Cara Membuat Stiker di WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu platform chatting yang paling terkenal di dunia saat ini. Hampir semua orang dari semua golongan umur hingga semua status sosial menggunakan WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi.

Tidak mengherankan karena memang WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang cukup ringan, responsif, serta memiliki keamanan yang harus kami amat lah baik.

Menariknya WhatsApp justru baru menambahkan fitur stiker dalam aplikasi milik mereka. Padahal penambahan stiker sendiri merupakan salah satu fitur yang sudah ada di aplikasi chatting lainnya sejak dulu.

Lebih jauh lagi hal yang membuat WhatsApp semakin menarik adalah kebebasan bagi penggunanya untuk membuat stiker sendiri di dalam aplikasinya. Bagaimana sebenarnya cara membuat stiker di WhatsApp? Ini dia!


Cara Membuat Stiker WhatsApp di Android

sticker maker

Pertama-tama kami akan menjelaskan Bagaimana cara membuat stiker di WhatsApp dengan menggunakan ponsel berbasis Android. Sebenarnya untuk membuat stiker WhatsApp sendiri kamu harus mengunduh aplikasi tertentu. Aplikasi pembuat stiker ini ada banyak macamnya dengan masing-masing memiliki keunggulan serta kekurangannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Salah satu aplikasi pembuat stiker di WhatsApp yang kami rekomendasikan adalah sticker maker.
  2. Buka aplikasi sticker maker.
  3. Di dalam aplikasi tersebut, klik pilihan create a new stickerpack.
  4. Di dalam email tersebut kamu bisa menambahkan judul dari pack stiker yang kamu buat serta nama pembuat stiker tersebut. Silahkan tambahkan namamu sebagai nama pembuat apabila kamu ingin menyebarkan stiker itu secara luas.
  5. Setelah itu kamu akan masuk ke dalam menu pembuatan stiker yang terdiri atas 30 blok-blok kecil. Kamu bisa menekan masing-masing blok untuk membuat stiker satu persatu sesuai dengan keinginanmu.
  6. Untuk bisa menambahkan stikermu sendiri kamu bisa mengambil gambar secara langsung dengan menggunakan kamera ponsel, atau mengambil file di dalam galeri yang ada di dalam ponselmu.
  7. Jangan lupa untuk menghapus background foto dengan cara melakukan cutting sticker secara manual. Dengan cara ini biasanya stiker akan tampak berantakan. Opsi lain adalah menggunakan aplikasi background eraser sebelum memilih gambar di aplikasi sticker maker, sehingga tidak perlu cutting stiker manual.
  8. Setelah kamu puas dengan stiker yang kamu buat, langsung klik pilihan Yes, save stiker.
  9. Setelah itu kamu bisa melanjutkan untuk membuat stiker stiker lainnya sesuai dengan ide yang kamu punya. Buatlah stiker WhatsApp sebanyak dan sekreatif mungkin sehingga kamu bisa menggunakannya secara luas.
  10. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebutm, kamu harus klik pilihan add to WhatsApp yang nantinya akan diikuti dengan pesan konfirmasi bahwa stiker tersebut sudah dimasukkan ke WhatsApp.
  11. Apabila kamu sudah puas membuat seluruh paket stiker yang ada maka kamu bisa menutup aplikasi tersebut.
  12. Setelah itu kamu bisa langsung membuka aplikasi WhatsApp dan langsung pilih stiker di dalam paket stiker yang telah kamu buat sebelumnya.

Meski cara diatas cukup panjang, tapi percayalah 12 langkah diatas merupakan cara terpendek yang bisa kamu lakukan untuk membuat stiker di dalam WhatsApp.

Memang ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat stiker WhatsApp, namun kemungkinan besar kamu tidak dapat membuat stiker yang rapi, atau malah lebih ribet dari yang kami bagikan diatas.


Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone dan iPad

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat stiker WhatsApp menggunakan iPhone yang kamu punya. Cara pertama adalah cara manual yang sama persis dengan langkah-langkah membuat stiker di WhatsApp menggunakan ponsel Android.

Adapun langkah-langkah membuat stiker WhatsApp menggunakan iPhone secara manual adalah sebagai berikut:

  1. Download sticker maker dan buka aplikasi.
  2. Klik pilihan create a new stickerpack.
  3. Tambahkan judul dari pack stiker yang kamu buat serta nama pembuat stiker tersebut. Silahkan tambahkan namamu sebagai nama pembuat.
  4. Kamu akan masuk ke dalam menu pembuatan stiker yang terdiri atas 30 blok kecil. Tekan masing-masing blok untuk membuat stiker satu persatu sesuai dengan keinginanmu.
  5. Untuk menambah stiker sendiri, ambil gambar menggunakan kamera ponsel atau ambil file di galeri.
  6. Selain itu jangan lupa untuk menghapus latar belakang dengan cara melakukan cutting sticker secara manual. Dengan cara ini biasanya tikar yang dibuat akan tampak tidak rapi,  akan tetapi kami punya solusinya yaitu menggunakan aplikasi background eraser sebelum memilih foto di aplikasi sticker maker, dengan begitu kamu tidak perlu cutting manual.
  7. Setelah puas dengan stiker yang kamu buat, langsung klik pilihan Yes, save stiker.
  8. Lanjutkan membuat stiker stiker lainnya sesuai dengan ide yang kamu punya.
  9. Klik pilihan add to WhatsApp yang nantinya akan diikuti dengan pesan konfirmasi bahwa stiker tersebut sudah dimasukkan ke dalam aplikasi WhatsApp.
  10. Kalau sudah puas membuat seluruh paket stiker yang ada, tutup aplikasi tersebut.
  11. Langsung membuka aplikasi WhatsApp, dan pilih stiker di dalam paket stiker yang telah kamu buat tadi.

Nah menariknya ada satu aplikasi praktis yang bisa digunakan, eksklusif bagi kamu yang menggunakan ponsel berbasis iOS iPhone. Aplikasi tersebut adalah Bazaart.

bazaart

Adapun langkah-langkah bisa kamu lakukan untuk membuat stiker WhatsApp dengan menggunakan aplikasi Bazaart adalah sebagai berikut:

  1. Download Bazaart di App Store secara gratis. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini memang aplikasi gratis namun ada beberapa fitur menarik yang harus dibuka dengan cara membayar jadi sayang sekali ya.
  2. Langsung membuka aplikasi ini dan langsung klik pilihan Start new ataupun Open photo.
  3. Dengan aplikasi ini kamu bisa langsung ngirim foto-foto ataupun mengambil gambar secara langsung menggunakan ponsel dari iphone-mu untuk dijadikan stiker.
  4. Bila dengan aplikasi yang ada di Android kamu harus melakukan cutting manual, aplikasi ini memberikan pengalaman berbeda karena akan memproses stiker tersebut secara otomatis yang tentu saja secara praktis serta cepat.
  5. Kalau sudah puas dengan stiker yang kamu buat, langsung memasukkan stiker stiker tersebut ke dalam aplikasi WhatsApp dengan cara klik pilihan Add to WhatsApp.
  6. Buka WhatsApp dan langsung pilih stiker di dalam paket stiker yang telah kamu buat sebelumnya.

Memang aplikasi ini eksklusif hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang menggunakan ponsel berbasis iOS alias iPhone. Meski beberapa fitur berbayar Kami tetap merekomendasikan aplikasi ini ya.


Penutup

Fitur pembuatan stiker personal ini merupakan salah satu fitur yang menurut kami menarik namun memiliki beberapa kekurangan. Fitur menarik ini seringkali disalah gunakan oleh oknum oknum tidak bertanggung jawab.

Jujur saja, saat ini menurut kami pengamanan WhatsApp terhadap fitur pembuatan stiker personal ini belum cukup ketat. Sehingga kemudian banyak orang-orang yang membuat stiker stiker yang tidak pantas dengan gambar-gambar yang tidak senonoh.

Kami sendiri berkesan bagi kamu yang ingin membuat stiker personal lakukanlah secara bertanggung jawab dan tidak melanggar hukum ya!

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments