15 Game Edukasi Terbaik untuk Anak (Android dan iOS)

Mengurus anak memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang ya nggak, dibilang susah juga nggak. Apalagi kalau anak sedang tantrum, jangan ditanya repotnya seperti apa.

Pasti setiap orang tua sibuk nyodorin ini itu supaya anaknya berhenti nangis dan rewel, salah satunya ya dengan memberikan smartphone yang berisi banyak permainan seru.

Well, sebenarnya gak semua game itu bagus untuk anak-anak lho. Kamu harus paham betul game apa saja yang mengandung unsur edukasi supaya gak cuma bermain aja, anak-anak pun jadi bisa mengasah otak dan kemampuan mereka dengan belajar tapi lewat teknik yang menyenangkan.

Kira-kira game edukasi terbaik apa saja yang masuk ke dalam daftar rekomendasi kami? Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cek Juga : 18 Aplikasi Edukasi Terbaik untuk Anak


1. Math Motion : Cupcake!

Tidak banyak anak yang senang mempraktikkan materi pada matematika seperti penambahan atau perkalian di luar sekolah, tetapi mereka mungkin lebih antusias menerapkan keterampilan matematika mereka untuk menjalankan bisnis cupcake yang menyenangkan.

Dari menghitung biaya setiap cupcake, memenuhi pesanan, hingga membayar kembali pinjaman bisnis untuk menjaga toko supaya tetap berjalan, Math Motion: Cupcake membawa matematika tingkat dasar ke kehidupan dalam paket yang sangat menyenangkan serta tampilan seru yang interaktif. Aplikasi berbayar ini khusus hanya bisa didownload oleh smartphone iOS.


2. Peak – Brain Training

Aplikasi game lainnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak adalah Peak – Brain Training.

Aplikasi ini memungkinkan anak untuk mencoba lebih dari 45 game seru seperti permainan mengasah memori, fokus perhatian, matematika, memecahkan masalah, menguji mental, bahasa, koordinasi, kreativitas dan kontrol emosi.

Kamu bisa mempelajari kategori mana saja yang paling dikuasai oleh anak, dan bersainglah dengan pengguna yang lain untuk membandingkan peta otak dan kinerja permainan otak setiap anak.

Peak – Brain Training bisa melatih otak anak serta membantu orang tua untuk melacak kemajuan dan peningkatan anak mereka. Seperti pekerjaan rumah, Peaklabs bisa mengasah cara berfikir dan strategi yang dimiliki oleh anak.

Aplikasi permainan ini memiliki fitur pelatihan otak kognitif dengan permainan dari para peneliti ahli di Universitas Cambridge, NYU dan masih banyak lagi. Game ini juga mempunyai tingkat kesulitan yang bisa diatur sesuai dengan kemampuan anak.  


3. Where’s My Water?

Ingin mempelajari fisika dengan cara yang menyenangkan? Coba saja install game edukasi Where’s My Water buatan Disney ini.

Bantu setiap karakter yang ada dengan mengarahkan air ke pancurannya yang rusak. Setiap level dari permainan ini adalah teka-teki berbasis fisika yang menantang dengan mekanika yang mirip dengan kehidupan sehari-hari.

Game ini memiliki cerita dan karakter yang original. Anak-anak bisa memainkan permainan ini melalui 4 cerita unik yang menampilkan Swampy, Allie, Cranky dan Mystery Duck. Mereka memiliki lebih dari 500 teka-teki yang luar biasa untuk dicoba.

Mainkan game ini dan gunakan kreativitasmu untuk menyelesaikan setiap teka-teki yang ada. Where’s My Water juga sangat menstimulasi cara kerja otak anak lho.

Kerennya lagi, kamu bisa mengumpulkan item khusus yang dirancang unik untuk setiap karakter dan selesaikan tantangan keren untuk membuka level bonus!


4. ABC PreSchool Playground

Game ABC PreSchool Playground adalah aplikasi pendidikan untuk membantu anakmu mempelajari berbagai macam materi dasar mulai dari garis, fonetik, dan melacak huruf abjad ABC dan angka 1 hingga 10, juga bentuk dan warna.

Memainkan ABC PreSchool Playground juga termasuk kegiatan yang menyenangkan dan mendidik, terutama untuk balita dan anak-anak.

Ini adalah aplikasi pembelajaran gratis yang cocok digunakan anak-anak sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan taman kanak-kanak.

ABC PreSchool Playground juga bisa menjadi media anak-anak untuk menggambar dan belajar alfabet dengan sangat menyenangkan.

Game edukasi ini dapat membantu anak untuk mempelajari huruf, angka, bentuk, kurva, garis miring, garis lurus, garis sederhana, warna, dan banyak kosa kata dasar lainnya dalam bahasa Inggris.

Permainan ABC PreSchool Playground ini bisa membuat anak-anak bahkan balita untuk fokus pada mempelajari alfabet dan teknik menulis angka.


5. Marbel Alphabet – Learning Games for Kids

Marbel Alphabet merupakan salah satu game edukasi yang membantu anak-anak belajar alfabet dari a hingga z, termasuk huruf besar dan huruf kecil.

Aplikasi ini dirancang untuk anak berusia 2 hingga 6 tahun. Dengan Marbel Alphabet, anak-anak akan diperkenalkan ke dunia edukatif yang menyenangkan.

Selesai belajar, mereka dapat memainkan banyak game tambahan lainnya untuk melatih keterampilan mereka. Seberapa baik pembelajaran mereka? Hasilnya bisa terlihat jelas lho di Marbel Alphabet.

Marbel Alphabet berhasil mencampurkan konsep belajar dan bermain pada saat yang sama. Karenanya, belajar akan jauh lebih menyenangkan. Metode pembelajaran ditampilkan di aplikasi dengan inter-face yang sangat menarik.

Marbel Alphabet juga dilengkapi dengan gambar, narasi, dan animasi untuk menarik minat anak-anak dalam belajar. Anak-anak juga dapat menunjukkan hasil belajar pada sesi permainan edukatif yang disediakan. Tunggu apa lagi? Yuk, ajari anak-anak untuk belajar huruf sesegera mungkin.

Baca Juga : 10 Game Android Kecil & Ringan (Irit Kuota!)


6. Trains, Cars & Games for Kids

Trains, cars & games for kids memiliki sekitar 20 permainan anak-anak dalam satu aplikasi untuk mendidik dan menghibur balita dan anak kecil. Game-game ini menampilkan seni kartun yang imut dan penuh warna serta efek suara yang hidup.

Inter-face yang ditampilkan dirancang khusus untuk memungkinkan anak-anak menjelajahi dan menikmati permainan sendiri.

Anak-anak bisa membuat lintasan kereta, jalan, atau perjalanan pesawat di layar ponsel sembari menyaksikan berbagai macam kereta, mobil, dan pesawat terbang yang melintas sambil membuat suara mereka yang khas.

Game edukasi ini juga menawarkan fitur pembuatan rumah dari balok dengan cara mengambil dan meletakkan berbagai bentuk dan warna balok untuk dibentuk rumah, kereta, dan masih banyak lagi.

Trains, cars & games for kids bisa menampilkan gambar karakter kendaraan kartun dan gunakan ingatan pada otak untuk mencocokkan pasangan gambar yang identik (kereta, mobil, pesawat).

Anak-anak juga bisa mengubah sketsa hitam-putih menjadi sebuah gambar yang keren dengan memasukkan berbagai macam warna untuk melengkapi gambar.

Trains, cars & games for kids juga menyediakan permainan puzzle gambar untuk mengetes seberapa kuat ingatan serta strategi anak dalam menyelesaikan setiap masalah. Puzzle juga bisa digunakan untuk melatih kesabaran.


