6 Mesin Pencari Selain Google (yang lebih aman)

Mesin pencarian besar seperti Google, Bing, dan Yahoo memang membantu mencarikan informasi dengan cepat sekaligus mempermudah mengakses internet. Namun, tak bisa dihindari bahwa banyak platform mesin pencarian yang tidak menghargai privasi, dan melacak segala pergerakan pengunjungnya.

Data-data penting, termasuk alamat IP, riwayat pencarian, dan interaksi yang terjadi di ruang siber akan dapat dengan mudah dikoleksi oleh pengelola platform mesin pencarian. Semua data itu akan dijadikan sebagai peta pengguna atau rangkuman perilaku pengguna saat mengakses internet, dan berujung dijual ke perusahaan pihak ketiga untuk mengeruk keuntungan.

Untuk kamu yang memprioritaskan privasi saat berselancar di internet, nyatanya tersedia beberapa platform mesin pencari selain Google yang menghargai privasi, dan menawarkan browsing tanpa perekaman data pengguna. Berikut ini tersaji 6 daftar mesin pencarian privat terbaik yang bisa kamu coba:


1. DuckDuckGo

DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan mesin pencari privat yang mampu mengumpulkan beragam hasil lebih dari 400 sumber, termasuk Yahoo, Bing, dan Wikipedia.

Disajikan dengan interface yang sangat mirip dengan Google dan mesin pencarian populer lainnya, DuckDuckGo memudahkan pengguna menjelajah website dan mencari gambar, video, peta, atau jenis pencarian lainnya secara mudah dan nyaman.

Tak heran search engine alternatif Google ini sangatlah populer, bahkan memiliki pengunjung harian mencapai 14 juta.

Jika dibandingkan dengan mesin pencarian privat lain, salah satu yang paling menonjol dari DuckDuckGo adalah sistemnya yang secara terang-terangan menyatakan penggunaan alamat IP untuk memberikan hasil yang lokal.

Walaupun alamat IP pengguna tersebut tetap tidak disimpan, melainkan digunakan untuk mengidentifikasi alamat perkiraan dan selanjutnya akan segera dihapus.


2. Startpage

startpage

Startpage bekerja sebagai ‘pengambil data’ dari Google dan menyalurkannya pada pengguna tanpa terlacak. Layanan ini sama sekali tidak merekam informasi umum pengguna, termasuk riwayat pencarian dan login. Untuk tampilan interface-nya, Startpage sangat mirip dengan Google, selain tentu saja memiliki opsi yang lebih terbatas.

Disebut sebagai mesin pencarian privat terdepan, baru-baru ini, bahkan Startpage dinobatkan sebagai mesin pencarian terbaik, mengalahkan Google.

Mesin pencarian ini menjadi salah satu yang paling privat dan paling dahulu muncul di dunia. Dengan berkantor pusat di Belanda, semua pengguna Startpage akan dilindungi oleh hukum privasi Uni Eropa dan Belanda, yang mana merupakan salah satu yang paling ketat di dunia.


3. Swisscows

Swisscows

SwissCows adalah search engine privat dengan tagline “We do not collect any of our visitor’s personal information. None whatsoever”. Ia tidak merekam informasi apapun, termasuk alamat IP, informasi pengguna, ataupun informasi perangkat. Bahkan hingga topik yang kamu cari pun tak direkam ataupun dianalisa.

Secara umum, hasil pencarian Swisscows kebanyakan diperoleh dari Big dengan menggunakan teknologi sematik guna menentukan hasil terbaik bagi pengguna. Mesin pencarian privat ini sangat tepat digunakan untuk keluarga karena ramah anak dan tersaring dari konten kekerasan ataupun pornografi.

Swisscows dikenal sebagai mesin pencarian privat yang independen, dengan menggunakan server miliknya sendiri dan sama sekali tidak bergantung pada sarana pihak ketiga. DataCenter-nya diletakkan di bawah Alpen Swiss, dan dilindungi hukum data dan privasi Swiss yang ketat.

Untuk pendanaannya, perusahaan ini bergantung pada donasi pengguna dan pebisnis yang tak mengharapkan iklan pada hasil pencariannya.


4. MetaGer

MetaGer

MetaGer bermarkas di German dan dikelola oleh organisasi non-profit bernama SuMa-eV. MetaGer juga merupakan salah satu search engine private terbaik yang mampu menggabungkan pencarian dari berbagai sumber, termasuk Yahoo dan Bing.

MetaGer tersedia dalam beberapa jenis bahasa, termasuk Inggris, Jerman, dan Spanyol. Dan seperti jenis mesin pencarian privat lainnya, MetaGer juga tak merekam informasi penggunanya walaupun alamat IP akan terekam selama 96 jam atau 4 hari.

Perusahaan ini memperoleh pendapatan dari donasi, biaya anggota, dan iklan non-target pada hasil pencarian.


5. Searx

Searx

Secara teknis, Searx.me merupakan mesin pencarian yang menggabungkan hasil dari mesin pencarian populer dan mengombinasikannya. Seperti Startpage, Searx juga menghapus data teridentifikasi sehingga terlacak sebagai anonim.

Dikelola oleh open-source software, mesin pencarian ini juga merupakan salah satu perusahaan non-profit sehingga kamu tidak akan menjumpai iklan pada hasil pencarian teratas. Namun demikian akan terdapat tautan donasi yang dapat digunakan untuk mendukung layanan dari Searx.

Ketika masuk ke halaman utama Searx, mungkin kamu akan bingung dengan user interface nya sambil bertanya “mana kolom pencariannya?”. Di Searx, kamu harus masuk ke Public instances, lalu pilih hasil teratas, barulah kemudian kamu mendapat halaman search engine dengan kolom pencarian.


6. Mojeek

Mojeek

Tak seperti mesin pencarian private lain yang masih bergantung pada platform mesin pencarian lain seperti Google dan Bing, Mojeek menggunakan crawler eksklusif sehingga memudahkan pengguna yang berupaya menghindari platform-platform pencarian populer.

Namun demikian, karena sumbernya yang cenderung terbatas, maka hasil pencarian yang ditampilkan pun tidak akan selengkap ataupun bervariasi seperti search engine private lainnya.

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia dengan lebih dari 4 tahun pengalaman di dunia content marketing.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x