Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu

Pernahkah terpikir olehmu untuk menghilangkan vokal di dalam suatu lagu yang kamu dengarkan? Hal ini barangkali tidak terpikirkan apalagi bila kamu hanya mendengar lagu kasual.

Namun ada sebagian orang yang memang membutuhkan lagu-lagu yang tidak ada vokal di dalamnya. Misalnya mereka yang ingin membuat lagu karaoke ataupun mereka yang ingin mengulik suatu lagu.

Untuk itulah kami akan membahas beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan vokal di dalam suatu lagu. Namun kami sarankan untuk menggunakan hal ini sendiri dan jangan menyalahgunakan hal ini ya.


Cara Menghilangkan Vokal Menggunakan Audacity

audacity

Audacity merupakan salah satu software edit audio yang terbaik yang bisa kamu dapatkan secara gratis di internet. Tapi Jangan diharapkan aplikasi ini bisa selevel dengan aplikasi berbayar ya.

Meski demikian Audacity diketahui digunakan oleh banyak orang karena memang fiturnya yang menurut kami sudah layak dan setara dengan fitur di dalam aplikasi edit video yang berbayar.

Aplikasi ini memotong vokal di dalam suatu lagu dengan cara mendeteksi kanl vokal yang ada di dalam sebuah lagu dan kemudian menghapus bagian dari vokal tersebut. Cukup simpel bila diucapkan, namun sebenarnya proses ini adalah proses yang rumit.

Lalu bagaimana langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menghilangkan vokal dari suatu lagu dengan menggunakan Audacity? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Sebelum menginstal Audacity ke dalam laptop mu kamu harus mengunduh LAME MP3 encoder terlebih dahulu. Kamu bisa mencarikan encoder ini di internet karena memang tersedia secara luas.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung mengunduh Audacity dan menginstalnya ke dalam laptopmu.
  3. Bila sudah kamu Boleh langsung membuka aplikasi tersebut dan mengimpor trik yang ingin kamu hapus vokalnya. Setelah terbuka kamu bisa langsung drag and drop file tersebut ke halaman utama.
  4. Pilihlah pilihan split stereo track.
  5. Lah itu kamu bisa Klik track di paling bawah dan Pilihlah pilihan effect dan kemudian
  6. Setelah itu kamu bisa pilih pilihan Mono dan langsung masuk ke pilihan file dan lalu export audio. Karena sebelumnya kamu telah mengunduh encoder yang kami rekomendasikan, secara otomatis aplikasi ini akan mengubah file tersebut ke dalam format MP3.
  7. Selesai!

Kamu bisa langsung berkarya dengan lagu yang telah kamu potong vokalnya tersebut mulai dari belajar menyanyi, mengulik nada-nada yang ada di dalam lagu tersebut hingga membuat karaoke mu sendiri.


Cara Menghilangkan Vokal Menggunakan GarageBand

garageband

Nah kalau aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang pastinya sudah diketahui oleh orang-orang yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Mac OS. Kamu yang menggunakan iPad barangkali juga mengetahui aplikasi ini bukan?

Salah satu kelebihan yang menurut kami cukup menarik dari aplikasi ini tentu saja adalah kemudahan penggunaannya serta tampilannya yang menurut kami simple namun penuh fitur.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu gunakan apabila ingin menggunakan GarageBand untuk menghapus vokal yang ada di dalam suatu lagu adalah sebagai berikut:

  1. Download dan instal aplikasi GarageBand di laptop yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung membuka file musik ataupun file lagu yang Bagian vokal yang ingin kamu hilangkan dari dalamnya.
  3. Untuk bisa menghapus vokal dari suatu lagu dengan menggunakan GarageBand kamu bisa menggunakan metode equalization ataupun metode inversi.
  4. Untuk menghapus vokal dengan equalization, mulai dengan klik logo mata yang terletak di pojok kanan bawah dari aplikasi GarageBand ini.
  5. Klik apapun yang berada di panel kanan untuk membuka menu effect, lalu pilihlah AU graphic equalizer.
  6. Setelah itu kamu bisa langsung memilih untuk men-check list kotak yang berisi pilihan manual. Dengan memilih pilihan ini kamu berarti memilih untuk bisa mengedit frekuensi secara terpisah sesuai dengan yang kamu inginkan.
  7. Pilihlah ikon equalizer yang berada di panel kanan.
  8. Terakhir kamu bisa langsung menurunkan slider di bagian frekuensi tengah hingga turun sampai 0. Dengan cara ini kamu bisa menghapus vokal yang ada di dalam lagu tersebut karena biasanya suara manusia berada di rentang frekuensi 8 sampai 80 Hz yang merupakan frekuensi menengah.
  9. Setelah itu kamu bisa langsung pilih pilihan File dan Save As untuk menyimpan audio teresebut.
  10. Adapun kamu yang ingin menggunakan metode inversi untuk menghapus vokal dari dalam suatu lagu adalah sebagai berikut ini:
  11. Untuk metode inversi, mulai dengan langsung klik audio yang ingin kamu hapus vokalnya dan tekanlah command + C dan command + V untuk menyalin audio yang ada.
  12. Setelah itu putarlah dial Pan pertama ke kiri secara maksimal di kanal pertama, dan putarlah dial Pan kedua ke kanan secara maksimal.
  13. Setelah itu kamu bisa langsung pilih pilihan File dan Save As untuk menyimpan audio teresebut.

Cara Menghilangkan Vokal Menggunakan Aplikasi Online

phonicmind

Cara ini barangkali merupakan salah satu cara untuk menghilangkan vokal pada lagu yang paling mudah. Kami cukup merekomendasikan hal ini terutama bagi kamu yang masih awam, dan tidak memiliki laptop yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi editing audio.

Ada beberapa aplikasi berbasis laman website yang saat ini bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan vokal pada lagu. Seluruh aplikasi ini bekerja dengan cara yang serupa, dan rata-rata bisa kamu gunakan secara gratis.

Meski demikian kamu yang menggunakan aplikasi ini secara gratis biasanya akan diberikan batasan-batasan tertentu yang bisa kamu hilangkan dengan cara membayar sejumlah uang tambahan.

Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kamu gunakan diantaranya adalah berikut ini:

  • VocalRemover yang bisa kamu gunakan di laman vocalremover.com. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara langsung dengan cara mengunggah file audio yang ingin kamu hapus vokalnya. Menariknya aplikasi ini juga bisa menghapus vokal dari suatu lagu langsung dari channel online seperti Youtube. Sayangnya ada beberapa fitur dan batasan yang harus kamu buka dengan cara membayar sekitar 100ribu-an.
  • PhonicMind yang merupakan salah satu aplikasi penghapus vokal yang cukup menarik karena aplikasi ini menggunakan AI alias artificial intelligence untuk bisa mendeteksi dan menghapus vokal yang ada di dalam sebuah lagu. Artinya aplikasi ini bisa digunakan dengan amat mudah namun hasil yang maksimal! Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu bisa langsung membuka laman websitenya di phonicmind.com
  • Audioalter yang juga merupakan salah satu aplikasi penghapus vokal berbasis laman situs yang cukup mudah untuk digunakan. Kamu cukup membuka laman situsnya di audioalter.com/vocal-remover untuk kemudian mengunggah file video yang ingin kamu edit!

Seluruh aplikasi yang kami jelaskan di atas pada dasarnya memiliki cara yang sama untuk menghapus vokal dari suatu lagu. Pada akhirnya kamu bisa mempertimbangkan masing-masing aplikasi untuk kemudian memilih aplikasi yang menurutmu paling baik!

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments