Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Untuk Anda yang mau membeli ponsel dengan spesifikasi yang sekedar cukup dan dengan harga murah, Anda cocok membeli ponsel satu ini yaitu Samsung Z2.

Ponsel Samsung ini berbeda dengan yang lainnya, karena ia tidak menggunakan sistem operasi Android, melainkan Tizen. Masalahnya adalah, masih banyak orang yang tidak tahu apa itu Tizen.

Tizen adalah sistem operasi open source berbasis Linux yang dikelola Linux Foundation dan sering digunakan oleh Samsung. Anda dapat menemukan Tizen di berbagai perangkat Samsung, termasuk smart watch seperti Samsung Galaxy Watch, dan seri Galaxy Gear.

Nah, kebetulan sekali. Kali ini kami akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan dari Samsung Z2 yang menggunakan sistem operasi Tizen ini. Yuk langsung disimak saja ulasannya di bawah!

Baca: Perbedaan Samsung Galaxy S10, S10 Plus, dan S10e


6 Kekurangan dari Samsung Z2

1. OS Tizen

Seperti yang sudah anda duga, kekurangan utama dari ponsel ini adalah sistem operasinya.

Di era dominasi Android dan iOS seperti sekarang, rasanya akan menyulitkan jika anda menggunakan hp dengan OS yang berbeda dari semua hp lainnya. Masalah kompatibilitas aplikasi dan dukungan lainnya akan sangat sedikit karena OS yang non-Android atau iOS ini.

2. Kamera yang Sebatas VGA

Samsung Z2 memiliki kapasitas perekaman video yang hanya 720p@30fps, Z2 juga menawarkan kamera depan berkualitas VGA saja (0,3 megapiksel). Jauh dari Galaxy Note 8 yang punya dua kamera belakang di 12 Megapixel.

Muncul dengan layar sentuh kapasitif TFT yang merupakan tipe layar populer, tapi tidak dilengkapi dengan IPS atau AMOLED. Samsung Z2 menawarkan resolusi gambar yang cukup rendah, dan juga kerapatan pixel yang buruk.

Lihat: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime

3. Memori Internal yang Kecil

Samsung Z2 hadir dengan memori internal yang kecil, yaitu 8 GB, dan mendukung memori RAM hanya sebesar 1 GB saja.

Hal ini tentunya menyulitkan anda yang ingin multitasking (membuka beberapa program sekaligus) atau menyimpan banyak foto, video, dan aplikasi. Samsung Z2 juga tidak dilengkapi dengan Java.

4. Tidak ada NFC

Sayang sekali Samsung Z2 tidak mendukung fitur NFC.

Near-field communication (NFC) adalah seperangkat protokol komunikasi yang memungkinkan dua perangkat elektronik, salah satunya biasanya perangkat portabel seperti smartphone, untuk menjalin komunikasi dengan mendekatkannya dalam jarak 4 cm dari satu sama lain.

Tanpa adanya NFC, anda tidak bisa isi ulang uang elektronik seperti Flazz, e-money, Tapcash dan lainnya.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4X

5. Sensor Ponsel yang Sedikit

Samsung Z2 hadir dengan sedikit sensor. Z2 menawarkan sensor accelerometer, namun tidak menghadirkan kompas dan sensor kedekatan (proximity). Ponsel ini juga tidak menawarkan sensor cahaya dan giroskop.

6. Tidak Memiliki Fitur Waterproof dan Fast-charging

Samsung Z2 tidak dilengkapi dengan fitur tahan air & debu. Samsung Z2 juga tidak menawarkan fitur fast-charging, padahal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki pergerakan serba cepat.

Sungguh mengecewakan karena kamera belakang Z2 tidak dapat mengambil gambar berkualitas tinggi dan Z2 juga tidak memiliki fitur Infrared.


5 Kelebihan dari Samsung Z2

1. Bentuk Ponsel yang ‘Handy’

Samsung Z2 diluncurkan pada Agustus, 2016. Ponsel ini memiliki dimensi tubuh 121,5 x 63 x 10,8 mm (4,78 x 2,48 x 0,43 in), Muncul dengan bobot yang terjangkau untuk dibawa, Ponsel ini juga menawarkan berat yang ringan hanya 127 g atau 4,48 oz saja, Z2 juga sudah dilengkapi dengan slot Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by).

Samsung Z2 menawarkan ukuran 4,0 inci. Jadi, Anda dapat membawanya dengan satu tangan & Anda dapat memasukkannya ke dalam saku dengan mudah. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur multitouch.

2. Speaker yang Keren

Samsung Z2 memiliki berbagai jenis notifikasi suara seperti Getaran, nada dering MP3 & WAV. Z2 juga menghadirkan speaker yang keren, ponsel ini juga muncul dengan jack 3,5 mm. Tak hanya itu saja, Z2 juga bisa digunakan untuk memutarkan musik hingga 30 jam.

Samsung Z2 memiliki Comms WLAN seperti Wi-Fi 802.11 b / g / n, Wi-Fi Direct & hotspot, dan dilengkapi Bluetooth v4.0, A2DP.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oppo A3S

3. Harga yang Murah

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, Samsung Z2 memiliki harga yang murah. Ponsel ini dibandrol dengan harga 800 – 900 ribu rupiah.

Menurut kami, ponsel ini cocok untuk diberikan kepada anak Anda yang bersekolah dan membutuhkan gadget. Karena selain harganya yang terjangkau, ponsel ini juga menawarkan spesifikasi yang ‘cukup’.

4. Memiliki Varian Warna yang Beragam

Samsung Z2 hadir dengan warna yang beragam seperti hitam, merah dan warna emas. Pemilihan warna pun bisa disesuaikan dengan preferensi Anda. Ponsel ini juga memiliki desain minimalis yang sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil sederhana.

5. Kapasitas Baterai yang ‘Pas’

Samsung Z2 memiliki kapasitas baterai 1500 mAh yang sesuai dengan spesifikasi ponsel ini. Ponsel ini pun terlihat sangat modern dengan baterai yang tidak bisa dilepas.

Demikianlah ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan Samsung Z2. Tinggalkan komentar dibawah dan jangan lupa share!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of