Review Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Apple memang tidak pernah mengecewakan para konsumennya, bahkan sejak awal peluncuran MacBook Pro. Setiap tahun, MacBook Pro selalu menghadirkan hal-hal yang baru, terkadang minor, tapi selalu menjadi pembicaraan banyak reviewer.

Selain itu tidak berbeda dengan yang satu ini, MacBook Pro 16 2021 M1 Pro yang juga sangat layak untuk kita bahas. MacBook Pro berukuran “plus” yang satu ini memang punya harga yang “plus” juga, apalagi untuk seri tertinggi yang akan kita bahas sekarang.

Terlebih lagi, laptop satu ini punya banyak keunggulan. Misalnya dari segi desain, build quality, performa yang sangat tinggi, kualitas layar, hingga kualitas suara. Tapi pastinya tetap ada beberapa kekurangan yang harus kamu tahu.

Apa saja kah itu? Nah yuk kita bahas lebih jauh lagi!


Spesifikasi Umum 

  • Layar: 16.20 inch 16:10, 3456 x 2234 pixel 254 PPI, Liquid Retina XDR, Mini-LED, glossy: yes, HDR, 120 Hz
  • CPU: Apple M1 Pro 10 x 2.1 (3.2 GHz, 30 W PL1 / Sustained)
  • Memori: 16 GB LPDDR5 6400 MHz
  • Kapasitas: 1 TB Apple SSD AP1024R
  • GPU: Apple M1 Pro 16-Core Integrated GPU
  • Port: 3x USB-C, MagSafe 3, Headset Port 3.5 mm, HDMI 2.0
  • Dimensi: 355 mm x 248,1 mm x 16,8 mm
  • Bobot: 2,15 kg
  • Harga baru: Lihat

Kelebihan Build quality di atas rata-rata laptop, kualitas layar terbaik di kelasnya, performa yang sangat tinggi tapi kipas pendingin senyap, daya tahan baterai sangat tinggi, kualitas speaker baik

Kekurangan Memiliki notch yang secara estetik kurang menarik, konektivitas yang sangat terbatas, upgrade RAM dan SSD sangat mahal

Apple memang selalu membuat banyak terobosan untuk setiap gawai yang mereka keluarkan. Mulai dari handphone cerdas, smartwatch, hingga tentu saja laptop. Kali ini melalui MacBook Pro 16 2021 M1 Pro yang bisa dibilang salah satu laptop terbaik di kelasnya.

Harganya yang dahulu tergolong mahal, menariknya saat ini justru terlihat biasa saja. Karena harga laptop yang satu ini sama dengan rata-rata laptop di level dan performa yang sama, bahkan untuk price to performance yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro bisa dibilang cukup bersaing.

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro merupakan salah satu versi terbaik yang dimiliki oleh Apple saat ini. MacBook Pro 16 2021 M1 Pro sendiri sudah dibekali dengan chip M1 Pro, dan dalam varian yang lain dengan chip M1 Max, dikombinasikan dengan GPU terintegrasi yang powerful.

Harga yang ditawarkan memang boleh dibilang cukup mahal yakni berkisar di angka 30 hingga 40 juta rupiah. Tapi untuk laptop semewah dan sekuat ini, tentu biaya yang dikeluarkan nantinya akan sebanding dengan kualitas yang akan kamu dapatkan.

Memang untuk laptop-laptop di harga ini, kami selalu beropini bahwa harga yang ditawarkan biasanya merupakan “investasi”. Artinya untuk kamu yang mencari uang dan berprofesi dengan menggunakan laptop, maka laptop macam ini layak untuk dibeli. Untuk melihat semua pilihannya, cek halaman daftar harga macbook.

Selebihnya, kalau memang kamu memiliki keuangan yang cukup besar tapi tidak mencari uang dengan menggunakan laptop, tentu tepat bisa memiliki laptop ini. Nah sebagai perbandingan awal, laptop ini bisa kamu sejajarkan dengan Lenovo ThinkPad P1 G4, Dell XPS 15 9510, hingga HP ZBook Studio 15 G8.

