Perbandingan Samsung Galaxy S20 vs iPhone 11 Pro

Akhir-akhir ini, jagad teknologi smartphone digemparkan dengan kemunculan dua produk dari dua brand ternama. Tidak lain dan tidak bukan yaitu Samsung vs pesaingnya Apple, dengan produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy S20, dan Apple iPhone 11 Pro.

Kedua produk ini ditawarkan dengan harga yang hampir sama dan penuh dengan fitur eksperimental yang oke banget. Baik Samsung Galaxy S20 dan iPhone 11 Pro memiliki fitur yang sangat mirip, keduanya memiliki layar yang luar biasa, kamera yang fantastis, dan hardware yang cukup powerful.

Lalu, dengan penawaran harga yang hampir sama ini apakah fitur yang ditawarkan juga sepadan? Mari kita buat perbandingan Samsung Galaxy S20 vs iPhone 11 Pro berikut ini.


Design & Display

Design & Display

Dari segi tampilan, Galaxy S20 menggunakan tampilan yang mirip dengan Galaxy S20 Ultra. Walau secara sekilas tampak mirip, ukuran sebenarnya masih lebih kecil dibandingkan S20 Ultra. Tampilan dengan rasio layar 20:9 serta lebar sebesar 6,2 inchi ini membuat Samsung Galaxy S20 terlihat lebih panjang dan lebar dibanding iPhone 11 Pro.

Kedua perangkat ini termasuk ringan serta mudah untuk digenggam. Berat iPhone 11 Pro adalah 188 gram, sedangkan untuk Galaxy S20 lebih ringan dengan beratnya sekitar 163 gram. Kenyamanan menggunakan produk yang lebih ringan atau lebih berat, tentu ditentukan dari penggunanya masing-masing.

Baik Galaxy S20 maupun iPhone 11 Pro telah dilengkapi dengan tema Dark Mode yang keren disertai dengan Blue Light Filter. Galaxy S20 menawarkan fitur Always On Display yang mana ketika smartphone dalam keadaan standby akan menampilkan jam dan pemberitahuan. Sebelumnya, fitur ini dikabarkan akan muncul pada produk-produk iOS namun hingga kini ternyata masih belum terealisasi.

Di atas kertas, layar Galaxy S20 lebih tajam dengan kerapatan pixel per inchi yaitu 566. Sedangkan kerapatan pixel per inchi milik iPhone 11 Pro mencapai 463. Akan tetapi, keduanya bila dilihat langsung telah memiliki layar yang cukup tajam.


Kamera & Audio

Kamera & Audio

Trend saat ini, fasilitas kamera merupakan salah satu hal yang penting dalam produk smartphone. Begitu juga dengan kedua produk ini yang telah memberikan fitur maksimal yang mereka miliki. Meskipun Galaxy S20 bukanlah produk terbaik yang ditawarkan oleh Samsung, kamera yang digunakan cukup bagus. Walau masih terdapat beberapa masalah dengan fokus kamera yang terkadang tidak konsisten. Hal ini menimbulkan sedikit kelemahan pada smartphone dengan harga yang cukup tinggi ini.

iPhone memberikan fitur kamera dengan hasil gambar yang lebih hangat, sedangkan Samsung sebaliknya. Dari segi detail, kamera Samsung bisa lebih tajam dalam mengambil detail gambar sedangkan untuk iPhone cenderung lebih lembut. Ketika berhadapan dengan tingkat pencahayaan yang tinggi, iPhone cenderung menghasilkan gambar yang buram sedangkan untuk Samsung masih mampu stabil dalam mengambil gambar.

Dalam fitur zooming 10 kali, Samsung masih bisa menangkap detail gambar dengan baik dan tidak memperlihatkan pixel gambar, sedangkan untuk iPhone di titik tersebut telah menampakkan pixel gambarnya. Untuk pengambilan objek manusia, pohon maupun pemandangan di siang hari, Samsung masih berfokus pada hasil yang detail dan mendekati realita. Untuk iPhone menghasilkan gambar yang lebih lembut.

Dari segi speaker, kedua perangkat ini telah dilengkapi dengan speaker stereo. Dalam volume tinggi, keduanya masih terdengar bersahabat di telinga. Pengeras suara Samsung terdengar lebih berat, sedangkan untuk iPhone sendiri menyuguhkan suara yang sedikit lebih tinggi dan jelas saat berada di volume tertinggi.


Software & Performance

Software & Performance

Untuk software nya sendiri, tentu Samsung menggunakan Android dan iPhone menggunakan iOS. Kedua perangkat ini telah dilengkapi dengan virtual assistant, Bixby untuk Samsung dan Siri untuk iPhone. Fitur keamanan Samsung dilengkapi dengan fingerprint scanner dan iPhone menggunakan Face ID yang telah dilakukan pembaruan setiap tahunnya.

Galaxy S20 dilengkapi dengan baterai 4000 mAh dan iPhone Pro 11 dilengkapi dengan baterai 3046 mAh. Keduanya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Meskipun begitu, jika digunakan terus menerus, multitask dan program yang berat, tetap memakan daya baterai yang cukup banyak dan butuh untuk segera discharge. Waktu charging daro 0% hingga 100% Samsung yaitu selama 65 menit, sedangkan iPhone membutuhkan waktu 105 menit.

Keduanya memang mengusung berbagai fitur eksperimental yang cukup apik, tidak hanya mengandalkan desain namun membawa spesifikasi yang mumpuni untuk melakukan berbagai multitasking. Setelah melihat perbedaan antara keduanya, sekarang mana yang kamu pilih? Samsung Galaxy S20 atau iPhone 11 Pro?

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Boleh komentar.... Bebas!x
()
x