Cara Daftar GO-FOOD Online, Mudah!

Go-Jek saat ini merupakan salah satu perusahaan startup terkaya di Indonesia. Bahkan menilik dari penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Go-Jek telah memberikan kontribusi ekonomi yang amat besar, yakni mencapai 9,9 triliun pertahun.

Dari nominal ini, penyumbang omzet terbesar adalah Go-Food. Banyak alasan mengapa Go-Food begitu diminati dan bernilai tinggi. Alasan utamanya adalah proses daftar ataupun registrai menjadi partner Go-Food yang begitu mudah. Alhasil, banyak sekali restoran dan UMKM yang mendaftar jadi partner Go-Food untuk mendatangkan lebih banyak customer.

Masih dari riset oleh FEB UI, dikatakan bahwa 43% dari UMKM yang telah mendaftar mejadi partner Go-Food saat ini mengalami peningkatan omzet. Bahkan 85% diantaranya mengalami peningkatan omzet lebih dari 5% setelah menjadi partner go food.

Merchant yang telah bergabung menjadi partner Go-Food adalah sejumlah 125 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Pertanyaannya, apakah anda ingin tertinggal dengan mengabaikan kesempatan jadi partner Go-Food?

Selamat datang di Ruanglaptop, dan berikut adalah cara mudah untuk jadi partner Go-Food!


1. Buka Formulir Pendaftaran

Buka https://www.go-food.co.id/join. Setelah itu anda akan diminta untuk mengisi beberapa data terkait usaha makanan anda.

2. Isi Formulir Pendaftaran

Profil Perusahaan/Pemilik. Di bagian ini, isi ini dengan nama restoran atau kedai, serta pilih bentuk badan usaha.

Kalau restoran anda bergerak secara perorangan maka pilih personal, dan kalau mewakili badan usaha, maka pilih company. Kalau anda punya restoran dan belum terdaftar sebagai badan usaha legal, maka pilih saja personal.

Data Usaha / Data Personal. Selanjutnya anda perlu mengisi section Data Usaha (untuk badan usaha) atau Data Personal (untuk perorangan).

Di bagian data personal, anda perlu diminta untuk mengisi data seperti nomor identitas (pilih KTP atau Paspor), upload scan identitas, nomor NPWP, dan upload scan NPWP. Tidak boleh ada sisi yang terpotong, dan ukuran file maksimal 3MB.

Kalau anda adalah badan usaha, data yang perlu disiapkan lebih ribet lagi seperti NPWP perusahaan, identitas direktur, data penanggungjawab usaha dan penanggungjawab keuangan.

Data Pembayaran. Disini anda perlu mengisi detil tabungan dan upload scan buku tabungan. Dengan syarat nama pemilik rekening harus sama dengan pemilik toko, serta file hasil scan tidak lebih dari 3MB.

Data Outlet. Isi bagian ini dengan seluruh detil restoran anda, termasuk nomor ponsel (untuk login akun go-food) dan alamat email restoran untuk mengirimkan data hasil penjualan.

kalau anda punya lebih dari satu outlet, klik tombol “Tambah Outlet Lainnya”, dan isi data untuk outlet itu.

Syarat & Ketentuan. Baca baik-baik dan ceklis semua kotak yang ada dibagian ini, lalu centang juga CAPTCHA alias kotak yang bertuliskan ‘I’m not a robot’.

Setelah selesai, klik tombol merah ‘Submit’. Dan selesai! Anda sudah menyelesaikan tahap pertama untuk mendaftar sebagai partner Go-Food.

3. Tunggu Email Balasan dari Go-Food

Setelah menyelesaikan tahap diatas, seharusnya sistem Go-Food mengirimkan email otomatis ke alamat email yang anda isi tadi. Karena itulah, di langkah sebelumnya anda harus mengisi email yang benar.

Setelah mendapatkan email konfirmasi, silakan klik tautan yang ada. Anda kemudian akan dialihkan ke suatu website untuk melanjutkan proses pendaftaran partner Go-Food anda.

Disana anda akan kembali diminta mengisi formulir online, yang lebih banyak dari sebelumnya. Salah satu info penting yang harus diisi secara akurat adalah terkait informasi penagihan. Dalam pengisian informasi penagihan anda harus menyiapkan:

  1. Copy kartu identitas yang anda miliki, bisa berupa KTP, SIM, ataupun paspor.
  2. Copy NPWP usaha, dan kalau belum punya maka anda bisa melampirkan copy NPWP pribadi.

Selain itu, disini anda akan diminta untuk mengirimkan foto makanan, daftar menu, dan harga menu. Pastikan harga makanan menu yang kamu kirimkan adalah harga akhir yang sudah termasuk pajak. Berikut adalah tips dari kami.

  • Foto Makanan: Pilih 5 foto terbaik. Poin yang satu perlu anda kerjakan dengan maksimal, karena ini menentukan berapa banyak customer yang bisa anda dapatkan. Biasanya partner Go-Food memilih foto makanan yang paling laku. Dengan strategi ini omzet anda diharapkan bisa naik setelah mendaftar menjadi partner Go-Food.
  • Daftar Menu: Sering-sering lakukan benchmarking! Anda bisa mencari bisnis makanan sejenis di sekitar, lalu cicipi makanan mereka sambil cek harganya. Barulah kemudian anda bisa memperkirakan harga yang layak untuk makanan anda.
  • Harga Menu: Pastikan sudah harga akhir yang termasuk pajak dan biaya lain. Perlu diingat juga bahwa Go-Food akan mengambil untung sebesar 20% dari harga ini. Itu berarti harga akhir yang dilihat customer adalah 120% dari harga yang anda kirim. Oleh karena itu, banyak partner yang menurunkan harga supaya lebih bnayak customer yang membeli.

Selesai! Untuk melanjutkan poses pendaftaran Go-Food, cukup klik tombol ‘masukkan’, dan kemudian pihak Go-Jek akan menghubungi anda terkait proses pengesahan kontrak.

4. Tandatangan Kontrak

Disini anda harus bersabar, karena pihak Go-Food akan melakukan pemeriksaan serta verifikasi data yang mendalam terhadap informasi yang anda berikan.

Kalau ada email dari Go-Food dan memiliki subjek [e-signature] Kontrak Go-Food, pilih Review Document, kemudian tunggu beberapa lama, tekan setuju, lalu klik Lanjutkan.

Untuk menandatangani kontrak, langsung saja ke halaman 14. Baca panduannya dengan seksama untuk menandatangani dokumen ini secara digital.

Kalaiu semua berjalan lancar, akan muncul tulisan selesai menandatangani. Nah setelah selesai, anda akan mendapat email sambutan dari tim Go-Food yang menandakan anda sudah bergabung jadi partner Go-Food.

Namun, bisa jadi juga anda dipanggil oleh pihak Go-Jek ke markasnya untuk pengesahan status merchant.

Untuk yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, biasanya akan dipanggil ke kantor wilayah masing-masing atau langsung ke kantor gojek pusat yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan.

Tujuan pemanggilan ini hanyalah untuk pengesahan status merchant anda sebagai partner Go-Food yang sah. Kalau anda sebagai pemilik bisnis berhalangan hadir, cukup buat surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai.

Selain cara diatas, sebenarnya kamu juga bisa daftar go-food dengan cara mengirimkan email ke gofood@go-jek.com.

Sepanjang pengalaman kami, seharusnya email yang anda kirim akan dibalas oleh Go-Jek  dalam waktu 3 sampai 4 hari kerja, jadi mohon bersabar kalau anda mau coba cara ini (tidak disarankan).

Baca juga: 5 Aplikasi jual beli online terpopuler di Indonesia

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of