20 Game Survival Terbaik untuk PC

Apakah kamu menyukai sensasi dikejar zombie atau hidup sendirian di pulau antah berantah? Maka kamu wajib banget coba memainkan game bertemakan survival alias bertahan hidup.

Game bergenre survival memang memiliki daya tariknya tersendiri. Berjuang untuk tetap hidup sudah tersandi kode DNA manusia, jadi mudah untuk memahami mengapa kita menyukai game bertahan hidup.

Game survival terbaik di PC menghadirkan sensasi dengan masalah sulit dan menantangmu untuk menemukan solusi kreatif.

Nah kebetulan banget, kali ini kami akan memberikan rekomendasi game survival terbaik yang bisa bikin jantung kamu ketar-ketir ketika memainkannya.

Kira-kira game apa saja ya yang masuk ke dalam daftar? Yuk langsung aja disimak ulasannya di bawah ini!


1. Green Hell

Salah satu game terbaru dalam daftar game survival terbaik saat ini bernama Green Hell. Green Hell yang dibuat oleh developer Creepy Jar  telah banyak dibandingkan dengan game bertahan hidup lainnya yaitu The Forest.

Meskipun mereka berdua memiliki atmosfer dan tipe permainan yang mirip, Green Hell sepertinya menawarkan pengalaman yang lebih sulit dan akan mengajarkan kamu bagaimana cara memainkannya dengan beberapa pelajaran yang sangat keras.

Baca Juga : 6 Game Perang PC Terbaik (Online dan Offline)

Kamu akan terdampar di hutan hujan Amazon yang tidak ramah dan harus bertahan hidup sebisa mungkin, meskipun kematian selalu dekat denganmu.

Kamu wajib jadi super insecure dan waspada, baik itu karena terkena gigitan ular derik secara tiba-tiba atau makan dedaunan yang beracun, Green Hell akan membuatmu ketakutan dan menjerit tanpa ampun.

Kamu bisa memainkan ini di PC dan rasakan sensasi bertahan hidup yang super gila dengan Green Hell!


2. SCUM

Sama halnya dengan Green Hell, SCUM juga telah banyak dibandingkan dengan game survival lainnya. Salah satunya adalah dengan DayZ. Kedua game ini memiliki perbedaan pada grafik dan tingkat kesulitannya.

SCUM adalah permainan yang jauh lebih dalam dan lebih teliti yang akan mengajarkan kamu soal kedisiplinan dan bisa menghukum kesalahan apa pun yang kamu buat walaupun sedikit.

Kamu wajib mengatur pemakaian vitamin, mineral, asupan kalori, kehangatan, dan kebutuhan lainnya yang membuat tubuhmu sehat selama sedang melawan invasi para zombie di SCUM.

Kamu juga diharuskan membuat beberapa pendekatan realistis untuk menjaga stamina dan bentuk tubuh.

Gak cuma itu aja, kamu bisa berlatih bertarung atau menggunakan senjata untuk menguatkan fisik dan psikis kamu dalam melawan serangan zombie.

Keterampilan kamu meningkatkan waktu bertahan hidupmu. Game ini membuat kamu tidak bisa berhenti memikirkan strategi apa yang paling tepat untuk membasmi zombie tanpa membunuh diri sendiri.


3. How To Survive

Walaupun sekuelnya mungkin gagal menangkap kengerian yang sama, How To Survive adalah salah satu game zombie yang paling mengasyikkan yang bisa kamu coba.

Bukan karena banyaknya pertumpahan darah, tetapi karena bagaimana caranya kamu membunuh para mayat hidup menggunakan tongkat dan alat yang serba seadanya.

Kamu akan terdampar di pulau terpencil hanya dengan gerombolan zombie dan beberapa penduduk yang mencurigakan untuk ditemani.

Game ini dapat mengajari kamu untuk menemukan bagian-bagian baru dari buku How To Survive dan kemudian menerapkannya pada karaktermu, yang berarti kamu selalu belajar dan berkembang setiap harinya.

Baca Juga : 13 Game PC Offline Petualangan Paling Seru!


4. DARKWOOD

Kamu menginginkan versi yang lebih hardcore dari Don’t Starve? Atau kamu butuh game survival yang sangat mengganggu yang jauh lebih menakutkan daripada yang biasanya?

Sebaiknya kamu harus benar-benar mencoba Darkwood. Darkwood memang salah satu game yang paling meresahkan dan terus-menerus bikin kamu tegang berkat tampilan serta desain audionya yang luar biasa.

Tujuannya sederhana : kamu hanya harus bertahan hidup. Sementara itu, kamu harus melakukannya dengan cara berkeliaran di hutan di siang hari dan terjaga di malam hari supaya tidak dimakan hewan buas atau yang lainnya.

Darkwood menampilkan perspektif top-down, yang entah bagaimana  lebih memicu kepanikan, dan benar-benar tiada tandingannya. Darkwood juga terdaftar sebagai salah satu game horor terbaik lho.


5. SUBNAUTICA

Dibandingkan dengan game bertahan hidup lainnya, Subnautica benar-benar bisa bikin kamu bersemangat.

Setelah kecelakaan pesawat ruang angkasa kamu mendarat di sebuah planet asing, kamu harus berusaha untuk menyeimbangkan kebutuhan dasar manusia, daya tarik eksplorasi, dan kebutuhan untuk mencari jalan pulang.

Subnautica adalah permainan yang sempurna untuk memicu adrenalin kamu dan mengetahui seberapa baik kemampuan kamu bertahan hidup di bawah laut.

Semakin dalam kamu menyelam di Subnautica, semakin dalam juga mimpi burukmu semakin terwujud.


6. They Are Billions

They Are Billions ini adalah permainan zombie yang bisa menyegarkan pikiranmu yang lelah karena telah bekerja atau berkegiatan seharian penuh.

Sesuai dengan namanya, ada banyak sekali mayat hidup yang tak berkesudahan untuk dilawan dalam setiap perjalanmu.

Semua zombie bisa menjadi awal dari kehancuranmu, makanya kamu wajib menjaga diri dan setiap tempat yang menjadi pangkalanmu.

Dengan game ini, kamu tidak mempunyai celah dalam setiap pertahanan yang kamu buat. They Are Billions akan menguji setiap kesabaranmu sampai titik darah penghabisan.

Baca Juga : 64 Game PC Terbaik Sepanjang Masa!


7. DAYZ

Apakah kamu mau memainkan game survival bertemakan zombie tapi yang biasa saja atau tidak terlalu bikin deg-degan.

Maka kamu perlu mencoba DAYZ. Permainan ini menyediakan grafik dan efek suara yang menarik.

DayZ secara keseluruhan adalah permainan yang cukup lambat dengan pertemuan manusia dan zombie yang tidak terlalu intensif. Namun, ada kemungkinan bahwa zombie mungkin saja membunuhmu begitu saja.


8. FROSTPUNK

Frostpunk adalah game survival yang mewajibkan kamu untuk mengatur kota. Frostpunk adalah permainan yang akan membuatmu merasa gila karena kamu diwajibkan bertahan hidup di dalam situasi super dingin yang membunuh sebagian besar umat manusia.

Kamu adalah pemimpin kelompok di salah satu benteng terakhir, sebuah tembok raksasa yang bisa menjadi penyelamatmu dan kawanan lainnya.

Frostpunk adalah permainan bertahan hidup dengan risiko yang cepat seperti apakah kamu akan mengirim beberapa orang yang selamat untuk bekerja dalam kondisi beku atau kamu memutuskan untuk mendirikan toko dan berharap sumber daya yang ada tetap bertahan?

Permainan ini akan terus-menerus mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit dan menunjukkan bahwa tidak ada jawaban yang benar dalam situasi hidup atau mati.


9. 7 Days To Die

Game survival zombie lain yang bisa kamu coba mainkan adalah 7 Days To Die. 7 Days To Die dan DayZ sebenarnya memiliki konsep yang hampir sama, tetapi 7 Days To Die bisa dibilang memiliki ide-ide yang lebih menarik.

Kamu wajib bertahan hidup selama mungkin untuk bisa melawan gerombolan mayat hidup dengan membangun benteng dan memberanikan diri untuk melawan mereka menggunakan senjata.

7 Days To Die bisa menjadi permainan dengan perjalanan yang sangat menarik dan panjang.

Baca Juga : 9 Game PC Dengan Grafik Terbaik di Dunia! (2019)


10. Conan Exiles

Dikemas dengan sangat apik, Conan Exiles memiliki tipe permainan yang beda dari game survival lainnya.

Game ini memiliki tampilan bagaimana cara hidup di dunia terbuka dan kelemahannya, meskipun jika kamu ingin membangun tempat tinggal atau pangkalan sementara, kamu harus berusaha bertahan hidup dengan kondisi yang sulit bersama orang-orang buangan dan musuh.

Seperti banyak game lainnya, Conan Exiles jauh lebih seru kalau dimainkan bersama teman-teman.


11. ARK : Survival Evolved

ARK: Survival Evolved mengikuti tren yang sama dengan dua game survival sebelumnya yang sudah kami sebutkan tetapi dengan twist yang lebih fantastik.

Kamu bertahan hidup dengan cara bertani dan menaklukan dinosaurus liar yang bisa mengancam nyawamu.

Kamu bisa menemukan banyak sekali dinosaurus dengan bentuk dan ukuran yang di luar bayanganmu, ARK adalah permainan yang sangat menarik dan wajib kamu coba.

Kamu dapat memainkan permainan sendiri atau dengan orang lain, dan rasakan sensasi menaiki dinosaurus liar!


12. RUST

Jika kamu tipikal orang yang sensitive dan mudah frustrasi, jangan pernah coba untuk memainkan Rust. Rust adalah permainan toxic yang mewajibkan kamu melemparkan benda keras seperti batu kepada pemain lainnya.

Sebenarnya kadang-kadang kamu bisa beruntung dengan menemukan pemain lain yang tidak ingin segera membunuh Anda meskipun Anda hanya memiliki batu, Rust menjadi sangat menyenangkan.

Kamu juga juga harus bertahan hidup dari serangan hewan liar, rasa lapar dan haus yang menggebu tanpa ada bantuan dari siapapun.

Permainan ini sangat tidak ramah dan tentu saja jangan dimainkan ketika kondisi moodmu sedang tidak stabil.

Kamu bisa membuat permainan bertahan hidup ini menjadi sangat seru sesuai dengan keinginanmu.

Baca Juga : 6 Game Olahraga Terbaik untuk PC, Xbox, dan PS4


13. Don’t Starve

Dibandingkan dengan sebagian besar game bertahan hidup lainnya, Donve Starve adalah game yang sangat menggemaskan.

Ini adalah game yang seru dengan grafik yang menyegarkan, tetapi sebenarnya Don’t Starve adalah salah satu game tertua yang ada di dalam daftar ini karena developenya yang bernama Klei Entertainment terus mendukung permainan ini dengan versi update yang baru saja diluncurkan.

Dengan memainkan Don’t Starve, kamu akan merasakan sensasi hidup di pulau yang penuh dengan hal-hal yang bisa membuatmu mati.

Don’t Starve juga membedakan dirinya berkat estetika permainan yang agak menyesatkan. Walaupun begitu, banyak pembelajaran yang bisa kamu ambil dari permainan ini.

Game survival ini bisa kamu mainkan sendirian atau bersama teman-teman. Don’t Starve menawarkan kegembiraan serta ketegangan sederhana yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan dari game lainnya.


14. The Forest

Kamu ingin merasakan susahnya bertahan hidup di hutan dengan keadaan yang sepi dan menyeramkan? Mainkan saja game survival bernama The Forest ini!

The Forest memungkinkan kamu melakukan banyak hal untuk mencoba bertahan melawan musuh-musuh aneh setelah pesawatmu jatuh. Permainan ini dijamin tidak akan bikin kamu bosan deh.

Game survival ini dirilis dalam waktu yang relatif singkat, walaupun begitu, The Forest memiliki banyak manfaat untukmu apabila tidak sengaja tersesat di hutan.

Kamu harus belajar untuk bertahan hidup, kamu juga diberikan tugas untuk menemukan anakmu yang ditawan oleh para manusia hutan.

Game ini hidup dalam kisah yang ciamik dan tentu saja sangat layak untuk dimainkan.


15. Minecraft

Lupakan game survival penuh kekerasan untuk sesaat, dan beralihlah pada Minecraft. Kamu pasti baru menyadari bahwa sebenarnya Minecraft adalah permainan bertahan hidup.

Jika kamu adalah seseorang yang sudah memainkan Minecraft selama bertahun-tahun, kamu pasti ingat banget betapa susahnya memainkan game ini dengan plot perjalanan yang membingungkan dan berbagai macam sumber daya yang harus kamu manfaatkan.

Minecraft telah melampaui permainan bergenre survival yang biasa-biasa saja. Pada titik ini, kamu akan mengerti bahwa Minecraft selalu menyampaikan sesuatu yang berbeda, yang berarti ia memiliki nilai lebih ketimbang permainan pada umumnya.

Jadi, jika kamu baru memainkan sekali atau tidak pernah memainkan Minecraft sama sekali, ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mencobanya.

Baca Juga : Trik Jadi Pemain Hero Support yang Handal di Dota 2 !


16. State of Decay 2

State of Decay 2 merupakan evolusi dari pendahulunya yaitu State of Decay. Permainan ini berhasil menambahkan sentuhan baru dan memperbaiki mekanisme alur cerita ke yang lebih dalam.

Permainan ini bukan cuma permainan tentang bagaimana caranya kamu bertahan hidup, tapi juga kewajiban untuk memastikan teman-teman kamu juga berhasil bertahan sampai akhir permainan.

Kewajiban inilah yang bisa menjadi beban tersediri buat kamu di sepanjang permainan, tugas yang hampir tanpa rasa terima kasih dan tanpa akhir.

Kamu harus bisa menemukan persediaan sumber daya atau obat, karena yang mau hidup juga bukan hanya dirimu saja

Sebagai sesama yang masih selamat, tentu saja kamu dan temanmu akan mendapatkan banyak tuntutan yang harus dilaksanakan.

Jangan khawatir, akan ada saat di mana kawananmu telah banyak memiliki senjata dan siap membangun sebuah negara kecil, semua kerja  keras untuk memainkan ini terbukti sepadan.


17. Outward

Game survival fantasi bernama Outward ini akan membuatmu merasakan sensasi hampir mati setiap saat adalah salah satu permainan survival terbaik saat ini.

Dalam Outward, kamu gak hanya ditantang oleh monster mistis tetapi juga memikirkan caranya tetap hidup di dunia itu sendiri, tempat di mana kamu harus menjaga diri dengan tetap makan, terhidrasi, dan sehat.

Di gurun yang gersang, panas akan menyerap daya tahan dan energimu, kamu juga dihantui oleh air rawa yang dapat menjadi racun, dan tanpa penanda perjalanan atau bahkan lokasimu yang ditampilkan di peta.

Dengan Outward, setiap perjalanan yang kamu lewati merupakan latihan dalam persiapan kesabaran dalam bertahan hidup.


18. Miscreated

Ingin game seperti DayZ yang gak terlalu nyeremin tapi tetep bikin merinding? Coba aja mainin Miscreated dan mainkan game survival ini di PCmu!

Miscreated mulai menonjol sebagai game multipemain yang stabil dan menyenangkan. Fakta bahwa permainan ini dibangun di Cryengine juga tampak luar biasa.

Dimulai dengan senter dan pakaian ganti, lengkapi dirimu dengan menjelajahi lingkungan dan pangkalan militer yang sudah membusuk.

Mutan dan hewan buas liat merupakan ancaman yang berbahaya, tetapi sebenarnya ancaman terbesar akan datang dari rekanmu sendiri yang masih selamat.

Wah gimana tuh? Jadi penasaran …


19. This War of Mine

This War of Mine merupakan sebuah game survival yang menggambarkan perang bukan dari perspektif seorang prajurit elit tetapi dari sekelompok warga sipil yang hanya mencoba untuk tetap hidup di tengah-tengah kekacauan.

This War of Mine adalah jenis permainan bertahan hidup yang berbeda dan tentu saja akan membuatmu merasa semakin putus asa.

Kamu akan dihadapi oleh pilihan sulit ketika kamu ditugaskan untuk mengelola kesehatan korban perang, baik secara fisik maupun mental.

Kamu juga diharuskan bertahan hidup dengan cara menjarah makanan dan persediaan pada malam hari, ini sangat bikin tegang dan sudah pasti mengerikan, dan apa pun yang kamu temukan tampaknya tidak pernah cukup.

Sebenarnya, ini bukan hanya permainan soal bertahan hidup tetapi tamparan keras untuk negara-negara pada realitas perang.

Baca Juga : 20 Game PC Jadul & Lawas yang Masih Seru!


20. Project ZomboID

Pengen melawan zombie menyebalkan pemakan otak dengan berbagai macam alat yang mematikan? Coba saja mainkan Project ZomboID dan rasakan sensasinya!

Kamu akan terus hidup dengan rasa khawatir karena banyaknya mayat hidup yang bisa membunuhmu kapan saja dan dimana saja.

Permainan ini juga menawarkan rasa tidak aman yang membuat kamu seperti kehilangan banyak peluang.

Walaupun permainan ini relatif masih baru dan memiliki beberapa kekurangan di sana-sini, tetap saja Project ZomboID bisa mengajarkan kamu caranya bertahan hidup walau ada serangan zombie apocalypse.


Jadi, gimana nih? Kira-kira kamu akan mulai mencoba game survival yang mana nih? Kasih tau pendapat atau saran kamu soal rekomendasi game survival dari kami pada kolom komentar di bawah ini yuk 🙂

2
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Stefanus
Guest
Stefanus

Pubg termasuk survival bukannya?

Jonis
Guest
Jonis

Pubg itu Battle Royal