7. Fishing for Kids

Fishing for Kids adalah permainan edukasi  yang sudah pasti akan disukai oleh anak-anak maupun balita. Dalam game ini kamu harus pergi memancing.

Tujuan permainan Fishing for Kids ini sebenarnya sederhana. Kamu perlu menangkap ikan sebanyak-banyaknya dan mengumpulkan jumlah poin yang diperlukan untuk lulus ke level selanjutnya.

Jika berhasil menangkap ikan, kamu akan mendapatkan poin. Tetapi jika kamu ketahuan memakai kail pancing hook atau menangkap predator berbahaya, poin yang kamu dapat pun akan berkurang.

Ikan yang ditampilkan pada game ini sangat tidak biasa dan tentu saja penuh dengan warna-warni yang bisamenarik perhatian anak-anak.

Anak-anak juga bisa memainkan ini sambil ditemani oleh orang tua untuk menambah rasa kesenangan yang ada, karena semua permainan ini diilustrasikan dengan gambar berwarna, musik yang menyenangkan dan tampilan yang seru.

Fishing for Kids akan membantu anak-anak dalam pengembangan keterampilan seperti perhatian, ingatan, konsentrasi. Suasana hati yang baik adalah kunci supaya anak bisa memainkan permainan ini tanpa harus rewel lagi.


8. Coloring Games for Kids (Animal)

Coloring games for kids animals adalah permainan yang cocok digunakan oleh orang tua yang ingin mengenalkan anak mereka pada dunia binatang karena game ini penuh dengan hewan-hewan seperti singa, harimau, gajah, burung beo dan lain-lain. Coloring games for kids animals dirancang untuk anak-anak yang berusia 3-5 tahun.

Kamu bisa mewarnai hewan di ponsel atau tabletmu dalam permainan mewarnai virtual dan buku lukis portable ini. Permainan ini sangat mudah untuk digunakan bahkan balita pun dapat ikut bermain, melukis & menggambar.

Game edukasi ini adalah permainan di mana anak-anak dapat mewarnai satu halaman mengenai binatang, tetapi mereka juga dapat menggambar sendiri gambar hewan yang mereka sukai seperti burung, ikan, serangga atau mamalia. Entah itu anak laki-laki atau perempuan pasti akan menyukai permainan mewarnai ini.

Dalam permainan mewarnai ini anak-anak dapat menemukan banyak jenis hewan yang lucu seperti anjing, kucing, kelinci, kura-kura, domba, beruang, monyet atau bahkan jerapah, kuda, kucing, kelinci dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 14 Game Android dengan Grafik Terbaik (2019)


9. Khan Academy Kids

Belajar sangat menyenangkan bersama Khan Academy Kids! Game edukasi ini mencakup ribuan kegiatan pendidikan, buku, lagu, dan permainan untuk balita, anak-anak prasekolah, dan taman kanak-kanak.

Sejumlah karakter yang menggemaskan akan membimbing anak-anak melalui pelajaran, dan jalur pembelajaran adaptif yang ditawarkan akan menyesuaikan pengalaman mereka untuk membantu mereka menguasai berbagai keterampilan.

Anak-anak dapat belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan memecahkan masalah, dan pengembangan motorik.

Kegiatan dan permainan terbuka seperti menggambar, mendongeng, dan mewarnai mendorong kreativitas dan ekspresi diri juga tersedia di dalam game edukasi ini.

Khan Academy Kids adalah game yang gratis dan jangan khawatir untuk para orang tua, karena aplikasi ini gratis untuk selamanya! Ucapkan selamat tinggal pada iklan-iklan mengganggu dan pembayaran bulanan untuk berlangganan.

Game edukasi ini juga selalu menambahkan konten baru untuk membuat anak-anak tetap senang dengan belajar, seperti buku dan lagu dari Super Simple Songs®, Bellwether Media, dan National Geographic Young Explorer Magazine.

Baca Juga : 10 Game Iseng Penghilang Bosan! (Android & iOS)


10. Tinycards by Duolingo: Fun & Free Flashcards

Game edukasi lainnya yang tak kalah keren adalah Tinycards bu Duolingo. Game ini memperkenalkan cara baru yang menyenangkan untuk mempersiapkan ujian dan menghafal kosa kata! Tinycards adalah aplikasi yang dibuat oleh tim Duolingo, aplikasi pendidikan yang paling banyak didownload di seluruh dunia.

Tinycards menggunakan pengulangan spasi dan teknik pembelajaran cerdas lainnya untuk membantu kamu mengingat materi baru.

Buat pertanyaanmu sendiri dan bagikan dengan teman-teman, atau pilih pertanyaan dari berbagai koleksi yang sudah ada. Kamu akan dengan mudahnya menemukan jawaban dari setiap pertanyaan untuk materi biologi, kimia, geografi, sejarah, bahasa, dan masih banyak lagi!

Pelajari hampir semua hal dengan tampilan animasi yang menyenangkan. Kamu bisa bersenang-senang sambil belajar dan naik ke level baru untuk meningkatkan kekuatan memori otakmu.

Tinycards menggunakan pengulangan spasi dan teknik pembelajaran cerdas lainnya untuk membantumu mengingat materi baru dan hafalkan sesuatu dengan cepat.

Game edukasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana serta mudah digunakan. Tak lupa juga bahwa Tinycards 100% gratis.


11. Kids Audio Story Books – Free – Best Fairy Tales

Kids Audio Story Books adalah aplikasi membaca gratis untuk anak-anak yang membuat suasana membaca lebih menyenangkan dan menghibur.

Membaca buku cerita untuk anak memang memiliki kesenangan tersendiri, itulah sebabnya Kids Audio Story Books memiliki semua cerita dalam 6 bahasa sehingga anak-anak dapat memilih bahasa buku cerita apa punyang mereka sukai.

Anak-anak dapat membaca setiap cerita dalam bahasa Inggris, Arab, Prancis, Rusia, Jerman dan Spanyol. Semua terjemahan untuk buku cerita dilakukan se detail mungkin, semua dilakukan oleh para ahli untuk memastikan buku itu direvisi dengan baik dan sesuai dengan pemahaman anak-anak.

Buku cerita yang diterjemahkan juga membantu pembaca membaca buku yang sama dalam berbagai bahasa untuk mempelajari kata dan kalimat baru.

Setiap anak yang sedang membaca cerita dapat memilih kata atau kalimat dan menerjemahkannya ke bahasa apa pun hanya dengan mengkliknya. Anak-anak akan memiliki kesempatan untuk belajar tentang cerita dan budaya dalam buku-buku dari seluruh dunia.

Buku juga diproduksi sebagai buku audio, sehingga setiap anak dapat menikmati mendengarkan cerita sebagai buku audio saat bermain, di dalam mobil ketika perjalanan ke sekolah atau sebelum tidur. Kids Audio Story Books juga bisa didengarkan seperti sedang mendengar siaran radio.


12. Human Body (Female) Educational VR 3D

Ini dia game edukasi khusus yang bisa orang tua pakai untuk mengenalkan organ tubuh terutama pada anak perempuan. Yup, Human body (female) educational VR 3D namanya.

Aplikasi sekaligus game ini memiliki adegan interaktif soal organ tubuh yang sepenuhnya dapat diputar, diperbesar atau dilihat dari sudut yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan tampilan yang sudah diatur, kamu dapat dengan mudahnya melakukan navigasi gambar melalui pemandangan yang kompleks.

Beberapa adegan 3D berisi mode gerak, memungkinkanmu untuk menjelajahi gambar sendiri. Sebagian besar adegan 3D yang disediakan juga telah mencakup narasi dan animasi bawaan yang lengkap.

Game edukasi Human body (female) educational VR 3D juga berisi teks, kuis animasi yang menghibur dan elemen visual lainnya. Adegan 3D tersedia dalam beberapa bahasa, yang juga menawarkanmu kesempatan untuk belajar dan berlatih bahasa asing.


13. LEGO DUPLO Town

Ingin anak belajar soal arsitek sejak dini? Biarkan saja mereka membangun rumah bermain yang kreatif dan virtual dengan batu bata LEGO DUPLO berwarna cerah yang menyenangkan, dan mainkan kehidupan sehari-hari dengan karakter, hewan peliharaan dan rutinitas serta skenario sederhana yang relate dengan kehidupan anak-anak pada umumnya.

LEGO DUPLO bisa melatih pertumbuhan dan perkembangan anak dari usia 1-5 tahun. Game edukasi ini juga dibuat dengan persetujuan para pakar perkembangan anak untuk memastikan bahwa semua permainan LEGO DUPLO bisa memberikan nilai moral, melatih kesabaran, dan pemikiran kreatif yang bisa berguna untuk mengembangkan rasa cinta terhadap belajar dan akan bertahan seumur hidup.


14. Solar Walk Lite – Planetarium 3D: Explore Space

Mau mempelajari ilmu astronomi dengan cara yang super duper menyenangkan? Coba saja install Solar Walk Lite.

Solar Walk Lite menyediakan gambaran mengenai tata surya dengan fitur 3D yang luar biasa. Kamu bisa dengan mudahnya mempelajari tentang alam semesta dan menjelajahi luar angkasa. Solar Walk Lite adalah aplikasi yang mirip-mirip seperti sedang berada di planetarium.

Aplikasi ini merupakan simulator tata surya berdasarkan real-time yang memungkinkanmu untuk belajar soal planet, bintang, satelit, asteroid, komet, dan benda langit lainnya di luar angkasa.

Solar Walk Lite adalah aplikasi yang bagus digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dengan Solar Walk Lite, kamu bisa mencari tahu banyak tentang ruang, dan grafik di ruang angkasa bersama dengan informasi lengkap tentang apa pun yang berhubungan dengan sistem tata surya maupun galaksi kita.

Anak-anak akan menikmati perjalanan melalui ruang angkasa dan dapat melihat planet-planet, bulan, pesawat ruang angkasa, bintang-bintang dan objek ruang lainnya dari jarak dekat.

Aplikasi ini juga menyediakan game atau kuis yang bisa kamu gunakan untuk mengetes seberapa banyak ilmu astronomi yang kamu ketahui.

Dengan aplikasi ini, kamu jadi tidak memerlukan teleskop lagi deh untuk melihat planet secara nyata. Alam semesta terlihat lebih dekat daripada yang kamu bayangkan dengan Solar Walk Lite Planetarium 3D.


15. Photomath

Untuk siswa sekolah, matematika sering menjadi mimpi buruk. Entah itu masalah integral bahkan aljabar yang bikin pusing tujuh keliling.

Banyak dari pelajar yang membutuhkan lebih banyak panduan tentang cara mengisolasi “x” dalam tugas aljabar atau menjumlahkan pembagian kurung yang menyebalkan, padahal caranya gampang banget lho.

Coba saja install aplikasi bernama Photomath. Photomath pada dasarnya adalah teman matematika setiap anak dengan berbagai macam usia yang dapat langsung memecahkan dan menjelaskan setiap jawaban dengan detail.

Cukup jepret foto pertanyaan (kamu juga dapat menulis atau mengetiknya), dan aplikasi akan memecah solusi menjadi langkah-langkah terpisah dengan permainan play-by-play yang membantu sehingga kamu dapat mendapatkan bantuan untuk mengerjakan seluruh PR matematika yang biasanya rumit dengan cara yang sangat mudah. Game ini bisa didownload di smartphone Android maupun iOS secara gratis.


Itu dia berbagai macam game edukasi terbaik untuk anak yang paling banyak diinstall. Kira-kira aplikasi mana nih yang mau kamu coba duluan? Yuk share jawaban kamu pada kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of