Review Lenovo Ideapad Flex 3i Chromebook (2020)

Dengan layar laptop yang mampu diputar hingga 360 derajat, Lenovo IdeaPad Flex 3i Chromebook menjadi bukti bahwa Chromebook 2-in-1 sudah mampu dirancang dengan apik tanpa harus dibandrol harga mahal.

Flex 3i memiliki eksterior logam berwarna almond yang sangat menawan, battery life yang terpasang pun dapat bertahan lama dan juga ditambah dengan slot penyimpanan tambahan memori yang dapat diisi hingga 64GB. Satu satunya yang menjadi pertimbangan dalam membeli laptop ini adalah kualitas layar yang kurang.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut spesifikasi dan review lengkap Lenovo Ideapad Flex 3i Chromebook (2020).

Spesifikasi:

  • CPU: 1.1GHz Intel Celeron N4020 (dual-core, 4MB cache, up to 2.8GHz Burst)
  • Grafik: Intel UHD Graphics 600
  • RAM: 4GB DDR4 (up to 8GB)
  • Layar: 11-inch IPS touchscreen, 1,366 x 768 pixels
  • Penyimpanan: 64GB eMMC SSD (up to 128GB)
  • Port: 2x USB-C with charging, 2x USB-A 3.1 Gen1, microSD
  • Konektivitas: 802.11AC (2 x 2) WiFi, Bluetooth® 4.2
  • Kamera: 720p webcam
  • Berat: 2.64 pounds (1.2kg)
  • Dimensi: 0.7 x 11.41 x 8.18 inches (17.8 x 290 x 207.8mm)

Desain

lenovo flex 3 chromebook tetutup

Sebagai laptop 2-in-1, Flex 3i dapat digunakan sebagai laptop konvensional, atau juga kamu bisa menggunakannya dengan cara menyangga layar dengan keyboard yang sudah dilipat, bahkan laptop ini pun bisa kamu gunakan sebagai tablet dengan cara melipat sisi keyboard sepenuhnya ke bawah layar.

Layar pada laptop flex 3i ini telah dilengkapi dengan fitur touchscreen, karena itu Google memberikan lebih perhatian tehadap laptop ini agar pengalaman mu dalam berselancar internet terasa lebih nyaman.

Laptop yang didesain dengan sangat apik ini memberikan kesan mahal. Engsel dan chasis laptop ini kokoh, sehingga saat kamu tidak perlu kuatir engselnya rusak kalau sering buka tutup. Meskipun dibandrol dengan harga cuma 4 jutaan, lenovo mengecat lapisan logam dengan warna almond yang cantik dan membuat laptop ini terlihat menonjol diantara laptop sekelasnya.

Flex 3i tidak hanya fokus di desain eksteriornya saja, laptop ini juga turut memerhatikan beberapa aspek lainnya seperti berat dan ukuran . Flex 3 memiliki ukuran 0,7 x 11,4 x 8,2 inci (HWD) dan berat hanya 1,2 kg. Dimensi dan bobot yang membuatnya kompetitif dengan laptop ultraportable 13 inci yang harganya lebih mahal.


Layar, Keyboard dan Konektivitas

lenovo flex 3 chromebook depan

Sayangnya, kalau kamu berpikir Lenovo memiliki kelebihan lain dan dapat meramu berbagai macam inovasi teknologi dalam satu wadah, coba pikir lagi. Layar yang ditawarkan oleh Flex 3i adalah layar HD 11,6 inci dengan kualitas sedikit sempit dan juga redup. Kamu memang medapatkan keunggulan touchscreen, tetapi dengan kecerahan hanya 250 nits dan resolusi di bawah 1080p (full HD). Ini adalah salah satu kekurangan terbesar pada Flex 3i.

Layar Flex 3i ini diapit dengan bingkai hitam atau bezel yang sayangnya berukuran besar. Lenovo seperti sedang memberikan kesan laptop keluaran tahun 2000 pada laptop ini, karena pada umumnya di tahun ini kebanyakan laptop yang mengeluarkan serinya terbaru memiiki layar dengan bazel yang tipis, sehingga layar dapat terlihat lebih luas.

Pada bagian atas batas laptop, kamu akan menemukan webcam dengan kualitas 720p yang tajam dalam kondisi pencahayaan yang baik, karena cocok dengan resolusi layar. Webcam ini cukup baik untuk meeting zoom, meskipun tidak ada yang spesial dari kualitas gambarnya

Tepi Flex 3i adalah bukti dari laptop pintar zaman sekarang, karena laptop Ini menempatkan tombol power nya di tepi kanan yang memisah dengan tombol keyboard lainnya. Alasannya dibuat seperti itu adalah agar tombol daya tidak tertekan saat laptop diletakkan menghadap ke bawah di atas meja.

Bahkan ada volume rocker di tepi kanan, dan Lenovo telah mengganti tombol daya Chromebook tradisional di kanan atas dengan kunci yang mengunci layar.

ideapad flex 3 port kanan

Flex 3i juga memiliki banyak port input dan output. Kamu mendapatkan dua port USB-C dan dua port USB 3.1 Gen 1 Tipe-A, berguna untuk menghubungkan thumb drive dan keyboard eksternal. Bahkan ada pembaca kartu microSD untuk kamu yang butuh penyimpanan ekstra. karena sebagian besar Chromebook memiliki drive internal yang kecil.

Ada juga soket headphone dan wadah untuk physical lock untuk mencegah seseorang mencuri laptopmu.

Berkat keycaps yang cukup kokoh, kualitas keyboard juga di atas rata-rata untuk laptop minim budget. Selain kunci kunci yang disebutkan di atas, Flex 3i menggunakan tata letak Chromebook biasa, yang sedikit berbeda dari yang ditemukan di PC Windows dan Mac. Ada tombol Ctrl dan Alt ekstra besar sebagai pengganti tombol Windows atau Command, dan top function row berisi tombol khusus untuk menavigasi bolak-balik antar halaman di browser web Chrome.

ideapad flex 3 port kiri

Respon touchpad di laptop ini oke, kami tidak menemukan problem atau kendala.

Sementara itu, koneksi nirkabelnya mencakup Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth 4.2. Tidak ada dukungan untuk nirkabel Wi-Fi 6 (802.11ax) terbaru. Lenovo mendukung Flex 3i Chromebook dengan memberikan garansi satu tahun untuk suku cadang dan tenaga kerja.

Lihat juga: Laptop 3 jutaan terbaik di 2020


Performa

lenovo flex 3 chromebook tenda

Kinerja Flex 3i sesuai dengan harapan kami sebagai Chromebook. Selain penyimpanan flash 64GB, Lenovo menyertakan prosesor Intel Celeron N4020 dengan UHD Graphics 600 terintegrasi dan memori sistem 4GB (tentunya tidak bisa editing apalagi main game).

Chromebook tidak memerlukan banyak tenaga computing horsepower, karena hanya ada sedikit aplikasi yang tersedia untuk OS Chrome. Sistem pada chromebook ini juga melakukan booting dengan cepat, hanya memakan waktu kurang lebih 10 detik seperti laptop SSD pada umumnya.


Kesimpulan

Kelebihan utama Flex 3i adalah kualitas build di atas rata-rata, gaya menarik, dan harga yang bersahabat dengan dompet. Dengan berbagai macam port, laptop ini juga menarik bagi orang-orang yang berencana menambah kapasitas penyimpanan, atau ingin menghubungkan keyboard dan mouse eksternal. Engselnya yang 360 derajat pun semakin jadi nilai plus karena laptop ini jadi bisa digunakan di berbagai posisi.

Kelemahan utama Flex 3i adalah layarnya yang sempit, redup, dan beresolusi rendah, yang membuatnya berada pada peringkat yang sedikit rendah di mata pecinta laptop 2-in-1. Saran kami, beli laptop ini tapi sambngkan ke layar yang lebih besar (kalau punya).

Kredit: PCMag, Techradar

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
2 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
2
0
Ikut berkomentarx
()
x