Kelebihan dan Kekurangan Oppo A3S

Membawa fitur menarik, Oppo A3S yang berada di entry level dengan percaya diri menantang pesaing yang berada di kelas yang sama. Oppo saat ini sangat laris karena sesuai dengan kantong kelas menengah yang menjadi target pasarnya.

Dengan harga dibawah Rp. 2juta, Oppo A3S memberikan banyak kemewahan dengan desain yang cantik dan layar super lega. Keunggulan lain dari Oppo A3S ini adalah mengusung kamera ganda dengan hasil kamera yang benar benar bagus saat pencahayaan cukup.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah kelebihan serta kekurangan Oppo A3S!

Baca juga: Spesifikasi dan harga Oppo K3


Kekurangan Oppo A3S

1. Baterai Non Removable

Baterai adalah hal yang paling utama dalam handphone, kelebihan dari baterai non removable ini adalah tidak terlalu memakan tempat sehingga desain bisa tipis.

Namun kelemahannya adalah harga baterai yang relatif mahal jika dibandingkan baterai konvensional. Selain itu penggantiannya juga tidak praktis karena harus membuka casing belakang.

Cek juga: Kelebihan dan kekurangan Oppo F5

2. Belum Support Fast Charging

Mode Fast Charging atau pengisian cepat sudah biasa ditemui di handphone jaman sekarang untuk mengantisipasi tingginya aktivitas. Oppo A3S belum support fast charging, namun terobati dengan hadinya baterai dengan kapasitas yang besar.

Tapi sisi positifnya adalah, harganya bisa menjadi lebih murah apabila dibandingkan dengan handphone sekelasnya yang sudah support fast charging.

3. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

Dengan semua kelebihan Oppo A3S, sangat disayangkan tidak adanya fitur keamanan sidik jari. Sebenarnya sidik jari kini sudah menjadi salah satu fitur keamanan dalam Android jaman sekarang, bahkan sudah cukup banyak handphone dengan harga dibawah Rp. 2juta yang dibekali dengan sensor sidik jari.

Meski demikian, masih ada fitur face unlock yang bisa kamu gunakan sebagai fitur keamanan.

4. Tidak Dilapisi Gorilla Glass

Gorilla Glass adalah perlindungan yang sempurna untuk semua layar handphone. Mencegah terjadinya scratch dan goresan pada layar, namun kamu tidak akan mendapati ini pada Oppo A3S.

Jadi kamu harus lebih berhati hati dalam menggunakannya, atau kalau ingin perlindungan ekstra yang lebih optimal kamu bisa menggunakan Tempered Glass untuk melindungi layar handphone kamu.

Baca juga: Review Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6


Kelebihan Oppo A3S

1. Fitur Keamanan Face Unlock

Salah satu kelemahan utama sensor fingerprint adalah tidak bisa digunakan saat tangan sedang menggunakan sarung tangan. Sebagai gantinya Oppo membenamkan teknologi Face Unlock.

Oppo mengklaim kalau fitur biometrik yang ditanamkan pada handphone Oppo ini sangat bagus dan dapat bekerja dengan sangat akurat dan juga cepat.

2. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas baterai yang diusung Oppo A3S sangat besar, yaitu 4230 mAh. Mendukung pemakaian handphone dalam jangka yang panjang. Ini cukup mengobati tidak adanya dukungan fast charging pada Oppo A3S.

Dengan kapasitas baterai sebesar ini kamu bisa melakukan banyak hal seperti melihat video dan juga bermain video game lebih lama. Oppo mengklaim dengan pemakaian standar, daya tahan handphone ini mencapai 18 jam!

Baca: Review Huawei Y7 Pro 2019, Desain Mewah Harga Pas-Pasan!

3. Layar Super Lega

Mengusung layar full screen dengan bentangan hingga 6,2 inch dan resolusi HD 1520×720 pixel, kamu akan puas berlama lama dengan handphone ini.

Walaupun dengan layar yang super lebar handphone ini memiliki kerapatan sebesar ~271 ppi, jadi tidak menguras daya tahan baterai.

Interface Oppo A3S menggunakan ColorOS 5.1 yang sangat simpel dan nyaman, banyak review yang mengatakan kalau handphone ini sangat responsif dan terasa lebih cepat saat digunakan.

4. Performa Tinggi

Untuk urusan dapur pacu, Oppo A3S mengandalkan chipset Snapdragon 450 Octa Core 1,8 GHz.

Dengan menyematkan chipset performa tinggi, kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik seperti transisi UI yang jauh lebih baik, multitasking yang optimal serta peralihan antar aplikasi yang cepat dan oke. Yang terpenting adalah, dapat menghemat daya baterai dengan maksimal.

Handphone ini memiliki dua versi, versi pertama adalah 2/16 dan versi kedua adalah 3/32 dengan harga yang berbeda namun perbedaannya tidak terlalu jauh. Kalau khawatir ruang penyimpanan habis, kamu bisa memanfaatkan slot memory eksternal untuk memperluas ruang penyimpanan hingga 256 GB.

5. Stylish

Tipis dan sangat nyaman digenggam, ini lah yang dirasakan saat pertama kali menggunakan handphone ini. Desain body glossy benar benar memanjakan mata, terlebih lagi dengan warna warna cerah yang dimiliki Oppo A3S. Salah satu handphone dengan desain terbaik di entry level.

Cek juga: Daftar HP Xiaomi Terbaik Yang Paling Diminati

6. Kamera Kualitas Tinggi

Apa yang dicari dari sebuah handphone Oppo kalau bukan kameranya? Inilah keunggulan handphone Oppo yang tidak dimiliki brand lain. Kamera ganda pada handphone ini yang mengusung resolusi 13MP dan 2MP ditambah lagi fitur AI Beauty 2.0 membuat hasil foto diklaim lebih baik dibandingkan dengan kompetitor.

Kamera depan memiliki resolusi 8MP dan juga dibekali dengan AI Beauty yang sama. Jadi kamu tidak khawatir kualitas foto kamera depan dan belakang sama sama bagusnya.

Dengan harga dibawah Rp. 2juta kamu akan mendapatkan handphone dengan performa maksimal. Ini adalah salah satu rekomendasi handphone terbaik di kelas entry level yang dapat menunjang berbagai pekerjaanmu dan juga bisa menjadi entertainment yang baik.

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of