Rekomendasi Layanan Short URL Terbaik

Alamat sebuah website seringkali panjang ataupun terlalu banyak kombinasi huruf maupun angka cukup membuat pusing saat harus mengingat-ingat. Nah untuk mengantisipasinya kamu bisa menggunakan beberapa pilihan layanan short url terbaik supaya alamat web menjadi lebih singkat dan mudah diingat.

Short URL adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat alamat web lebih singkat dan mudah diingat. Layanan short URL seringkali digunakan untuk tujuan promosi maupun memudahkan pengguna untuk mengakses sebuah halaman website.

Di sisi lain, penggunaan Short URL lebih menarik dibandingkan dengan URL yang panjang. Untuk memudahkanmu, berikut ini Ruang Laptop akan memberikan rekomendasi layanan Short URL terbaik yang bisa kamu gunakan.


1. Bitly

bitly

Salah satu layanan Short URL yang banyak digunakan di dunia adalah Bitly. Bitly memungkinkan pengguna untuk membuat alamat/URL yang lebih pendek tanpa membutuhkan akun khusus untuk menggunakannya. Terlebih lagi, Bitly dapat digunakan dengan gratis. Sedangkan jika ingin membuat domain sendiri, bisa dengan fitur berbayar sebesar $29 setiap bulannya.

Bitly memberikan beragam fasilitas. Dengan menggunakan Bitly, pengguna juga bisa mengubah-ubah atau membuat beberapa short URL sesuai dengan keinginan. Di sisi lain, Bitly dapat digunakan untuk memantau aktivitas dari Short Link yang telah dibuat, seperti jumlah dan lokasi orang yang mengunjungi URL tersebut. Setiap Short URL yang dibuat telah dilengkapi dengan sistem enkripsi dari HTTP, sehingga URL dapat dipastikan tetap aman untuk diakses serta tidak khawatir apabila ada data-data pribadi yang diambil.


2. TinyURL

tinyurl

TinyURL merupakan layanan Short URL yang telah dikenal dalam waktu yang cukup lama. Cara yang dibutuhkan cukup sederhana. Hanya dengan memasukkan URL yang ingin dipendekkan dan muncullah Short URL yang diinginkan. Alamat yang dimasukkan ke dalam TinyURL tidak akan pernah kadaluarsa. Sehingga tidak perlu khawatir jika nantinya masih membutuhkan, link tersebut masih bisa diakses.


3. Shorby

shorby

Untuk layanan Short URL yang satu ini sudah terkenal penggunaannya pada para pemilik akun Instagram. Kebanyakan mereka meletakkan link Shorby mereka pada bagian bio. Layanan Shorby gratis atau dengan membayar sebesar $9 per bulan.

Shorby memberikan fasilitas berupa analisa data terhadap link yang telah dibuat. Selain itu, Shorby juga memungkinkan adanya beberapa layanan pesan, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Skype, telepon pribadi dan lain sebagainya. Shorby juga mengizinkan para pengguna untuk membuat domain mereka sendiri.


4. Rebrandly

rebrandly

Dalam bidang bisnis, bisa dijumpai layanan Short URL yang sering digunakan yaitu Rebrandly. Dengan menggunakan Rebrandly, para pelaku bisnis bisa mulai mengatur domain alamat website mereka sendiri. Terdapat layanan gratis dan premium dengan tariff $29/bulan.

Fasilitas yang diberikan oleh Rebrandly di antaranya yaitu pengelolaan link yang dapat membuat pengalihan website dengan cepat, adanya QR Codes dan URL sesuai keinginan. Ada juga fasilitas traffic routing, yang mampu memantau kondisi ‘lalu lintas’ website orang-orang yang berkunjung. Terdapat fasilitas analisa terhadap website yang memungkinkan pelaporan kondisi website serta bisa menemukan cara untuk mengembangkan website perusahaan.


5. TinyCC

tinycc

Layanan Short URL yang selanjutnnya yaitu TinyCC. Untuk membuat short URL pada laman ini, tidak memerlukan akun khusus. Di sini juga terdapat informasi tentang jumlah dan lokasi orang-orang yang mengakses, mengedit atau menghapus URL, mengelola URL, dan juga melihat seluruh riwayat tautan.

Terdapat fasilitas QRCode yang bisa digunakan. TinyCC dapat diakses dengan gratis. Namun, untuk fitur premium dengan custom domain, laporan geolokasi hingga beberapa pengguna, diberikan tariff $5 setiap bulan.

Nah, itu tadi beberapa layanan Short URL terbaik. Ada kelebihan dan kekurangan dari masing masing layanan, kamu bisa mencobanya satu persatu untuk mencari mana yang cocok untukmu. Silahkan mencoba ya

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan praktisi SEO, dengan spesialisasi di sektor teknologi dan game.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x