5 Hal Vital Yang Sering Dilupakan Pemain PUBG Mobile!

PlayerUnknown’s Battlegrounds atau PUBG sudah sangat populer di berbagai platform, mulai dari PC sampai Mobile. Simulasi perang ini telah didownload di Play Store sebanyak lebih dari 50 juta kali per Juli 2018. Meskipun begitu, masih banyak saja pemain yang lupa hal-hal vital seperti mengaktifkan giroskop, arah terjun yang salah, dan lain lain.

Untuk kalian yang baru memainkan game ini, PUBG (sebut saja PAPJI) adalah game Battle Royale dimana kamu bersama 100 pemain lainnya akan diterjunkan di pulau kosong, berusaha bertahan hidup dan menjadi satu satunya pemain yang tersisa.

Sebagai pemula, wajar kalau kamu kesulitan mendapat chicken dinner. Tapi herannya, pemain lama masih banyak juga yang melakukan kesalahan-kesalahan dasar.

Penasaran apa aja hal penting yang seringkali dilupakan di salah satu game perang android terbaik ini? Baca sampai habis!


5 Hal Vital Yang Sering Dilupakan di PUBG Mobile

Dari yang paling umum:

1. Aktifkan giroskop

giroskop pubg mobile

Entah kenapa banyak pemain PUBG Mobile yang melewatkan settingan ini seperti seorang newbie.

Dengan mengaktifkan settingan giroskop, kamu bisa mengatur bidikan tanpa menyentuh layar. Untuk mengaktifkannya, klik setting, scroll kebawah, lalu aktifkan giroskop ke ‘Always On’ atau ‘Scope On’

Kok bisa? Setiap smartphone modern sudah punya giroskop didalamnya, maka yang perlu kamu lakukan untuk membidik dengan tepat hanyalah menggerakkan hp kamu. Tidak perlu lagi berhenti sebelum menembak.

Kalau kamu memilih ‘Always On’, maka arah pandangan karakter kamu akan selalu bergerak menyesuaikan pergerakan smartphone mu, baik ketika sedang lari, jongkok, maupun membidik. Lain halnya dengan pilihan ‘Scope On’. Dengan memilih ‘Scope On’, maka giroskop hanya akan berpengaruh ketika kamu sedang membidik.

Setiap orang punya preferensi masing masing, tapi disini kami selalu menggunakan pilihan ‘Always On’ supaya bisa merubah arah pandangan kalau mendadak ada musuh.

Untuk pengaturan sensitifitas giroskop, kamu bisa pilih tab ‘Sensitivity’ di bagian kanan layar, lalu akan ada settingan seperti berikut ini:

Pengaturan sensitifitas giroskop di PUBG

Slider-slider diatas menggambarkan seberapa sensitif giroskop di setiap situasi yang berbeda.

Misalnya kalau kamu mau membuat giroskop lebih sensitif saat menggunakan scope 8x, maka geser slider ‘8x Scope’ ke kanan. Kalau kamu mau mengurangi sensitifitas giroskop di mode 1st person dan tanpa scope, geser ‘1st Person No Scope’ ke kiri.

Giroskop di PUBG paling berguna saat sedang sniping, karena pergeseran bidikan yang halus akan lebih mudah dilakukan dengan menggerakkan ponsel ketimbang menggesek layar.

Nah untuk yang belum paham, giroskop adalah sensor yang dipasang didalam smartphone dan bisa mendeteksi perubahan kemiringan hp. Setiap kali kamu memiringkan hp ke arah manapun, giroskop bisa mendeteksinya.

Giroskop inilah yang berperan untuk mengetahui kalau hp dibuat posisi ‘tiduran’, sehingga layar akan ber-rotasi jadi tampilan landscape. Di pubg, giroskop mendeteksi perubahan kemiringan hp dan menggerakkan bidikan sesuai kemiringan.

Lihat: 6 HP gaming dengan harga terjangkau


2. Terjun ke belakang

pubg miramar parachute

Sampai artikel ini diterbitkan, masih banyak orang yang lupa kalau terjun itu bisa kearah belakang.

Sebagian besar pemain di PUBG Mobile terjun kearah samping. Nah kalau kamu menemukan spot bagus dan posisinya di belakang pesawat, segera terjun sesegera mungkin dan dijamin hanya sedikit pemain yang akan kamu temui.

Kalau sudah coba cara ini tapi masih kalah terus, mungkin memang kamu-nya saja yang cupu. Pertimbangkan untuk beralih profesi ke game battle-royale alternatif PUBG lainnya.


3. Ini game survival

pubg mobile erangel

Chicken Dinner bukan tentang kill ataupun stat lainnya. Chicken Dinner adalah bertahan hidup. Meskipun itu berarti kamu hanya membunuh satu lawan terakhir, atau bahkan tidak kill sama sekali (lawan mati kena blue zone), menang tetaplah menang.

Masih banyak sekali pemain yang grasa grusu bergerak pindah sana sini, tembak sana sini tanpa mempertimbangkan efeknya. Kalau kamu main asal tembak semua musuh meskipun tidak yakin bisa kill, kemungkinan besar kamu hanya membocorkan lokasimu.

Kenapa ini vital? Karena kami sering chicken dinner hanya dengan mindset bertahan hidup. Biarkan pemain lain saling bunuh, kamu bisa santai sambil memperhatikan situasi, dan masuk 10 besar dengan mudah.

Kalau kamu sedang ditembaki tapi belum tahu dimana posisi lawan, lakukan ini: lompat, lari sambil bergerak ke segala arah, dan cari posisi lawan. Setelah posisi lawan sudah ketemu, barulah kamu boleh cari tempat nyumput dan nongkrong disitu.

Baca juga: 25 game android dibawah 10 MB


4. Tembak semua mobil

Ada mobil nganggur dan tidak akan kamu gunakan? Tembak bannya sampai kempes, atau ledakkan sekalian. Ini berguna supaya lawan bisa menggunakannya, sehingga menyulitkan permainan mereka.

Kalau ada musuh yang sedang berkendara, tembak dan bombardir dengan peluru. Meskipun tidak bisa dapat headshot, kamu tinggal tembak kendaraannya sampai meledak.

Kalau sedang bermain squad dan ada segerombol musuh didekat kendaraan yang parkir, tembak ban dan ledakkan kendaraannya. Ini akan membuat mereka tidak bisa kabur (karena ban rusak) dan tewas dari ledakan mobil.

Ini sangat efektif untuk membantai lawan yang sedang mengambil supply box dengan mobil.


5. Ambil banyak granat asap

pubg mobile smoke grenade

Kamu tidak akan sadar betapa pentingnya benda ini, sebelum benar benar membutuhkan.

Granat asap sangat berguna ditengah baku tembak. kamu bisa membuat perlindungan ditengah area terbuka, dan bisa revive teman satu tim yang knock-out dengan membuat perlindungan bom asap terlebih dahulu.

Di akhir game, bom asap ini bisa sangat membuat musuh kamu bingung dengan posisi kamu. Bom ini bisa digunakan untuk mengelabui musuh: lembar ke beberapa spot, dan lawan pasti kebingungan dengan posisi kamu yang sebenarnya.

Cek juga: 10 Game Mencari Benda Tersembunyi Terbaik di Android


6. Gunakan item dengan cermat

Jangan gunakan barang kamu sembarangan. Misalnya, pastikan setiap saat kamu masih punya First Aid Kit dan Bandage.

Kenapa?

Ditengah baku tembak, kamu harus menentukan jenis obat-obatan mana yang akan digunakan. Kalau kamu sedang berada di baku tembak sengit dengan jarak lawan yang sangat dekat, sebaiknya gunakan bandage karena waktu yang dibutuhkan lebih singkat per pemakaiannya, sehingga tidak beresiko disamper lawan dengan kondisi tidak siap (atau dilempar granat dan langsung mati).

Begitu pula dengan situasi baku tembak yang lain, misalnya jarak jauh dengan cover yang aman. kamu bisa gunakan Med Kit untuk langsung mengembalikan darah ke 100%. Tidak perlu khawatir akan waktu penggunaan yang lama karena cover kamu aman, dan jarak lawan juga jauh.

Banyak sekali situasi yang berbeda, dan itu menentukan bagaimana pemakaian barang yang semestinya.

Untuk scope, jelas kamu harus menentukan senjata mana yang butuh scope besar dan kecil. Bolt-action sniper rifle perlu scope besar seperti 4x atau 8x. Sebaliknya, SMG harus dipasang scope kecil (2x atau 3x).

pubg mobile sniping

Ingat dengan gaya gravitasi dan kecepatan? Nah peluru hasil tembakan si SMG ini punya power kecil dan kecepatan yang lambat, oleh karena itu, di jarak yang jauh pelurunya akan jatuh (karena gravitasi) dan perlu waktu lebih lama untuk mencapai target ketimbang peluru sniper.

Itu tadi beberapa hal penting yang seringkali dilupakan para pemain PUBG Mobile dalam perjalanan menuju kejayaan. Selamat mencoba, semoga Chicken Dinner, dan tolong share artikel ini!

2
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
deni oktaviano
Guest
deni oktaviano

makasih admin artikelnya sangat membantu