11 Situs Download Game PC di 2021

Game selalu jadi penyelamat ketika kamu bosan. Sayangnya, mendownload game tidak semudah nonton film yang tinggal akses website streaming. Kalau bukan mahal karena beli ori, ya dapatnya file instalan penuh malware yang justru bikin susah.

Bisa dipahami kenapa game-game besar semacam GTA, FIFA, The Witcher, Far Cry, dan sejenisnya selalu dibandrol mendekati 1 juta. Tapi sebagai orang indonesia yang buat makan aja susah, beli game seharga ratusan ribu pasti perlu pikir dua kali.

Itulah kenapa kita cenderung cari game gratisan, sampai melakukan tindakan tercela semacam download bajakan di tasikgame atau skidrow (tidak boleh!). Tindakan ini justru menghambat perkembangan industri game, yang nantinya merugikan kita sendiri.

List dibawah hanya sekedar untuk pengetahuan, bukan untuk dipakai apalagi mendownload game bajakan. Berikut daftarnya.


1. Best Old Games

bestoldgames

Kita mulai dari yang klasik. BestOldGames.net adalah situs andalan bagi kamu yang mau download game jadul dan lawas untuk nostalgia.

Banyak game yang dihosting di sini adalah game abandonware, yang berarti game tersebut saat ini sudah tidak tersedia untuk dijual tetapi mereka juga tidak lagi didukung oleh pembuat aslinya.

Ada ratusan game yang saat ini di-host di BestOldGames.net menjadikannya situs yang bagus untuk para penggemar game PC klasik favorit sepertimu.

Sebagian besar game yang tersedia dalam format aslinya tidak kompatibel dengan versi Windows terbaru seperti Windows 7, 8, dan 8.1, jadi untuk memainkannya, kamu harus mendownload dan menginstall emulator DOS seperti DOSBox.


2. Skidrow Reloaded

skidrow reloaded

Situs ini sudah terkenal sampai ubun-ubun di kalangan gamer. Kenapa kamu tidak boleh akses situs ini? Karena ia menyediakan game bajakan yang ilegal, yang tadinya harganya nyaris 1 juta jadi bisa didownload secara gratis.

Situs tidak terpuji ini menyediakan berbagai jalan untuk pengunjungnya mendownload game.


3. Steam

Steam

Siapa yang tidak tahu Steam?? Tidak ada pastinya, kecuali non-gamer.

Steam masih memegang tahta sebagai platform distribusi game terbesar di dunia. Ia bisa dibilang menyediakan hampir semua game dari semua genre termasuk game fps, game indie, game petualangan, game balapan, game simulasi, game horor, bahkan sampai game-game yang tidak jelas sekalipun. Pokoknya lengkap!

Selain toko online yang pastinya lengkap, Steam menyediakan wadah untuk komunitas salah satunya fitur streaming video game. Fitur-fitur komunitas ini menawarkan para pemain untuk terhubung secara sosial, bertemu jutaan orang baru, membentuk geng dan mengobrol didalam game.

Kerennya lagi, Steam memungkinkan kamu membuat game baru buatan sendiri melalui ‘Steam Workshop’. Program ini akan memudahkan kamu membentuk animasi dan pemodelan game, produksi suara, pengeditan foto, pengembangan game, dan berbagai fitur lainnya.

Steam tersedia di Windows, Linux dan Mac. Steam memberi kamu kebebasan untuk mendownload dan memainkan game di mana saja dan kapan saja.


4. Tasikgame

tasikgame

Dari segi User Interface dan User Experience, situs ini paling enak ketimbang situs lokal lain. Ketika masuk halaman utama, pengunjung akan langsung disuguhkan daftar-daftar game.

Eh tapi kamu juga tidak boleh mengakses situs ini! Kenapa? Karena situs ini menyediakan game ilegal alias bajakan, dan banyak sekali iklan sehingga pengunjung perlu klik berulang kali sampai dapat link yang asli.


5. GOG

GOG

GOG.com dioperasikan oleh GOG Limited, dan sebelumnya dikenal dengan nama Good Old Games.

Situs legal ini bisa kamu gunakan untuk membeli game, dan tidak perlu ribet cuma perlu klik lalu instal, tanpa perlu perangkat atau software tambahan.

Game yang didownload darisini punya fitur auto update, tapi kamu bisa juga mematikan auto update ini kalau kamu tidak suka.

Fitur menarik lain adalah, save-an game kamu akan disimpan di cloud, jadi kalau tiba-tiba save-an kamu terhapus atau ketindih save-an orang lain, kamu tinggal ambil backup-nya dari cloud!

Game yang dijual pun sangat ‘worth to buy’ dan GOG.com juga memiliki berbagai macam game dengan fitur unggulan yang kompatibel dengan Mac, Windows dan Linux.

Baca: Rekomendasi 24 Game PC Ringan


6. Ocean of Games

Ocean of Games

Platform ini dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak dari Inggris yaitu Ocean Software.

Ocean of Games memiliki berbagai macam genre game seperti game RPG, lagu, aksi, arcade, survival, fantasi, dan masih banyak lagi.

Ocean of Games punya forum komunitas di mana semua pemain dapat bertemu orang baru dan mengobrol bahkan ketika bermain game sekalipun. Di Ocean of Games, kamu bisa memainkan game dengan mode single atau multi-player.

Kamu bisa menantang pemain lainnya secara otomatis, entah itu teman atau orang asing yang kebetulan sedang online supaya main game jadi lebih hepi.

Platform ini memberikan fitur streaming game sudah oke dan dapat kompatibel dengan Mac, Windows dan Linux.

Baca Juga : 25 Game Online PC Terbaik


7. G2A

G2A

G2A.com dianggap sebagai digital market global khusus game yang paling cepat berkembang. Situs ini memiliki lebih dari 12 juta pelanggan dan 2 juta penjual di seluruh dunia.

G2A berperan sebagai perantara yang menghubungkan pembeli dan penjual. Sama seperti Steam? Ya benar sekali, tapi sering-sering cek kesini karena bisa jadi mereka memberikan diskon besar untuk bersaing dengan Steam.

Situs ini juga dapat diakses dalam lebih dari 20 bahasa, jadi kalau kamu tiba-tiba suka situs yang berbahasa rusia, masuk ke G2A.


8. Hienzo

hienzo

Hienzo adalah situs download game berbahasa indonesia, sayangnya situs ini penuh dengan iklan, dan semua klik akan mengarahkan kamu membuka laman iklan. Perlu klik berulang kali sampai dapat link yang asli.

Situs ini menyediakan game bajakan, untungnya link download yang ilegal ini sudah diblokir oleh pemerintah, sehingga mereka yang tidak pakai VPN tidak bisa lagi mendownload game ilegal. Alhamdulillah pembajakan diberantas!


9. Bagas31

bagas31

Sama seperti yang diatas, tapi selain game, situs ini juga menyediakan banyak sekali software-software bajakan. Ada-ada saja tingkah manusia jaman sekarang.

Kamu tidak boleh masuk ke situs Bagas31 lalu klik tab Games, karena disitu akan muncul semua daftar game bajakan yang semestinya dibeli secara legal dan berbayar.


10. Origin

Origin

Di 2021, Origin bisa dibilang nomor 2 terbesar untuk urusan beli game (dibawah Steam). Tapi sama seperti situs lainnya, Origin tidak jarang memberikan diskon supaya bisa bersaing dengan Steam, jadi jangan lupa sering-sering cek kesini.

Situs ini telah dikembangkan oleh Electronic Arts, perusahaan di balik banyak game yang sudah sukses secara global. semacam FIFA, The Sims, dan banyak sekali lainnya tapi kami lupa.

Origin menyediakan banyak fitur sosial seperti pengaturan profil pribadi, hingga koneksi dengan teman-teman melalui chatting dan streaming video melalui TwitchTV.

Kamu juga dapat berbagi ‘library’ game yang terintegrasi dengan komunitasmu melalui situs jejaring seperti Facebook, Xbox Live, PlayStation Network, dan Nintendo Network..

Lihat: 17 easter eggs paling unik dalam game


11. Softpedia

Softpedia adalah situs game online yang menyediakan fasilitas bagi para gamer untuk membeli dan mendownload game dengan harga yang sangat terjangkau!

Softpedia menyediakan perpustakaan besar berisi game dari berbagai kategori seperti game aksi, game lagu, game arcade, RPG, game survival dan fantasi, dan yang lainnya.

Softpedia menawarkan cheat dan demo game secara gratis. Platform ini juga memiliki fitur pencari aplikasi yang memungkinkanmu untuk menemukan game jadul yang bikin nostalgia!

Game dari softpedia juga bisa diinstall untuk PC dengan sistem operasi Windows, Mac, Linux, Android, dan Drivers.

Selain situs-situs diatas, ada banyak situs lokal yang menyediakan berbagai review game dan link download. Namun kami sangat tidak menyarankan karena cara downloadnya ribet, dan seringkali tidak bisa download, cuma klik masuk ke suatu website penuh iklan.

Demikian daftar terlengkap situs download game PC, seperti yang kamu lihat diatas ada situs yang legal dan juga tidak, kamu tentunya tidak boleh download atau masuk ke situs yang tidak legal. Semangat nabung untuk beli game!

Ashya Ravika

Kreator konten profesional dengan banyak pengalaman di perusahaan digital seperti Tokopedia, Kompas, Asmaraku, dan Hijup.

guest
4 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
iin nurwana
iin nurwana
1 tahun yang lalu

Terimakasih kak .. walaupun saya tidak suka game, pacarrr saya yang suka nge game ..

Reza muhammad
Reza muhammad
1 tahun yang lalu

Menurut ane steam sih yg paling lengkap dan mantep bgt

Naufal
Naufal
1 bulan yang lalu

Ada rekomendasi download dari situs yg ilegal gak yah? Biar gratis gitu

4
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x