kekurangan:

  • Walaupun memiliki forum komunitas, ini hampir tidak digunakan sama sekali.
  • Situs web ini sangat jarang diperbarui sehingga hanya ada sedikit game baru yang tersedia.
  • Game tidak memiliki fitur update secara otomatis.

9. PC Games

PC Games adalah salah satu situs download game online terbaik yang pernah ada, dan ia dioperasikan oleh EA games.

Melalui PC Games, kamu dapat membeli dan mendownload berbagai game dengan mudahnya. Situs ini menyediakan berbagai genre seperti game untuk anak-anak, puzzle, simulasi, game lagu, balap, survival, olahraga dan masih banyak lagi.

Platform ini memiliki forum komunitas yang tersedia untuk menjawab pertanyaanmu 24/7. Selain itu, PC Games juga sangat mudah diakses dan digunakan. Mereka menyediakan game yang menarik dan adiktif serta bisa dimainkan oleh siapapun.

Kekurangan:

  • Jumlah game yang tersedia sangat sedikit sehingga tidak banyak variasi dalam game.
  • Terkadang situs sering nge-lag dan akhirnya game harus didownload dari awal lagi.

Selain situs-situs diatas, ada banyak situs lokal yang menyediakan berbagai review game dan link download. Namun kami sangat tidak menyarankan karena cara downloadnya ribet, dan seringkali tidak bisa download, cuma klik masuk ke suatu website penuh iklan.

Jadi, kira-kira situs web yang mana nih yang bakal kamu pakai untuk mendownload game? Yuk share jawaban kamu pada kolom komentar di bawah ini guys!

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

guest
3 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
iin nurwana
iin nurwana
1 tahun yang lalu

Terimakasih kak .. walaupun saya tidak suka game, pacarrr saya yang suka nge game ..

Reza muhammad
Reza muhammad
1 tahun yang lalu

Menurut ane steam sih yg paling lengkap dan mantep bgt

3
0
Komen apa aja.... Bebas!x
()
x