Seluruh perbandingan laptop tersebut bisa dibilang merupakan kelas laptop flagship dari masing-masing pabrikan. Nah, review ini nampaknya akan menjadi semakin menarik bukan? Yuk lanjut dulu bacanya!


Harga dan Ketersediaan

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro 

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro merupakan salah satu MacBook Pro seri tertinggi yang bisa kamu dapatkan di tahun ini. Dengan embel-embel seri tertinggi tentu ekspektasimu bisa menjadi tinggi, tapi jangan lupa dimana ada harga yang tinggi pula yang mesti kamu bayar untuk mendapatkan laptop ini.

Saat ini Apple sendiri merilis beberapa model untuk varian MacBook Pro. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • MacBook Pro 13 inch; CPU Apple M1 8-core, GPU 8-core, SSD up to 2 TB, RAM up to 16 GB Integrated, Display 13.3″ Retina, Bobot 1,4 kg
  • MacBook Pro 14 inch; CPU up to Apple M1 10-core, GPU up to 32-core, SSD up to 8 TB, RAM up to 64 GB Integrated, Display 14.2″ Liquid Retina XDR, Bobot 1,6 kg
  • MacBook Pro 16 inch; CPU up to Apple M1 10-core, GPU up to 32-core, SSD up to 8 TB, RAM up to 64 GB Integrated, Display 16.2″ Liquid Retina XDR, Bobot 2,1 kg

Seluruh SKU yang sangat menggiurkan ini memiliki rentang harga yang cukup jauh. Mulai dari 18 juta hingga 40 juta lebih. Hal ini tentunya berbeda-beda tergantung dari spesifikasi yang kamu inginkan, dan tentu bergantung budget yang kamu miliki.

Adapun seluruhnya bisa kamu dapatkan di toko resmi milik Apple yang terdekat dengan tempat tinggalmu. Lebih jauh lagi kamu juga bisa membeli laptop ini di e-commerce. Tapi tentu ada banyak sekali risiko yang bisa kamu dapatkan.

Meskipun sejujurnya untuk toko-toko online semacam ini, kalau kamu cukup jeli maka kamu bisa menemukan yang memiliki harga cukup miring. Sehingga pada akhirnya, kamu bisa menimbang-nimbang sendiri untuk membeli laptop yang satu ini dimana.


Desain

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Desain yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro dari luar tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan pendahulunya. Tampak simpel dengan warna abu-abu metalik khas milik Apple, disertai logo Apple di bagian tengahnya.

Tapi siapa sangka, setelah dibuka ada satu hal yang menurut kami agak mengganggu. MacBook Pro 16 2021 M1 Pro dilengkapi dengan notch yang berada di atas layar berbezel tipisnya. Memang di sisi kanan dan kirinya terdapat menu item yang bisa di-black out, tapi menurut kami sih cukup mengganggu.

Di luar itu, laptop yang satu ini tampak begitu sempurna dengan built quality yang sangat baik. Meski secara bentuk dan tampilan luar, MacBook Pro 16 2021 M1 Pro sepertinya memberikan kesan bulky walaupun di atas kertas laptop ini sangat tipis.

Perlu diketahui bahwa MacBook Pro 16 2021 M1 Pro dengan layar 16 inch ini memiliki desain yang serupa dengan versi 14 inch yang dimiliki. Tapi sedikit berbeda dengan versi 13 inch nya, yang cukup bisa dibedakan dari luar.

Dimensi yang dimiliki oleh laptop ini pun sudah menggambarkan laptop kekinian. Berukuran 355,7 mm x 248,1 mm laptop ini memiliki ketebalah 16,8 mm saja. Sangat tipis bahkan kalau dibandingkan dengan Lenovo ThinkPad P1 G4 (17,7 mm), HP Zbook Studio 15 G8 (18 mm), hingga Dell XPS 15 9510 (18 mm).

Adapun bobot yang dimiliki (2,15 kg) memang masih kalah ketimbang beberapa pesaingnya. Misalnya HP Zbook Studio 15 GB (1,9 kg) dan Dell XPS 15 910 (1,9 kg). Tapi bobot ini tentu tergolong ringan untuk sebuah laptop dengan ukuran layar 16 inch.

Pada akhirnya baik dari segi built quality, sasis, engsel, bobot, hingga dimensi yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro boleh dibilang sangat sempurna. Meski hal ini tentu saja bersifat subjektif dan bisa diperdebatkan.


Display

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Salah satu komponen yang patut untuk dijadikan petimbangan penting sebelum membeli laptop dari Apple, tentu saja kualitas layar yang mereka miliki. Hal ini lantaran Apple sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu produsen laptop dengan kualitas layar terbaik yang pernah ada.

Begitu pun dengan MacBook Pro 16 2021 M1 Pro, memiliki densitas 225 ppi serta sudah dilengkapi dengan teknologi panel mini LED, alih-alih menggunakan IPS. Teknologi ini memungkinkan layar milik MacBook Pro 16 2021 M1 Pro ini memiliki low black value dan high contrast ratio, dengan kata lain serupa panel OLED!

Semua warna dan bentuk yang ditampilkan oleh layar milik MacBook Pro 16 2021 M1 Pro bisa dibilang mendekati sempurna. Hal ini berkat high contrast ratio yang mereka miliki. Tidak heran kalau laptop ini bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik untuk para pembuat konten.

Tingkat kecerahan yang dimiliki pun luar biasa tinggi, yakni mencapai 1620 nits. Belum lagi teknologi dynamic referesh rate yang membuat transisi layar nampak sangat mulus tapi tidak menguras baterai. Sayangnya memang belum semua apps didukung dengan teknologi ini.

Nah kembali lagi ke permasalahan utama, top notch! Hal ini mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang. Barangkali mungkin kamu akan bertanya apakah rasio 16:10 yang digembar gemborkan oleh Apple akan turun karena notch ini?

Jawabannya adalah tidak!

Notch berada tepat di active screen dari laptop ini. Sehingga sama sekali tidak mengurangi rasio dari layar. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Apple melalui Shruti Haldea (Product Manager) menjelaskan bahwa mudahnya notch dan menu bar adalah touchbar yang dipindahkan ke bagian atas.

Itu pula alasan mengapa MacBook Pro 16 2021 M1 Pro sudah tidak lagi dibekali dengan touch bar yang sangat eye catchy tersebut.

Lalu bagaimana dengan akurasi warna? Display P3 99,1% sRGB 100% dan AdobeRGB 1998 88% memang bukanlah angka yang terlalu mengagumkan. Tapi sekali lagi, di atas kertas nilai-nilai ini sudah lebih dari cukup untuk para content creator.

Secara umum dari sisi akurasi warna, laptop ini memang masih kalah tipis dari Dell XPS 15 9510 dan HP ZBook Studio 15 G8. Tapi untungnya layar dengan kualitas ini sudah cukup mumpuni dan berada di atas rata-rata laptop di harga yang serupa.


Keyboard dan Touchpad

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Kedua aspek yang akan kita bahas selanjutnya bisa menjadi pertimbangan penting bagi kamu yang sedang galau. Apakah perlu atau tidak untuk membeli MacBook Pro 16 2021 M1 Pro yang satu ini. Apalagi bagi kamu yang bekerja sebagai typist.

Keyboard

Semenjak dirilis beberapa tahun lalu, keyboard scissor milik Apple menjadi favorit banyak orang. Apalagi bagi orang-orang yang bekerja dengan mengetik setiap hari. Nyaris tidak ada yang tidak menyukai keyboard milik Apple yang satu ini.

Untuk itulah Apple kemudian mempertahankan keyboard tersebut pada MacBook Pro 16 2021 M1 Pro. Feels saat mengetik tetap nyaman, dan membuatmu bisa mengetik lebih cepat dengan akurasi yang lebih tinggi ketika memakai keyboard ini.

Keyboard dari MacBook Pro 16 2021 M1 Pro pun memiliki feedback yang cukup taktil, dan kedalaman yang pas. Seluruh kombinasi inilah yang membuatnya menjadi salah satu keyboard terbaik yang bisa didapatkan di sebuah laptop saat ini.

Selain itu beberapa perubahan yang ada pada MacBook Pro 16 2021 M1 Pro dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah menghilangnya touch bar yang digantikan dengan function key. Selain itu ruang antar tombol pun saat ini menjadi berwarna hitam, setelah sebelumnya berwarna sama dengan sasis laptop.

Untuk iluminasi dari keyboard ini sendiri, sebagaimana yang sudah diketahui banyak orang, sekali lagi Apple adalah juaranya. Keyboard milik MacBook Pro 16 2021 M1 Pro sudah dilengkapi dengan sensor yang membuat keyboard ini bisa mengatur backlight nya sendiri.

Selain itu transisi cahaya backlight nya pun sangat halus, dan hal inilah yang membedakannya dengan kebanyakan laptop saat ini yang dilengkapi dengan dua hingga tiga tingkat kecerahan. Dengan tambahan, kebanyakan laptop tidak memiliki sensor.

Terakhir di sisi kanan atas kamu akan menemukan touch ID fingerprint scanner yang diletakkan di bawah tombol power. Dari segi fungsi biasa saja, tapi dari segi penempatan dan visual, menurut kami ini adalah hal yang brilian!

Touchpad

Selain dari keyboard yang dimiliki, Apple pun terkenal sebagai salah satu produsen laptop yang memiliki Touchpad (dalam hal ini TrackPad) terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini. Hal ini berkat kombinasi hardware dan software yang mereka miliki.

Manuver-manuver yang dilakukan menggunakan TrackPad dari MacBook Pro 16 2021 M1 Pro tampak sangat mulus, minim hambatan, dan eror. Bahkan tidak berlebihan rasanya kalau menyebut TrackPad yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro sebagai salah satu yang terbaik!


Audio

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Setelah unggul di beberapa aspek, bagaimana dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh laptop ini? Jawabannya adalah, sekali lagi, MacBook Pro 16 2021 M1 Pro pun memiliki kualitas suara yang sangat baik dan bahkan bisa dikatakan di atas rata-rata.

Kualitas suara yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro bisa dibilang merupakan suatu peningkatan yang cukup signifikan ketimbang kualitas suara yang dimiliki oleh laptop Apple versi sebelumnya. Menariknya suara yang dimiliki oleh laptop ini bahkan unggul dibandingkan dengan MacBook Pro 14.

Padahal, lazimnya laptop dengan ukuran sasis sebesar ini biasanya mengalami distorsi suara yang cukup terasa. Sehingga hal ini cukup mengejutkan, tapi menggembirakan. Apalagi bagi kamu yang ingin membeli MacBook Pro 16 2021 M1 Pro ini.

Kualitas suara bass, mid, dan treble yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro unggul di atas rata-rata laptop yang memiliki harga serupa. Oleh karena itulah, sekali lagi kami berkesimpulan bahwa dalam aspek suara, MacBook Pro 16 2021 M1 Pro menang!


Port dan Konektivitas

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Diantara berbagai kelebihan yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro, sampailah kita kepada hal yang selalu menjadi pembahasan penting setiap tahunnya. Yakni konektivitas yang dimiliki oleh laptop seri MacBook Pro, yang nampaknya cenderung minimalis dari tahun ke tahun.

Port

Dalam spesifikasi tertulis yang dimiliki oleh MacBook Pro 16 2021 M1 Pro memang mengurangi 1 buah USB-C yang tentunya cukup mengecewakan. Nah, tapi untungnya MacBook Pro 16 2021 M1 Pro kembali menggunakan MagSafe 3 yang lebih hemat tempat.

Hal ini menurut kami cukup menarik, karena meski pada versi sebelumnya MacBook memiliki 4 buah USB-C, tapi salah satu port biasanya terhalang power adapter kalau sedang menggunakan laptop ini sambil melakukan charging.

Selain itu MacBook Pro 16 2021 M1 Pro kembali dengan SDCX Card Reader serta HDMI 2.0 output yang dulu sempat hilang. Hal ini tentunya bisa mengobati sedikit kekecewaanmu bukan? Menghilangkan satu port tapi menggantinya dengan beberapa sekaligus.

Secara umum di sisi kiri dari MacBook Pro 16 2021 M1 Pro ini, kamu akan mendapatkan MagSafe 3, 2x USB-C (sudah support Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer 40 GBps serta USB-4, DisplayPort, dan Power Delivery), dan satu buah port 3.5 mm headset.

Adapun di sisi kanan dari MacBook Pro 16 2021 M1 Pro, kamu akan mendapatkan satu buah SDCX Card Reader, 1 buah USB-C (sudah support Thunderbolt 4 dengan kecepatan transfer 40 GBps serta USB-4, DisplayPort, dan Power Delivery), serta satu buah port HDMI 2.0.

Kecepatan baca dari SDCX Card Reader milik MacBook Pro 16 2021 M1 Pro ini pun sudah tergolong cepat. Yakni mencapai 121 MBps, dan jauh di atas rata-rata laptop di kelas Multimedia dengan kecepatan 79,7 MBps. Meski kecepatan ini masih kalah dari Dell XPS 15 9510 (224 MBps) dan Lenovo ThinkPad P1 (204 MBps).

Konektivitas

Sayangnya MacBook Pro 16 2021 M1 Pro belum mendukung standar Wi-Fi 6E yang sudah digunakan kebanyakan laptop flagship saat ini. Alih-alih laptop ini masih mendukung koneksi Wi-Fi 80 Mhz yang memiliki kecepatan transfer data maksimal 1.2 GBps.

Tentu saja secara umum MacBook Pro 16 2021 M1 Pro kalah dari kebanyakan laptop di kelas Multimedia saat ini. Pun dari beberapa pesaingnya seperti HP ZBook Studio 15 G8, Dell XPS 15 9510, hingga Razer Blade 15 Advanced.


Baterai dan Performa

MacBook Pro 16 2021 M1 Pro

Salah satu keputusan tepat yang dibuat oleh Apple dalam beberapa tahun ke belakang adalah penggunaan CPU M1 milik Apple. Setelah lepas dari Intel, Apple justru semakin sukses menunjukkan tajinya dengan CPU M1 yang mereka rilis.

Tidak percaya?

Performa CPU

Berbeda dengan MacBook pro 14, MacBook Pro 16 2021 M1 Pro sudah dibekali dengan CPU M1 Pro SoC yang merupakan lini tertinggi yang bisa kamu dapatkan. CPU yang satu ini sudah dilengkapi dengan CPU 10 inti (2 efficiency cores, 8 performance cores) serta 16 inti GPU.

Bagi kamu yang memiliki budget berlebih, Apple pun menawarkan beberapa pilihan upgrade. Mulai dari chip M1 Max terbaru yang memiliki 24 inti hingga 32 inti. Tapi sejujurnya berdasarkan beberapa review yang ada, performa yang didapatkan tidak akan meningkat terlalu jauh.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh chip M1 Pro SoC yang satu ini adalah efisiensi daya yang cukup tinggi. Meski memang dari segi kemampuan, chip yang satu ini boleh dibilang masih kalah dari beberapa yang selevel, misalnya Ryzen 7 seri 5000.

Berikut adalah beberapa hasil benchmarking yang kami sadur dari notebookcheck.net:

  • Cinebench R23 Single Core
    • Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro 1534 poin
    • HP ZBook Studio 15 G8 1569 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 1552 poin
    • Razer Blade 15 Advanced 1513 poin
    • Dell XPS 15 9510 11800H RTX 3050 Ti OLED 1498 poin
  • Cinebench R23 Multi Core
    • Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro 12370 poin
    • HP ZBook Studio 15 G8 12166 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 11935 poin
    • Razer Blade 15 Advanced 12197 poin
    • Dell XPS 15 9510 11800H RTX 3050 Ti OLED 10531 poin
  • Cinebench R20 Single Core
    • Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro 393 poin
    • HP ZBook Studio 15 G8 610 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 607 poin
    • Razer Blade 15 Advanced 582 poin
    • Dell XPS 15 9510 11800H RTX 3050 Ti OLED 581 poin
  • Geekbench 5.3 64 Multi Core
    • Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro 12499 poin
    • HP ZBook Studio 15 G8 7286 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 9451 poin
    • Razer Blade 15 Advanced N/A
    • Dell XPS 15 9510 11800H RTX 3050 Ti OLED 8164 poin
  • Blender 2.79 – BMW27 CPU (lebih kecil lebih baik)
    • Apple MacBook Pro 16 2021 M1 Pro 183.3 detik
    • HP ZBook Studio 15 G8 254 detik
    • Lenovo ThinkPad P1 257 detik
    • Razer Blade 15 Advanced 259 detik
    • Dell XPS 15 9510 11800H RTX 3050 Ti OLED 298 detik

Hasil benchmarking yang didapatkan oleh laptop ini tergolong sangat baik, dan boleh dikatakan mengalahkan cukup banyak laptop yang berada satu level dengannya. Terlebih lagi untuk laptop-laptop di kelas multimedia.

Adapun hasil yang didapatkan saat dilakukan benchmarking sistem dengan beberapa platform adalah sebagai berikut ini:

  • Photoshop PugetBench Overall Score
    • Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro 694 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 971 poin
    • Lenovo ThinkPad Extreme 3050 Ti 711 poin
    • Rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir 720 poin
  • CrossMark Overall Score
    • Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro 1556 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 1644poin
    • Lenovo ThinkPad Extreme 3050 Ti N/A
    • Rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir 1542 poin
  • Premiere Pro PugetBench Overall Score
    • Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro 748 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 756 poin
    • Lenovo ThinkPad Extreme 3050 Ti 658 poin
    • Rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir 831 poin

Nilai yang tergambarkan dari benchmark ini merupakan simulasi dari aktivitas harian laptop yang secara umum bisa menggambarkan berapa kuat laptop tersebut untuk masing-masing kategori aktivitas. Dari sini kamu bisa melihat gambaran seberapa baiknya performa dari Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro.

Adapun saat dilakukan pengujian kemampuan GPU dengan beberapa platform benchmarking, maka didapatkan hasil sebagai berikut ini:

  • 3D Mark Performance Rating (Percentage)
    • Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro 64,1%
    • Lenovo ThinkPad P1 100%
    • Dell XPS 15 9510 RTX 3050 Ti OLED 53,3%
    • Rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir 60,7%
  • 3D Mark Wild Life Extreme Unlimited
    • Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro 10352 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 N/A
    • Dell XPS 15 9510 RTX 3050 Ti OLED N/A
    • Rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir 9362 poin
  • GeekBench 5.3 OpenCL Score
    • Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro 37867 poin
    • Lenovo ThinkPad P1 109988 poin
    • Dell XPS 15 9510 RTX 3050 Ti OLED 58601 poin
    • Rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir 28997 poin

Terakhir uji yang dilakukan saat bermain game didapatkan hasil sebagai berikut ini:

  • Shadow of the Tomb Raider
    • Low N/A
    • Med 63 FPS
    • High 57 FPS
    • Ultra 50 FPS
  • Deus Ex Mankind Divided
    • Low N/A
    • Med N/A
    • High 54,2 FPS
    • Ultra 43,1 FPS
  • Civilization VI
    • Low N/A
    • Med N/A
    • High 45,5 FPS
    • Ultra 45 FPS
  • Total War: Three Kingdoms
    • Low 114 FPS
    • Med 69,6 FPS
    • High 43,8 FPS
    • Ultra 31,8 FPS
  • Borderlands 3
    • Low 56,6 FPS
    • Med 48 FPS
    • High 34,8 FPS
    • Ultra 26,2 FPS

Dari hasil benchmarking yang didapatkan oleh Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro ini bisa dikatakan bahwa laptop ini cukup mumpuni untuk diajak bekerja. Meski tentu saja untuk bermain game kamu tidak akan mendapatkan pengalaman yang cukup memuaskan.

