Bosan PUBG? Ini 10 Alternatif Game Battle Royale Lainnya!

Siapa sih yang tidak tahu PlayerUknown’s Battlegrounds, atau yang akrab di telinga kita sebagai PUBG. Sangat aneh kalau seorang game pecinta game Battle Royale tidak mengetahuinya.

Ya, PUBG memang tengah menjadi fenomena sejak kemunculannya di tahun 2018. Game ini berhasil menyihir jutaan pecinta game di seluruh dunia, dan memegang tahta sebagai salah satu game android terbaik yang pernah ada.

Meskipun begitu, pasti ada kalanya kita sedikit bosan dan ingin coba memainkan game lain yang sejenis. Untuk itulah kami rasa perlu ada rangkuman mengenai pilihan Game Alternatif PUBG yang mungkin bisa menjadi selingan (atau pengganti) dikala sedang tidak mood main PUBG.

Dari begitu banyaknya Game Battle Royale di Android dan iOS, berikut 10 juaranya dari kami!


1. Rules of Survival

Rules Of Survival - alternatif pubg

Game pertama yang kami rekomendasikan sebagai Game Alternatif PUBG adalah Rules of Survival. Game ini memiliki tiga pilihan mode bermain, sama seperti PUBG: solo mode, duo mode dan squad  mode.

Diawal permainan, akan ada quick tutorial yang diberikan sehingga kamu tidak kesulitan untuk memainkan game besutan NetEast Inc ini.

Rules of Survival memiliki map yang besar sehingga memungkinkan 120 pemain bergabung di medan perang. Game ini juga memungkinkan pemainnya untuk menjelajahi medan perang berupa pulau terlantar yang besar dengan alat transportasi seperti truk, sepeda motor ataupun berlayar di perairan dengan boat.

Satu perbedaan Rules of survival dengan PUBG adalah di lobby-nya. Sembari menunggu, kalian akan ditempatkan di pulau dan dapat mencoba berbagai macam senjata mulai dari common weapon sampai rare weapon. Tapi ingat ya ada 119 pemain lain yang ingin mencoba senjata ini juga, jadi siapa cepat dia dapat.

Setelah itu kalian harus terjun dan menentukan tujuan kalian dengan memberi tanda di map kalau ingin tepat menuju target, nah disini bagian yang seru sekaligus menegangkan. Kalian harus menulusuri rumah, gedung, bahkan markas militer untuk mendapatkan equipment yang membantu kalian untuk bertahan.

Kalian harus berada di dalam lingkaran yang bergaris putih yang ada dimap, kalau kalian berada di luar area lingkaran putih dalam waktu batas yang ditentukan, kalian akan menerima damage yang semakin lama semakin sakit tergantung dari besar kecilnya lingkaran.

Setiap beberapa menit akan ada box supply yang di-drop oleh pesawat, nah di dalam box ini terdapat barang langka dan sangat powerful.

Tidak cuma itu, ada juga zona merah yang harus kalian hindari. Seperti di PUBG, kalau kalian berada dalam zona merah, kalian harus secepatnya menuju ke dalam bangunan, atau rumah-rumah sekitar. Pemain juga harus fokus terhadap footstep dan suara tembakan.

Dikarenakan cukup sulitnya untuk mendengar suara kalau bermain di handphone dan tanpa headset, Rules of Survival menyediakan indikator suara tembakan dan footstep di map.

Rules of Survival

Untuk fiturnya sendiri, ada 3 mode matchmaking yang bisa dimainkan yaitu solo, duo dan squad, yang menggunakan sistem rank untuk menyeimbangkan berjalannya permainan.

Ada fitur leaderboard untuk melihat statistik gameplay, serta tidak ketinggalan fitur shop and changing room untuk memberikan kepuasan bagi kita semua.

Kalau dibandingkan dengan game sejenisnya (kecuali PUBG), game ini jauh lebih bagus. Tapi dikarenakan Rules of Survival juga mengeluarkan versi PC, pemain yang menggunakan tablet/handphone jadi tidak bisa berkutik, karena semua dimasukkan ke satu room yang sama. Mouse & Keyboard vs Touchscreen? Bukan tandingan.


2. Hopeless Land : Fight For Survival

Hopeless Land - Fight For Survival - alternatif pubg

Selanjutnya, game android yang mirip dengan PUBG adalah Hopeless Land : Fight For Survival. Game ini kami rekomendasikan sebagai salah satu dari 10 Game Alternatif PUBG, karena game ini bisa menampung 121 pemain dalam satu room.

Para pemain diharuskan untuk tetap hidup dan bertahan di pulau terpencil yang amat sangat mematikan. Sama halnya dengan Rules of Survival, Hopeless Land : Fight For Survival memiliki berbagai jenis alat transportasi mulai dari mobil hingga tank.

Senjata yang dapat digunakan dalam game ini hampir sama dengan game battle royale lainnya, namun juga sangat beragam. Mulai dari AK, SMG hingga granat dan smoke bomb. Hopeless Land : Fight For Survival juga bisa dimainkan dalam tiga mode bermain yakni solo, duo, dan squad.


3. Garena Free Fire – Winterlands

Free Fire Winterlands - alternatif pubg

Yang ketiga ini tak kalah bagus, dan kami anjurkan kalian semua untuk mencobanya sebagai salah satu dari 10 Game Alternatif PUBG.

Garena Free Fire – Winterlands adalah game yang diluncurkan oleh Garena yang sebelumnya meluncurkan Point Blank dan Arena of Valor. Dalam Garena Free Fire – Winterlands, sebanyak 49 pemain dapat bergabung untuk bermain dalam satu waktu.

Pemain diberikan waktu sekitar 10 menit untuk menyelesaikan game. Selain itu, dalam game ini kamu dapat bermain di mode squad yang memungkinkan empat pemain untuk bergabung sebagai satu tim.

Menurut Techworm.net, yang unik dari game ini adalah death race mode yang memungkinkan dua pemain dalam satu tim bergabung untuk melarikan diri dari musuh dengan menggunakan kendaraan yang ada. Seru pokoknya!


4. Battle Ops Royal Strike

Battle Ops Royal Strike - alternatif pubg

Yang selanjutnya kami rekomendasikan sebagai Alternatif PUBG adalah Battle Ops Royal Strike. Kalau kamu penggemar berat Counter Strike, Pasti Kamu akan betah memainkan game yang satu ini. Kenapa? Karena Game ini tentunya memiliki keunikan tersendiri, yakni senjata yang digunakan didalamnya mirip dengan yang ada di CS.

Di game ini, pemain akan diberikan waktu selama 20 menit untuk bisa menyelesaikan permainan. Mereka yang berhasil membunuh musuh akan diberikan satu poin. Dan bagi tim yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak, maka akan dinyatakan sebagai pemenangnya.

Nah, game ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bermain PUBG dengan senjata khas game FPS yang populer pada zamannya. Tertarik untuk memainkannya?

Baca juga: Pilihan game puzzle seru untuk android


5. Knives Out

Knives Out - alternatif pubg

Game ini mungkin memang kurang terkenal dan underrated, namun menurut kami game ini juga layak dicoba sebagai salah satu alternatif PUBG.

Selain Rules of Survival, NetEase.Inc juga ternyata meluncurkan game bergaya PUBG bernama Knives Out. Di game ini kamu akan bergabung dengan 100 pemain lainnya di satu medan perang. Game ini mengharuskan semua pemainnya untuk menjelajahi bangunan agar dapat menemukan berbagai jenis senjata hingga obat-obatan.

Hampir sama dengan game yang mirip PUBG lainnya, Knives Out juga memungkinkan pemainnya untuk menggunakan truk militer sebagai alat transportasi.

Menurut situs techworm.net, Knives Out merupakan salah satu game android bergaya PUBG yang memiliki kualitas grafik tinggi namun tetap ringan dan lancar saat dimainkan.

Baca: 6 HP Gaming Murah Untuk Budget Terbatas!


6. Point Blank : Strike

PB Strike - alternatif pubg

Sudah pasti yang satu ini tidak bisa dilewatkan karena memang wajib jadi salah 1 dari 10 Game Alternatif PUBG. Ya, kita bisa memainkan Point Blank: Strike dengan tantangan yang lebih berasa karena kini Point Blank: Strike sudah menghadirkan survival mode. Pada mode ini, kamu akan ditantang untuk bertahan hidup alias tidak mati duluan.

Mode survival ini dihadirkan oleh Nexon sebagai update yang rilis di Maret 2018 lalu. Tentunya update ini bertujuan agar game Point Blank: Strike bisa bersaing dengan game battle royale lain yang mendadak trending.

Dalam mode ini, sepuluh Trooper akan masuk dalam satu ruangan dan mulai bermain bersama. Tugas sepuluh Trooper ini hanya satu, membunuh semua karakter lain dan bertahan hidup hingga akhir permainan. Kalau karakter mereka terbunuh oleh lawan, mereka tidak akan dihidupkan lagi sampai permainan berakhir.

Point Blank Strike

Mode Survival ini juga memiliki sebuah area yang dinamakan Safe Zone. Seiring dengan berjalannya permainan, Safe Zone akan semakin mengecil. Dan ketika karakter kita enggak berada di dalam lingkup Safe Zone, maka HP yang kita miliki akan terus berkurang sampai akhirnya karakter kita akan mati kehabisan HP.

Dan kamu harus ingat, waspadalah selalu dengan pergerakan musuh. Oh iya, musuh yang ada di Point Blank: Strike bukanlah AI melainkan para pemain-pemain Point Blank: Strike dari seluruh dunia. Kalau ingin jadi pemenangnya, maka bertahan hidup sampai akhir adalah satu-satunya cara.


7. Bullet Strike : Battlegrounds

Bullet Strike: Battlegrounds - alternatif pubg

Tentu saja Bullet Strike: Battlegrounds kurang lebih menggunakan formula gameplay yang sama dengan PUBG. Para pemain akan dikumpulkan ke dalam satu tempat dan harus saling membunuh sampai jadi yang terakhir bertahan hidup.

Demi mencapai tujuan tersebut, kamu sebagai pemain harus sebisa mungkin mengumpulkan persenjataan agar kamu dapat bertahan dari serangan pemain lain.

Game ini dikembangkan oleh developer Horus Entertainment. Pengembang game yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai pengembang baru. Pada laman resminya terlihat bahwa Bullet Strike: Battlegrounds adalah satu-satunya game yang mereka kembangkan belakangan ini.

Seperti halnya PUBG, game ini pun dimainkan secara online! Jadi kamu akan bertarung dengan para pemain lain demi menjadi survivor yang paling terakhir hidup. Lewat laman forum bulletstrike.com, terlihat bahwa kamu dapat bermain sampai dengan 20 orang maksimal di dalam satu room.

Kebayang seberapa serunya pertarungan dalam Bullet Strike: Battlegrounds kan?


8. Black Survival

Black Survival - alternatif pubg

Game ini cocok untuk kamu penggemar manga dan anime, serta ingin mencari game alternatif PUBG.

Kenapa?

Karakter yang akan kamu mainkan di game ini adalah karakter layaknya karakter anime atau manga yang sering kalian tonton atau baca.

Meski tidak dengan setting open world seperti game battle-royale lain, Black Survival memiliki peta yang cukup luas untuk dijelajahi serta termasuk kedalam kategori real time strategic role-playing game (RPG). Cobain dulu baru bisa paham!


9. Free Fire – Battlegrounds

Free Fire - alternatif pubg

Yang berikutnya ini juga menjadi salah satu rekomendasi kami untuk Game Alternatif PUBG yang harus kalian coba. Free Fire Battlegrounds menawarkan keseruan dan ketegangan yang sama dengan game battle-royale pada umumnya.

Kamu akan diterjunkan dari pesawat bersama pemain lainnya dan memilih sendiri tempat pendaratan yang kamu inginkan. Setelahnya, kamu harus mengambil senjata dan segala persediaan yang tersebar di penjuru map untuk bertahan hidup.

Bertahan hidup adalah kunci kemenangan di Free Fire Battlegrounds. Jadi kamu akan ditempatkan di sebuah pulau terpencil bersama 50 gamers lainnya, dan berlomba-lomba untuk mengalahkan satu sama lain. Setiap gamers diharuskan untuk berhasil mendapatkan senjata, bertahan di zona permainan, serta membajak barang-barang gamers lainnya.

Di game Free Fire Battlegrounds ini, para pemain bisa menemukan banyak kendaraan untuk menjelajahi peta, mereka juga bersembunyi di parit, atau bersembunyi di padang rumput. Free Fire Battlegrounds dapat dimainkan dalam beberapa mode, yaitu Mode Solo,  Duo, dan Squad, dimana para pemain bisa membentuk tim beranggotakan empat orang.

Selain itu, nilai plus yang dimiliki game Free Fire Battlegrounds adalah Server lokal yang stabil, sistem kendali dan Hotkey yang mudah, grafik yang halus dan realistis, serta fitur Voice Chat in-game yang memungkinkan 4 orang di dalam tim berkomunikasi dengan baik demi mengamankan kemenangan.


10. Grand Battle Royale

Grand Battle Royale - alternatif pubg

Daaan game terakhir sebagai Rekomendasi Game Alternatif PUBG adalah Grand Battle Royale. Namanya cukup mudah diingat, tidak terlalu populer dikalangan umum, namun bukan berarti game ini tidak seru.

Kalau kamu ingin mencoba sensasi bermain PUBG dengan gaya Minecraft, Grand Battle Royale sangat cocok untuk kamu. Ya tentu, game ini tergolong unik dikarenakan karakter yang ada di dalamnya adalah berbentuk lego.

Tapi jangan salah, karena walaupun tampilannya lucu dan menggemaskan, game ini bisa dikatakan sama menantangnya seperti PUBG lho. Di dalam game ini, pemain bisa dengan leluasa memilih berbagai jenis senjata mulai dari machine gun, assault rifle sampai metal swords.

Dan Itulah 10 Game Alternatif PUBG yang kiranya dapat kamu semua coba mainkan kalau kalian merasa penat dan bosan bermain PUBG.

Sebenarnya selain yang disebutkan diatas, masih banyak game-game bergenre battle royale, namun tentu saja kami mengambil peringkat 10 teratas untuk direkomendasikan ke kamu.

10 pilihan game diatas bisa kamu gunakan sebagai selingan, pelampiasan, atau bahkan sebagai pengganti PUBG, meskipun kami tetap yakin tidak ada game battle royale yang bisa mengalahkan PUBG sampai sekarang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kalian, terutama para pecinta Game battle royale yang sedang mencari game-game baru yang seru untuk dimainkan. Jangan lupa share!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of