59 Fakta dan Info Penting Seputar WhatsApp (FAQ)

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini karena memang WhatsApp tergolong sebagai sangat mudah dioperasikan oleh orang dari semua kalangan.

WhatsApp sendiri memiliki profil pengguna yang cukup unik, yakni kebanyakan kalangan pekerja yang berusia relatif lebih tua dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya yang beredar.

Meski demikian, kami yakin ada sangat banyak orang-orang yang baru pertama kali menggunakan WhatsApp, terutama yang masih berusia muda dan termasuk ke dalam golongan pelajar.

Oleh karena itulah kami membuat beberapa rangkuman pertanyaan dan hal-hal teknis yang sering ditanyakan terkait WhatsApp, ini dia!

1. Apa saja perubahan kebijakan WhatsApp terkait COVID-19?

Salah satu perubahan mendasar yang dilakukan oleh pihak WhatsApp adalah batasan melakukan forward pesan yang masuk ke dalam Messenger. WhatsApp sendiri menentukan batasan maksimal, dimana kamu hanya bisa melakukan share ke satu kontak dalam satu waktu saja.

Selain itu pihak Whatsapp juga membuat peraturan di mana kamu hanya bisa mengirimkan satu pesan maksimal 5 kali pindah kontak saja atau five chains of message. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perlindungan WhatsApp terhadap penyebaran informasi-informasi yang berpotensi menjadi hoax.

Salah satu fitur canggih yang membuat kami menyukai WhatsApp adalah mereka memiliki tracker dimana kamu bisa mengetahui sudah berapa kali sebuah pesan (yang kamu terima tersebut) di-forward.

Akan tetapi demi menjaga privasi mu dan orang yang saling berkirim pesan tersebut, pihak WhatsApp sendiri tidak bisa mengakses informasi ini, terlebih lagi mengenai apa isi pesan yang disebarkan tersebut.

2. Apa sistem operasi yang didukung WhatsApp?

Untungnya saat ini WhatsApp sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android maupun pengguna iPhone karena minimal kamu yang memiliki Android dengan OS 4.0.3 peserta iPhone dengan iOS 9 plus sudah bisa menginstal WhatsApp.

Ketika kamu sudah mengunduh aplikasi WhatsApp dan memutuskan untuk menginstal di ponsel, maka WhatsApp akan secara otomatis teraktivasi dengan ketentuan hanya bisa menggunakan satu nomor saja di satu perangkat.

Salah satu kekurangan WhatsApp Menurut kami adalah tidak dimungkinkannya transfer riwayat chatting antar-platform ataupun ketika kamu mengganti perangkat telepon seluler yang kamu punya.

Tapi toh memang setahu kami fitur ini memang sengaja dibuat oleh WhatsApp sebagai salah satu bentuk proteksi terhadap pesan-pesan dan privasi dari para pengguna Whatsapp ini.

3. Bagaimana cara update WhatsApp?

Melakukan update WhatsApp sebenarnya cukup mudah, apalagi bagi kamu yang mengaktivasi fitur auto update. Biasanya WhatsApp akan melakukan update secara otomatis ketika ponselmu tersambung dengan wi-fi.

Adapun kamu yang ingin melakukan update secara manual tentu saja bisa masuk ke Google Play Store bagi pengguna Android atau pun masuk ke App Store bagi kamu yang menggunakan iPhone cukup ketuk pilihan update pada WhatsApp Messenger.

4. Bagaimana cara pakai WhatsApp Web?

Berikut cara memakai WhatApp Web:

  1. Masuk situs resmi WhatsApp Web, lalu akan muncul QR Code di layar PC.
  2. Buka aplikasi WhatsApp dari ponsel.
  3. Klik tiga titik di pojok kanan atas, pilih WhatsApp Web.
  4. Whatsapp akan secara otomatis mengaktifkan kamera.
  5. Kalau whatsapp meminta persetujuan untuk menggunakan kamera, klik Yes.
  6. Arahkan kamera ke QR code yang muncul di layar PC, dan secara otomatis anda akan login akun whatsapp di PC.

Adapun logout bisa kamu lakukan dengan menggunakan WhatsApp web WhatsApp desktop ataupun melakukan log out secara remote dengan menggunakan Android ataupun iPhone yang kamu pakai.

5. Mengapa saya tidak bisa log out WhatsApp?

Nah salah satu pertanyaan yang barangkali akan cukup sering ditanyakan adalah Mengapa kalian tidak bisa melakukan logout WhatsApp yang ada di dalam ponsel kalian. Hal ini pasti sangat membingungkan terutama bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan WhatsApp.

Sayangnya melakukan logout di WhatsApp ponsel memang tidak dimungkinkan karena memang hal ini merupakan salah satu fitur safety yang ada di WhatsApp. Aplikasi ini hanya mengizinkan kamu menghapus akun mu secara keseluruhan bila ingin keluar secara total.

Ketika kamu mengeluarkan aplikasi di ponsel, WhatsApp tidak akan melakukan logout alias hanya akan stand by dan tetap berjalan di background. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena hal ini tidak akan menguras terlalu banyak baterai.

Apabila kamu merasa baterai mu terlalu tipis dan hal ini cukup menguras baterai, Jalan satu-satunya hanyalah mematikan koneksi internetmu ataupun masuk ke dalam mode pesawat / airplane mode.

Hal ini sudah udah dikonfirmasi oleh pihak pengembang, dan mereka pun sudah berkomitmen untuk tetap menjaga usia baterai serta penggunaan mobile data dari user sehingga kamu tidak perlu khawatir walaupun WhatsApp tetap berjalan di background.

6. Bisakah menggunakan satu akun WhatsApp di dua ponsel?

Sekali lagi kami cukup mengapresiasi langkah WhatsApp yang memiliki beragam fitur yang sebenarnya melindungi para penggunanya. Selain beberapa fitur sebelumnya, hal mengenai penggunaan lebih dari satu akun satu ponsel juga termasuk ke dalam aturan perlindungan pengguna.

Nah WhatsApp tidak mengizinkan para penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu nomor di dalam satu perangkat ataupun ponsel. Sehingga kami merasa perlu mengingatkan kamu khususnya yang memiliki dual SIM di dalam satu ponsel.

Selain itu jangan pernah melakukan penggantian nomor dan kartu SIM dengan perangkat yang berbeda-beda secara berulang kali dalam jangka waktu yang terlalu dekat. Karena hal ini akan berakibat kepada pemblokiran dari nomor yang kamu gunakan tersebut.

Selain itu apabila kamu melakukan hal tersebut ada kemungkinan pindah ke WhatsApp akan melakukan pemblokiran perangkat ataupun ponsel yang kamu gunakan. Sehingga nantinya tidak bisa lagi digunakan untuk menggunakan WhatsApp bahkan ketika kamu mengganti nomor mu

7. Apakah verifikasi WhatsApp cukup aman?

Sejujurnya menurut kami WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger yang paling aman yang bisa kamu gunakan saat ini. Sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya ada sangat banyak fitur-fitur yang menjamin keamananmu sebagai pengguna.

Apabila kamu merasa beberapa fitur-fitur tersebut masih kurang aman, kamu harus mencoba fitur two step verification yang merupakan fitur keamanan tambahan yang yang cukup sering digunakan oleh user di WhatsApp.

Untuk bisa menggunakan fitur ini kamu cukup membuka WhatsApp > Settings > Account > Two-step verification > Enable.

Dengan fitur ini kamu akan diminta untuk membuat PIN yang berisi 6 angka yang harus selalu kamu ingat. Karena PIN ini nantinya akan dilakukan untuk verifikasi ketika ada percobaan untuk masuk ke dalam akun mu.

Setelah PIN teraktivasi ini biasanya kamu juga akan diminta untuk membuka email yang didaftarkan. Setelah itu WhatsApp akan mengirimkan link khusus kepada email tersebut. Bukalah link tersebut.

Menariknya untuk membuat kamu tetap ingat terhadap PIN yang kamu masukkan tersebut seringkali WhatsApp akan meminta kamu untuk memasukkan PIN tersebut dalam waktu yang acak, agar kamu bisa memasukkan PIN mu secara berkala dan mengingat PIN tersebut.

8. Bagaimana cara meminta informasi seputar akun WhatsApp kita?

Memang ada beberapa orang yang sengaja ingin meminta informasi mengenai akun mereka sendiri, terutama bagi orang-orang yang memang berbisnis dengan akun mereka, dan profesional yang banyak berkutat dengan akun WhatsApp mereka.

Nah WhatsApp sendiri memungkinkan para penggunanya untuk mendapatkan beberapa informasi terkait isi dari akun mereka. Mulai dari informasi serta pengaturan yang ada, akan tetapi tidak termasuk riwayat chatting yang ada.

Adapun cara untuk bisa mendapatkan laporan seputar informasi dan akun yang kita miliki adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka pilihan Settings > Account > Request account info.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung pilih, pilihan Request Report.

Biasanya laporan tersebut akan dikirimkan dalam jangka waktu tiga hari setelah kamu melakukan request pengiriman laporan. Nah selain itu kamu bisa melihat pilihan Ready by … day untuk mengetahui kapan laporan tersebut kira-kira akan sampai.

9. Bagaimana jika akun kita dicuri?

Meskipun WhatsApp sudah memiliki standar tertentu mengenai keamanan para penggunanya, namun tetap saja ada kemungkinan kamu menjadi korban pencurian akun. Ada beberapa modus yang bisa dicurigai terkait hal ini.

Salah satu yang paling sering adalah permintaan kode verifikasi SMS WhatsApp yang masuk ke dalam ponselmu oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Padahal kode verifikasi ini sama sekali tidak boleh kamu berikan kepada siapapun lho.

Nah apabila kamu merasa ada orang lain yang menggunakan akun WhatsApp milikmu, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Memberi tahu keluarga, teman-teman dekat, serta beberapa kolegamu bahwa akun WhatsApp yang kamu gunakan sudah dicuri orang. Jadi mereka bisa berjaga-jaga apabila orang tersebut melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab, misalnya seperti berpura-pura meminjam uang.
  2. Lakukan sign in ulang WhatsApp dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar dan lakukan verifikasi dengan cara memasukkan kode 6 digit yang kamu terima via SMS.
  3. Kalau orang yang mencuri nomermu mengaktivasi fitur two step verification dengan perangkat mereka, kamu harus menunggu selama 7 hari sampai bisa melakukan sign in tanpa two step verification ini.
  4. Seketika kamu memasukkan 6 digit di atas, orang yang mencuri akunmu tersebut akan langsung ter-log out secara otomatis.

Apabila kamu mencurigai si pencuri melakukan log in dengan menggunakan WhatsApp Web ataupun Desktop maka kamu bisa dengan mudah melakukan log out seluruhnya dengan menggunakan WhatsApp dari ponselmu.

Lalu apabila yang dicuri adalah ponselmu, ada beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk kamu lakukan:

  1. Pertama-tama kamu harus melakukan lock kartu SIM.
    • Cara ini hanya bisa kamu lakukan dengan mengontak provider kartu SIM yang kamu gunakan, dan melakukan permintaan blokir nomor
  2. Setelah itu ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan:
    • Pilihan pertama, menurut kami adalah pilihan yang paling mudah. Namun seluruh data kontak WhatsApp yang sudah terhubung secara otomatis akan terhapus. Cara ini adalah dengan membeli nomor baru dan kemudian melakukan registrasi ulang WhatsApp dengan menggunakan nomor baru tersebut.
    • Pilihan kedua adalah dengan mengirimkan email ke support@whatsapp.com dengan mengetikkan Lost/Stolen: Please deactivate my account di bagian judul email. Jangan lupa untuk menuliskan nomor ponsel, dan menggunakan format yang telah diberikan oleh pihak WhatsApp.

Melakukan deactivate akun sifatnya adalah mutlak, karena sang pencuri ponsel bisa langsung menggunakan akun WhatsApp dengan ponselmu. Bahkan ketika kamu sudah melakukan blokir kartu SIM tersebut.

Adapun hal yang terjadi ketika kamu melakukan deactivate akun WhatsApp adalah sebagai berikut ini:

  • Akun masih ada, tidak terhapus dan bisa diaktivasi kembali.
  • Kontak-kontak yang sudah terhubung tetap bisa melihat profilmu seperti biasa.
  • Kontak-kontan yang masih terhubung tetap bisa mengirimkan pesan, dengan jangka waktu 30 hari (pending). Setelah 30 hari pesan tersebut akan terhaspus.

Ketika kamu melakukan reaktivasi maka seluruh pesan tersebut akan masuk dan kamu akan tetap memiliki kontak yang sama, bahkan tetap di dalam grup WhatsApp yang sama sebelumnya. Syaratnya adalah melakukan hal ini dalam jangka waktu 30 hari saja ya, karena lewat dari itu maka akun WhatsApp yang telah kamu deactivate secara otomatis akan dihapus.

10. Setelah tidak aktif, apakah akun WhatsApp akan langsung terhapus?

Sebagai (lagi-lagi) salah satu fitur keamanan yang cukup penting, WhatsApp akan langsung menghapus sercara permanen akun yang tidak aktif selama 120 hari berturut-turut. Tidak aktif berarti kamu sama sekali tidak terhubung ke WhatsApp.

Nah tidak aktif ini pun perlu dibedakan dengan deactivate dimana tidak aktif berarti WhatsApp mu tidak terhubung ke- koneksi internet selama 120 hari berturut-turut. Adapun batas deactivate hanyalah 30 hari sebelum seluruh data dihapus permanen.

11. Bagaimana jika kita mengganti nomor ataupun ponsel?

Untuk melakukan penggantian nomor ponsel, kamu harus menggunakan fitur change number. Bila tidak kamu akan kehilangan foto profil, nama, chat, dan berbagai macam pengaturan yang ada di nomor lama tersebut.

Selain itu dengan menggunakan fitur ini, secara otomatis WhatsApp akan menghapus akun yang berkaitan dengan nomor ponsel yang lama. Ketika ada orang yang menghubungi atau chat ke nomor lamamu, secara otomatis WhatsApp akan memberikan nomor barumu dalam bentuk pesan kepada orang tersebut.

Adapun jika kamu mengganti ponselmu, kamu bisa tetap mempertahankan riwayat chat dan informasi, dengan cara transfer infor dan chat. Akan tetapi kamu tidak bisa menggunakan fitur ini bila mengganti ponsel dari Android ke iPhone atau sebaliknya.

12. Bagaimana cara transfer riwayat chat kalau ganti ponsel?

Langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar riwayat chat sebelumnya tidak terhapus walaupun kamu sudah mengganti ponselmu adalah sebagai berikut ini:

  1. Back up Google Drive
    • Syaratnya adalah menggunakan nomor WhatsApp dan akun Google Drive yang sama, serta sudah pernah melakukan back up chat sebelumnya ke Google Drive tersebut.
    • Langkah pertama adalah dengan melakukan uninstall dan reinstall WhatsApp.
    • Lanjutkan dengan membuka WhatsApp dan memasukkan nomor ponsel tersebut, lalu ketuk Restore ketika muncul pesan otomatis. Setelah itu ketuk Next dan tunggu hingga seluruh riwayat chat kembali.
  2. Melakukan restore dari back up di memori ponsel.
    • Kamu cukup memilih pilihan back up di menu. Karena WhatsApp secara otomatis akan melakuan back up lokal ke memori ponsel setiap pukul 2 pagi, dan maksimal 7 hari ke belakang.
  3. Melakukan restore dari back up iCloud
    • Sebagaimana namanya, fitur ini tentu saja hanya bisa dinikmati kalau kamu menggunakan iPhone, dan sudah pernah kamu aktivasi sebelumnya.
    • Untuk mengetahui apakah kamu pernah melakukan back up dengan iCloud maka kamu bisa membuka settings > Chats > Chats Backup.

Dengan melakukan langkah-langkah back up di atas, kamu akan tetap bisa membuka riwayat chat lamamu, bahkan ketika kamu sudah menggunakan ponsel yang baru. Tapi tentu hanya bisa kamu lakukan kalau memang kamu pernah membuat back up WhatsApp sebelumnya.

13. Bisakah di-banned dari WhatsApp?

Salah satu fitur keamanan yang cukup menarik dari WhatsApp adalah banned, baik banned permanen terhadap nomor ponsel yang terdaftar ataupun banned permanen tehadap perangkat ponsel yang kamu gunakan.

Nah banned ini bisa terjadi karena dua hal, pertama karena kamu terlalu sering mengganti-ganti kartu SIM dengan banyak ponsel yang berbeda dalam waktu yang berdekatan. Alasan lainnya adalah karena akunmu dicuri dan kemudian digunakan untuk hal-hal yang tidak bertangung jawab.

Apabila kamu merasa tidak terjadi kedua hal di atas, maka satu-satunya cara untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan langsung mengontak pihak WhatsApp via email resmi yang ada. Nah semoga kamu tidak mengalami hal ini ya.

14. Apa itu last seen dan online status di WhatsApp?

Salah satu perbedaan WhatsApp dengan beberapa aplikasi chat yang ada, adalah kedua fitur ini. Bahkan boleh dibilang bahwa WhatsApp merupakan salah satu pelopor fitur yang menurut kami cukup penting ini.

Last seen dan online status menunjukkan terakhir kali lawan bicaramu online, ataupun bahkan ketika mereka sedang online. Tapi status ini tidak berarti lawan bicaramu sedang membaca pesan yang kamu kirim.

Akan tetapi kamu bisa secara otomatis menonaktivasi status last seen ini dengan cara mengubah privacy settings. Namun ketika kamu mengubah status ini di profile mu, maka kamu pun tidak bisa melihat aktivitas last seen orang lain. Selain itu bila kamu diblokir orang lain pun, kamu tidak akan bisa melihat status last seen mereka.

15. Fitur menarik apa saja yang ada di WhatsApp?

Pertanyaan ini sebenarnya cukup luas, tapi memang ada beberapa fitur yang menurut kami cukup bisa ditonjolkan. Beberapa fitur diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Format chat

Kamu bisa ganti font whatsapp ke italic, bold, coret, dan monospace:

  • Italic; cara untuk membuat pesanmu menjadi italic adalah dengan memberikan underscore di kedua ujung teks tersebut. Misalnya _Ruang Laptop_ yang ketika kamu send akan menjadi Ruang Laptop.
  • Bold; cara untuk membuat pesanmu menjadi bold alias tebal adalah dengan memberikan tanda bintang di kedua ujung teks tersebut. Misalnya *Ruang Laptop* yang ketika kamu send akan menjadi Ruang Laptop.
  • Coret; cara untuk membuat pesanmu dicoret atau diberikan strikethrough adalah dengan memberikan tilde di kedua ujung teks tersebut. Misalnya ~Ruang Laptop~ yang ketika kamu send akan menjadi Ruang Laptop.
  • Monospace; cara untuk membuat pesanmu menjadi monospace adalah dengan memberikan tiga tanda kutip di kedua ujung teks tersebut. Misalnya ‘’’Ruang Laptop’’’ yang ketika kamu send akan menjadi Ruang Laptop.

Reply

Fitur lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan membalas pesan secara personal kepada seseorang di dalam grup. Misalnya ada temanmu yang mengirimkan pesan di dalam grup, kamu bisa membalasnya secara personal dengan klik options dan Reply Privately.

Selain itu kamu juga bisa ketuk  alias Reply dan langsung mengetikkan balasan terhadap pesan yang kamu maksud. Nantinya balasan kamu akan mencantum rujukan pesan yang kamu balas tersebut.

Mention

Selain bisa membalas pesan secara personal, kamu juga bisa membalas pesan kepada anggota grup yang spesifik sambil mention nama orang tersebut. Cukup ketik @(nama orang) tersebut dan secara otomatis kamu akan ‘memanggil’ orang tersebut.

Fitur ini cukup spesial karena sekalipun orang yang kamu mention tersebut mematikan notifikasi, bahkan apabila orang tersebut mute grup sekalipun, orang tersebut tetap akan menerima notifikasi pesan yang kamu kirimkan tersebut.

Click to chat

Fitur menarik lainnya yang bisa kamu pergunakan adalah fitur click to chat dimana kamu bisa mengirimkan link ke media sosial yang kamu punya dan kemudian bila orang lain mengetuk / klik link tersebut secara otomatis mereka akan langsung bisa mengirimkan pesan kepadamu via WhatsApp.

Caranya adalah dengan membuat link dengan format https://wa.me/<nomor>, misalnya https://wa.me/62812XXXXXXXX, buatlah persis seperti itu, dan tidak perlu menambahkan tanda lain seperti +62 ataupun strip (-) yang tidak perlu.

Menariknya lagi kamu juga bisa membuat format teks agar orang yang klik link tersebut bisa langsung mengirim pesan sesuai format yang kamu maksud. Caranya adalah dengan membuat link dengan format https://wa.me/<nomor>?text=Halo%20saya%20ingin%20bertanya%20laptop.

Nantinya secara otomatis orang yang klik pesan tersebut akan masuk ke chat room dengan ‘prefilled message’ yang berisi ‘Halo saya ingin bertanya laptop’. Sehingga ia cukup menekan send untuk mengirimkan pesan tersebut kepada nomormu.

Cara ini sangat bermanfaat khususnya bagi kamu yang menjalankan lini usaha dengan menggunakan WhatsApp sehingga para konsumen tidak perlu repot-repot mengirimkan pesan dengan format khusus.

Chat dengan WhatsApp Business

Kamu bisa dengan mudah membedakan lawan bicaramu, apakah mereka menggunakan WhatsApp personal ataupun menggunakan WhatsApp Business. Dengan cara melihat tag Official Business Account ataupun Business Account yang tertera pada profil mereka.

16. Apakah WhatsApp bisa melihat daftar kontak dan chat kita?

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan terkait aplikasi messenger adalah pertanyaan ini. Apakah aplikasi tersebut bisa melihat dan mengakses daftar kontak serta riwayat chat yang kita kirimkan kepada orang lain?

Jawabannya adalah bisa, WhatsApp secara reguler akan melihat daftar kontak yang ada di ponselmu dan melakukan ‘pengecekan’ apakah kontak tersebut sudah memiliki WhatsApp ataukah belum.

Misalnya ada temanmu yang baru saja memiliki WhatsApp, maka secara otomatis kontak tersebut akan langsung masuk ke dalam aplikasi WhatsApp tanpa harus kamu add secara manual.

Tapi tenang saja, karena pihak WhatsApp telah melakukan klaim bahwa sepanjang proses ini seluruhnya telah melewati serangkaian prosedur terenkripsi sehingga keamanannya sangat terjaga dari kebocoran ke luar.

17. Bagaimana saya tahu kalau saya diblok?

Memang sih mengetahui kalau kontak kita diblok oleh orang lain sangatlah menyakitkan, apalagi kalau kamu diblok oleh gebetanmu, eh! Akan tetapi kamu harus tahu, ada beberapa indikasi yang bisa menyatakan kalau kamu diblok kontaknya oleh orang lain.

Berikut ini adalah tanda-tanda yang bisa kamu kenali, kalau kamu sudah diblok oleh orang lain di WhatsApp:

  1. Kamu tidak bisa melihat last seen ataupun status online kontak tersebut ketika kamu membuka chat room dengan orang tersebut.
  2. Kamu tidak bisa melihat update foto profile orang tersebut, dan biasanya foto profile orang tersebut menjadi abu-abu dengan siluet orang berwarna putih (foto default).
  3. Pesan apapun yang kamu kirimkan kepada orang tersebut hanya akan berujung ceklis satu berwarna abu-abu, dan tidak akan pernah menjadi ceklis dobel.
  4. Panggilan suara tidak akan pernah masuk.

Seluruh indikator ini harus terpenuhi, karena bila hanya salah satunya saja bisa jadi kontak tersebut memang sengaja melakukan pengaturan khusus. Misalnya tidak menampilkan last seen atau semacamnya.

Akan tetapi pihak WhatsApp sendiri sebenarnya membuat hal ini begitu bias dan ambigu sehingga privasi orang yang melakukan blokir tetap terjaga. Dimana orang yang diblokir tidak akan pernah benar-benar tahu apakah ia diblokir atau tidak.

18. Bagaimana melindungi diri dari informasi hoax di WhatsApp?

Yah sebagaimana yang kita ketahui, memang media sosial saat ini bermanfaat sebagai salah satu media untuk menyebarkan berbagai macam informasi yang ada. Akan tetapi kenyataannya ada banyak pula informasi hoax dan misleading yang disebarkan dengan menggunakan media sosial.

Oleh karena itulah kami mencoba memberikan kamu beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamu terhindar dari berbagai macam hoax, berita palsu, ataupun informasi-informasi yang misleading:

  • Hati-hati terhadap forwarded message, salah satu fitur unik yang dimiliki oleh WhatsApp adalah dimana kamu bisa melakukan cek terhadap suatu pesan yang diforward. Semakin banyak jumlah rantai forward, kamu harus semakin waspada kalau pesan tersebut sengaja dibuat agar bisa demikian cepat viral. Adapun indikasi bahwa sebuah pesan telah dikirim lebih dari 5 kali (forward) adalah adanya tanda double arrow .
  • Melakukan re-check media, salah satu modus penyebaran informasi yang tidak benar adalah dengan menggunakan video dan gambar. Hal ini lantaran video dan gambar cenderung lebih mudah dipercaya, karena kebanyakan orang percaya untuk melakukan editing keduanya adalah hal yang sulit. Sehingga orang-orang tersebut cenderung mempercayainya dan kemudian menyebarkannya dengan mudah. Bila kamu menemukan video ataupun gambar berisi informasiyang mencurigakan, lakukan rechecking dengan cara melihatnya di media massa yang memang terpercaya, ataupun langsung cari narasumber yang terkait dengan berita tersebut.
  • Viral tidak selalu benar, faktanya justru berkata sebaliknya. Kebanyakan informasi yang salah dan hoax, terbukti selalu lebih viral dibandingkan dengan informasi yang benar dan ilmiah. Oleh karena itulah apabila ada berita yang menyebar terlalu cepat, kami sarankan kamu untuk selalu melakukan cek fakta.
  • Verifikasi, melakukan verifikasi atau pengecekan fakta ketika kamu bermain WhatsApp menurut kami adalah hal yang wajib kamu lakukan. Apapun beritanya, selama kamu merasakan ada yang janggal maka kamu harus selalu melakukan pengecekan fakta.

Nah hal ini memang sulit, apalagi untuk diterapkan di Indonesia. Karena faktanya saja literasi orang Indonesia termasuk yang paling rendah di dunia. Sehingga kebanyakan orang tidak bisa memilah-milah mana berita yang benar dan yang salah.

Saran kami, khususnya bagi kamu yang memiliki tingkat edukasi yang lebih tinggi. Untuk selalu membudayakan literasi serta mengasah kemampuan otakmu untuk selalu memilih dan memilah manaberita yang benar dan mana berita yang mencurigakan.

Selain itu, tentu saja tidak banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi berbagai macam berita hoax dan informasi misleading yang masuk dan seliweran di dalam WhatsApp yang kamu punya.

19. Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business merupakan salah satu lini WhatsApp yang bisa kamu unduh secara gratis baik di Google Play Store ataupun di Appstore bagi pengguna iPhone. Aplikasi ini memang diciptakan khusus bagi para pemilik usaha yang ingin berinteraksi dengan para pelanggannya.

Di dalam aplikasi ini ada beberapa fitur yang bisa mempermudah kamu di dalam menjalankan usaha, mulai dari automatisasi, sortir, serta respons pesan dengan cepat sehingga tidak perlu kamu lakukan degnan manual.

Selain itu ada beberapa fitur penting yang perlu dicatat di dalam aplikasi khusus ini, diantarnya adalah sebagai berikut:

  • Profil bisnis yang mencakup informasi penting mengenai usaha yang kamu punya. Mulai dari nama usaha, alamat perusahaan, hingga email dan laman situs perusahaan bila memang kamu punya.
  • Statistik yang bisa kamu lihat, yang mencakup seberapa banyak pesan yang terkirim, terbaca, dan sebagainya.
  • Tools messenger yang tidak ada di dalam WhatsApp biasa, seperti misalnya respons cepat bagi para konsumen.

Selain itu untuk bisa menggunakan WhatsApp Business ini, kamu bisa mengunduhnya atau bisa dengan mudah mengupdate WhatsApp personalmu. Kamu bisa melakukan instalasi dan pengunduhan WhatsApp Business ini secara terpisah dengan WhatsApp personalmu.

Kemudian untuk mengupdatenya, cukup membuka Google Play Store ataupun Appstore, dan kemudian kamu bisa langsung mencari WhatsApp Business. Setelah itu kamu bisa langsung ketuk Update sehingga aplikasi yang ada akan langsung terupdate secara otomatis.

Di dalam WhatsApp Business ini ada satu fitur yang memungkinkan kamu bisa dijadikan “Official Business Account”. Namun memang pihak WhatsApp sendiri telah membuat kebijakan khusus mengenai penamaan ini, adapun aturan yang diberikan adalah sebagai berikut agar nama usahamu bisa dijadikan Official:

  • Kamu tidak bisa menamai akunmu dengan huruf kapital semuanya (All Capital Letters) seperti RUANGLAPTOP. Selain itu kata hubung tidak boleh di awali huruf besar, misalnya Ruang Dan Laptop, seharusnya Ruang dan Laptop.
  • Menggunakan single spacing.
  • Tidak menggunakan tanda baca yang tidak perlu, emoji, symbol, karakter non alfanumerik, serta beberapa karakter khusus seperti ~!@#$%^&*()_+:;”‘{}[]\|<>,/?.
  • Tidak boleh menggunakan nama lengkap seseorang saja
  • Tidak boleh mengandung term generic saja. Misalnya Laptop, karena hanya satu kata dan term generik. Tapi kamu boleh membuat Ruang Laptop.
  • Tidak boleh menggunakan term geografik saja. Misalnya Bogor, tapi boleh Ruang Laptop Bogor.
  • Harus lebih dari 2 karakter, atau tidak boleh kurang dari 3 karakter.
  • Tidak mengganti nama akun apabila sudah terdaftar sebagai Official Business Account, karena akan berakibat kepada terhapusnya status tersebut.
  • Status ini tidak bisa diminta kepada pihak WhatsApp, bahkan ketika kamu membayar mereka. Namun status ini akan kamu dapatkan secara otomatis apabila memang menurut pihak WhatsApp brand mu sudah cukup terkenal dan tentu beberapa faktor lainnya yang kami sendiri tidak mengetahuinya.

Hal terakhir yang perlu kamu ingat adalah apabila kamu memindahkan akun WhatsApp personal lama yang kamu punya menjadi WhatsApp Business, maka kamu tidak bisa mengembalikannya kembali menjadi akun WhatsApp personal kemudian.

Oleh karena itu bila kamu tidak yakin, kami sarankan untuk memiliki dua nomor sekaligus, sehingga bisa menggunakan satu nomor lain untuk menjadi akun WhatsApp Business yang kamu punya.

Selain 19 pertanyaan seputar pemakaian WhatsApp diatas, berikut juga kami berikan 40 fakta menarik tentang WhatsApp:

20. Berapa banyak pengguna WhatsApp?

Per Februari 2020, WhatsApp digunakan oleh 2 milyar pengguna.

21. Berapa banyak pengguna WhatsApp Status?

WhatsApp Status digunakan oleh 450 juta pengguna aktif setiap harinya.

22. Berapa rata-rata jumlah panggilan suara di WhatsApp?

Secara umum, ada 100 juta panggilan suara lewat WA setiap harinya.

23. Berapa rata-rata jumlah video call di WhatsApp?

Terdapat 55 juta video call yang dilakukan lewat WhatsApp setiap harinya.

24. Berapa pengguna aktif WhatsApp per hari?

Ada 1 milyar pengguna aktif WA per hari.

25. Berapa pesan yang dikirim lewat WhatsApp per hari?

Secara umum terdapat 65 milyar pesan yang dikirim lewat WA setiap harinya.

26. Berapa jumlah total grup WhatsApp?

Terdapat 1 milyar grup WA di seluruh dunia.

27. Berapa bahasa yang didukung oleh WhatsApp?

WhatsApp mendukung 60 bahasa dari seluruh dunia.

28. Berapa persentase uninstall WhatsApp?

Dari total install, sebanyak 6.2% melakukan uninstall.

29. Berapa foto yang dikirim lewat WhatsApp setiap hari?

Ada 4,5 milyar foto yang dikirim lewat WA setiap harinya.

30. Berapa harga yang dibayar Facebook untuk membeli WhatsApp?

Facebook mengeluarkan biaya 19 milyar USD, atau sekitar 263 triliun rupiah untuk membeli WhatsApp.

31. Berapa penawaran Google untuk membeli WhatsApp?

Google menawarkan 10 milyar USD, atau 138 triliun rupiah untuk membeli WhatsApp.

32. Berapa pengguna WhatsApp di Cina?

Terdapat 2 juta pengguna WhatsApp di Cina.

33. Berapa pengguna WhatsApp di Brazil?

Terdapat 120 juta pengguna WhatsApp di Brazil.

34. Berapa pengguna WhatsApp di India?

Terdapat 400 juta pengguna WhatsApp di India.

35. Negara dengan video call WA terbanyak?

India adalah negara dengan jumlah video call WA terbanyak.

36. Hari paling sibuk dalam sejarah WhatsApp?

Hari tersibuk dalam sejarah WA adalah 31 Desember 2016, yaitu 63 milyar pesan terkirim.

37. Berapa negara yang memblokir WA?

WA diblokir di 12 negara.

38. Berapa negara yang manggunakan WA?

WhatsApp sudah digunakan di 180 negara.

39. Berapa perusahaan yang menggunakan WhatsApp for Business?

Secara total, ada 5 juta perusahaan yang menggunakan WhatsApp for Business.

40. Berapa pengguna WhatsApp di Belanda?

Ada 10,9 juta pengguna WA di negara Belanda.

41. Berapa akun fake WhatsApp yang diban per bulan?

Rata-rata, ada 2 juta akun palsu yang di ban oleh WA setiap bulannya.

42. Berapa voice message yang dikirim dari WA per hari?

Ada 200 juta pesan suara yang dikirim dari WA setiap harinya.

43. Berapa persen pengguna WhatsApp di Android?

Sebanyak 73% pengguna WA memakai ponsel Android.

44. Berapa persen pengguna WhatsApp di iOS?

Sebanyak 22% pengguna WA memakai iOS.

45. Berapa jumlah karyawan WhatsApp?

WhatsApp memiliki 120 karyawan dari seluruh dunia.

46. Berapa keuntungan WhatsApp di tahun 2013?

WA meraup sekitar 10 juta USD di tahun 2013.

47. Berapa keuntungan WhatsApp di tahun 2012?

WA meraup sekitar 4 juta USD di tahun 2012.

48. Bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp?

Berikut adalah 5 tahap untuk mengaktifkan WA:

  • Buka Google Play.
  • Ketik WhatsApp di kolom pencarian.
  • Klik Install.
  • Verifikasi nomor ponsel anda.
  • Ketik nama anda.

49. Bagaimana cara instal ulang WhatsApp?

Lakukan tahap dibawah untuk instal ulang WhatsApp:

  • Sentuh dan tahan ikon WhatsApp di ponsel anda sampai ikon bergetar.
  • Klik uninstall, atau geser ke bagian atas layar sampai muncul ikon tempat sampah.
  • Buka Google Play.
  • Ketik WhatsApp pada kolom pencarian.
  • Klik Install atau Pasang.

50. Bagaimana cara memperbarui WhatsApp?

Untuk memperbarui WA, lakukan tahap berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Masuk ke Setting atau Pengaturan.
  • Pilih Update atau Pembaruan WhatsApp.
  • Whatsapp akan memperbarui dengan sendirinya.

51. Bagaimana cara mengatasi WA kadaluarsa?

Berikut adalah cara mengatasi WA yang kadaluarsa:

  • Buka pengaturan ponsel.
  • Buka opsi Date & Time.
  • Matikan Automatic Date & Time.
  • Matikan Automatic Time Zone.
  • Ubah tanggal ke tanggal versi aplikasi WA.
  • Tutup pengaturan.
  • Buka WA.

52. Bagaimana cara blokir orang di WhatsApp?

Untuk blokir, buka chat dengan orang yang ingin anda blokir, kemudian klik tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Block.

53. Bagaimana cara menyembunyikan status WhatsApp dari orang tertentu?

Untuk menyembunyikan status dari orang tertentu, buka WA, lalu klik tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Settings > Account > Privacy > Status, dan pilih My contacts except… kemudian pilih orang yang ingin anda sembunyikan.

Baca juga: Cara melihat status WA tanpa ketahuan

54. Bagaimana cara menghilangkan status online di WA?

Untuk menghilangkan status online di WA, buka Whatsapp lalu ketuk tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Setelan > Akun > Privasi > Last seen, kemudian pilih Tidak Ada.

55. Bagaimana cara menghilangkan centang biru di WhatsApp?

Untuk menghilangkan centang biru di WA, ketuk tiga titik di kanan atas, lalu pilih Setelan > Akun > Privasi, dan matikan Laporan Dibaca.

56. Apa arti dua centang biru di WA?

Dua centang biru di WA berarti pesan anda sudah dibaca oleh penerima.

57. Apa arti dua centang di WA?

Dua centang di WA berarti pesan anda sudah masuk ke ponsel penerima.

58. Apa arti satu centang di WA?

Satu centang di WA berarti pesan sudah terkirim ke internet, namun belum masuk ponsel penerima.

59. Apakah ada mode gelap di WA?

Ya, mode gelap alias dark mode dirilis di WhatsApp pada 5 Maret 2020. Cara mengaktifkan dark mode whatsapp bisa dilakukan lewat pengaturan ponsel ataupun pengaturan WhatsApp.

Cek juga: Cara Ganti Font WhatsApp: Italic, Bold, Coret dan Monospace

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
2 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Rio pratama
Rio pratama
11 hari yang lalu

Apa yang dimaksud dengan faq whaatshap

Pray
Pray
26 hari yang lalu

Hallo whatsapp saya butuh pertolongan tolong aktifin lagi akun wa daya yg hilng 085215408626. Di curi atau di hack org tak bertanggung jawab

2
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x