Performa Storage

Adapun sektor penyimpanan yang dimiliki oleh laptop ini bisa dibilang sangat baik dan mumpuni untuk sebuah laptop multimedia. Bahkan Apple memutuskan untuk menggunakan SSD PCIe 4.0 yang jauh lebih kencang untuk laptop yang satu ini.

Diketahui kecepatan baca dari SSD Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro mencapai 6700 MBps dan kecepatan tulis dari Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro SSD mencapai 5800 MBps. Keduanya tergolong sangat cepat bahkan unutk kebanyakan laptop saat ini.

Untuk kapasitas yang ditawarkan memang berkisar antara 512 GB hingga 1 TB. Tapi Apple sendiri menawarkan pilihan yang lebih besar untuk kamu yang memang benar membutuhkannya, bahkan hingga 8 TB meski dengan harga yang sangat mahal.

Battery Life

Menggunakan baterai dengan kapasitas 99,6 Wh, laptop yang satu ini memiliki daya tahan baterai yang sangat baik. Dalam pengujian dengan setting WiFi aktif dan tingkat kecerahan 150 nits, laptop ini mampu bertahan hingga 17 jam.

Adapun saat dilakukan setting maksimal dengan WiFi aktif maka laptop ini masih sanggup bertahan hingga 8 jam tanpa dilakukan charging sama sekali. Hasil yang menurut kami sangat impresif untuk sebuah laptop di masa sekarang.

Hasil yang didapatkan oleh Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro bahkan lebih baik ketimbang beberapa pesaingnya seperti Lenovo ThinkPad P1 G4, Dell XPS 15 9510 RTX 3060 Ti, HP ZBook Studio 15 G8, Razer Blade 15 Advanced, hingga rata-rata laptop multimedia 2 tahun terakhir.


Webcam

Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro

Notch yang dimiliki oleh laptop ini membuat Apple bisa menyisipkan webcam yang lebih baik secara kualitas dibandingkan dengan kebanyakan webcam yang ada pada laptop saat ini. Alih-alih menggunakan 720p, Apple menggunakan webcam 1080p.

Lebih jauh lagi webcam yang dimiliki oleh laptop yang satu ini menggunakan bukaan yang lebih besar (f/2.4). Secara umum kualitas yang dimiliki oleh webcam dari Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro pun jauh lebih baik ketimbang pendahulunya.

Tapi sayangnya salah satu kritik yang bisa dilayangkan terkait webcam yang dimiliki oleh laptop ini adalah belum tersedianya modul Face ID seperti yang sudah digunakan oleh Apple pada iPhone dan iPad.


Kesimpulan

Apple MacBook Pro 2021 M1 Pro merupakan salah satu laptop multimedia yang nyaris tanpa cacat. Mulai dari desain klasik yang tidak nampak ketinggalan zaman, built quality yang sangat baik, kualitas layar yang tinggi dan performa yang sangat baik.

Lebih jauh lagi laptop yang satu ini nyaris tidak memiliki kekurangan yang terlalu signifikan. Tentu saja selain harganya yang cukup mahal, dan lebih-lebih lagi uang yang dikeluarkan untuk upgrading tergolong cukup mahal.

Meski demikian laptop yang satu ini layak sekali dinobatkan sebagai laptop multimedia terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini. Bagaimana menurutmu?

Fakhri Zahir

Pengguna berbagai jenis laptop mulai dari laptop gaming, hybrid, hingga macbook sejak 2009. Produk seputar gaming yang pertama kali dikenalnya adalah Nokia N-Gage QD yang rilis tahun 2004, sejak saat itu ia mulai tertarik mencoba berbagai jenis gadget dan laptop untuk kebutuhan personal, akademis, maupun profesional. Beberapa jenis laptop yang pernah dimilikinya secara personal antara lain Acer Nitro, Macbook Pro, Lenovo ThinkPad, hingga Asus TUF. Di luar di dunia digital sebagai konten kreator dan entrepreneur, Fakhri merupakan seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang kini tengah menempuh pendidikan dokter spesialis jantung.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar