Ubah Laptop Anda Menjadi Wi-Fi Hotspot

Apakah anda tahu bahwa anda bisa menggunakan laptop anda sebagai hotspot Wi-Fi? Caranya sangat mudah, dan memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat lain ke internet melalui laptop.

Cara ini juga sangat berguna jika router tua anda sudah melemah. Sebagian besar laptop memiliki adapter Wi-Fi didalamnya, dan dengan menghubungkan laptop ke internet melalui kabel, anda bisa membuat jaringat Wi-Fi yang menjangkau ujung rumah anda.

Jika sedang diluar negeri, dan hotel memiliki koneksi internet yang hanya bisa disambung ke laptop, anda tinggal membuat hotspot baru lalu menyambungkannya ke smartphone. Ini memungkinkan anda untuk menelusuri internet tanpa biaya roaming.


1. Download Software

download virtual router

Untuk menggunakan laptop anda sebagai hotspot wifi, kami akan menggunakan software gratis Virtual Router. Untuk mendownload program ini, masuk ke websitenya, lalu klik tombol ‘download’ besar dibagian kanan layar.

Save program di lokasi yang anda inginkan, setelah selesai mendownload, klik ‘Run’.


2. Install Virtual Router

install virtual router

Setelah meng-klik ‘Run’ anda akan diarahkan ke setup Virtual Router. Klik ‘Next’ dan anda akan diminta menentukan lokasi instalasi. Anda bisa memilih sendiri lokasinya atau biarkan di lokasi default.

Anda dapat memilih apakah semua user bisa menggunakan program ini atau hanya anda saja. Jika tidak ingin user lain menggunakannya, pilih ‘Just me’.


3. Namai jaringan baru anda

Namai jaringan baru anda

Setelah Virtual Router terinstal, sebuah window akan muncul dimana anda bisa menamai jaringan anda (juga disebut SSID).

Nama defaultnya adalah VirtualRouter.codeplex.com, tapi bisa diganti. Sebaiknya beri nama yang mudah diingat, karena anda akan sering mencarinya dengan gadget anda.


4. Tentukan password

Tentukan password

Dibawah kolom SSID anda akan melihat kolom untuk mengisi password. Penggunaan password sangat penting, kalau tidak semua orang akan bisa mengakses hotspot anda — yang dapat menyebabkan masalah.

Coba buat password yang sulit ditebak, tapi tidak terlalu sulit untuk diketik. Pastikan ia memiliki delapan karakter atau lebih.

Baca Juga : 6 Video Game Terbaik Sepanjang Sejarah


5. Pilih jaringan yang akan di-share

pilih jaringan yang akan di-share

Kolom berikutnya berupa pilihan jaringan yang bisa di share. Secara default akan tampak ‘None’ jadi klik dropdown box untuk melihat list koneksi yang dapat di-share.

Biasanya anda akan melihat pilihan untuk Wi-Fi, jadi klik ini untuk men-share wifi anda.


6. Jalankan virtual router

Jalankan virtual router

Sekarang klik ‘Start Virtual Router’ untuk mengaktifkan jaringan baru anda. Laptop anda akan berfungsi sebagai hotspot Wi-Fi yang dapat digunakan oleh perangkat lain. Dibagian bawah window anda akan melihat ‘Virtual Router Started’

Kotak yang bertuliskan ‘Peers Connected’ akan kosong sampai anda mulai menghubungkan perangkat lain dengan hotspot baru ini.


7. Hubungkan ke hotspot

Hubungkan ke hotspot

Sekarang laptop anda telah menjadi hotspot wifi. Metode untuk menghubungkannya akan beragam disetiap gadget, tapi biasanya buka Settings dan pilih Wi-Fi network.

Klik di nama jaringan anda dan masukkan password. Anda akan terhubung ke hotspot. Di window Virtual Router, anda dapat melihat perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan anda.


8. Akses Internet

Akses Internet

Ketika sedang terhubung ke wifi, tetap pantau kotak ‘Peers Connected’, dan pastikan tidak ada perangkat asing yang terhubung ke hotspot anda.

Pastikan semua orang yang menggunakan wifi anda tahu bahwa jika laptop dimatikan, hotspot juga akan mati. Jika anda ingin mematikan hotspot, cukup klik ‘Stop Virtual Router’.

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 3 votes
Software Name
Virtual Router
Operating System
Windows 8, 7, 2008 R2
Software Category
WiFi Network
Price
IDR Free
Landing Page

4 thoughts on “Ubah Laptop Anda Menjadi Wi-Fi Hotspot

  • February 17, 2016 at 8:07 am
    Permalink

    Tutorial yang sangat sederhana dan mudah dimengerti. Saya pikir selama ini Wi-Fi adapter di laptop hanya bisa menerima saja, tidak bisa memancarkan.

    Reply
  • February 17, 2016 at 8:30 am
    Permalink

    Kemarin ane sempet cari2 ini gara2 router belum dateng. Tapi ane pake my wifi router sih.

    Nice info gan

    Reply
  • February 18, 2016 at 8:09 am
    Permalink

    Nice post gan, baru tahu saya, kalau laptop juga bisa memancarkan Wi-Fi.

    Langsung dipraktekin.

    Reply
  • February 20, 2016 at 8:34 am
    Permalink

    kalau saya pake connectify me gan. tapi itu berbayar dan pake baja*an hehee.
    saya mau ngetes dulu nih virtual routernya. makasih gan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *