17 Aplikasi Tidak Berguna yang Tidak Perlu Kamu Tahu

Saat ini ada sangat banyak aplikasi berkeliaran baik di Google Playstore ataupun di Apple Appstore. Bahkan jumlahnya sekitar 2,9 juta di Google Playstore dan sekitar 2 juta di Apple Appstore yang berarti ada lebih dari 5 juta apps total.

Hal ini lantaran semakin mudahnya orang-orang untuk membuat apps, dan bahkan saat ini sudah banyak aplikasi dan program-program yang memungkinkan banyak orang awam membuat apps apapun baik di Playstore ataupun Appstore.

Konsekuensinya adalah banyaknya bermunculan aplikasi-aplikasi tidak berguna yang tidak perlu kamu unduh, karena selain kadang-kadang mengecoh, aplikasi ini seringkali menguras baterai dan mungkin membahayakan sistem.

Aplikasi apa sajakah itu? Mari kita bahas satu persatu!


#1 PoopLog

PoopLog

Kalau di atas kami sudah membahas aplikasi pencatat kentut, nah di urutan ke tiga belas ini ada aplikasi tidak berguna yang memungkinkan kamu untuk mencatat BAB yang kamu keluarkan setiap harinya.

Bagi kamu yang ‘ultra sehat’ barangkali aplikasi ini sangat berguna karena dari sini kamu bisa melakukan pencatatan dan evaluasi gerakan usus serta mengetahui kondisi kesehatan saluran pencernaanmu secara umum.

Tapi toh, siapa yang mau repot-repot selalu mendongak ke bawah untuk mengecek t*i yang kamu keluarkan dan kemudian mencatat mulai dari lokasi, foto, tekstur, dan semacamnya. Oke, sampai sini jelas kan?


#2 Aplikasi Pembersih

Aplikasi Pembersih

Salah satu aplikasi pembersih yang paling populer yang bisa kami contohkan misalnya adalah Clean Master yang diklaim bisa membersihkan sampah-sampah yang ada di dalam ponsel cerdas yang kamu punya.

Jujur saja, aplikasi semacam ini hanya menjual janji-janji palsu dan berbicara seolah setelah menghapus sampah-sampah tersebut nantinya performa dari ponselmu akan meningkat secara drastis. Meningkat? Oke sih, tapi…

Tapi sebenarnya untuk membersihkan sampah-sampah ini kamu bisa melakukannya dengan cara menghapus Cache. Untuk pengguna Android misalnya cukup membuka settings lalu storage dan kemudian cached data. Di menu tersebut cukup ketuk Clear cached data, selesai!

Problem solved!


#3 Fartr

Fartr

Pernah menghitung berapa kali kamu kentut dalam satu hari? Nah kalau kamu berpikir tindakan tersebut adalah tindakan yang cukup sia-sia, tunggulah sampai kami membahas aplikasi yang diberi nama Fartr ini.

Fartr yang berasal dari kata Fart (kentut, dalam bahasa Inggris) merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu menghitung berapa kali kamu kentut dalam satu hari. Setiap kali ingin kentut kamu cukup menekan tombol yang ada di aplikasi dan voila!

Aplikasi ini akan mencatat, merekam kentutmu. Yang lebih konyol lagi, aplikasi ini memberikanmu nilai 0 hingga 100 (nilai macam apa ini). Bahkan kamu bisa memvisualisasikan kentutmu berdasarkan suara yang dihasilkan.

Hal yang membuat kami tidak merekomendasikan aplikasi ini adalah harganya yang US$ 1.99 atau sekitar 30-40 ribu rupiah, wow!


#4 RAM Booster

RAM Booster

Sama seperti aplikasi pembersih cache yang mengklaim diri mereka sendiri bisa meningkatkan performa ponsel cerdasmu secara signifikan. Aplikasi booster RAM juga tergolong ke dalam aplikasi omong kosong macam ini.

Apps semacam ini justru akan tetap berjalan di background, yang mana malah akan menghasilkan RAM terpakai secara sia-sia. Apalagi apps yang berjalan di background justru harus melakukan restart setiap kali kamu keluarkan.

Konsekuensinya justru akan menghabiskan memori dan baterai setiap kali hal ini terjadi. Alih-alih menjadi aplikasi penyelamat RAM, aplikasi semacam ini justru menjadi aplikasi penghabis Ram dan baterai ponselmu.


#5 Aplikasi dari Google

Aplikasi dari Google

Kamu tidak salah membaca kok, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi dari Google (yang nampaknya sekadar beta atau ujicoba saja) yang kemudian menjadi aplikasi yang menurut kami cukup tidak berguna dan hanya akan menghabiskan memori saja.

Sebut saja Allo, Google Hangouts, Google+, Inbox by Gmail, dan masih banyak lagi proyek-proyek Google yang masih belum berhasil. Tentu saja kami tidak membicarakan Gmail, Google Maps, Youtube, Google Translate dan berbagai macam aplikasi bermanfaat macam ini.

Tapi untuk aplikasi yang kurang berhasil ini, saran kami janganlah kamu unduh. Karena tentu saja selain akan jarang kamu gunakan, aplikasi ini bila dibiarkan mengendap di ponsel hanya akan menjadi pemberat memori dan menjadi aplikasi sampahan di ponselmu saja.


#6 Facebook

Facebook

Lagi-lagi barangkali opini kami akan menjadi salah satu yang paling kontroversial. Ya, Facebook menurut kami merupakan salah satu aplikasi tidak berguna yang tidak perlu kamu unduh ke dalam ponsel cerdas yang kamu punya.

Alasannya adalah karena Facebook tergolong ke dalam aplikasi yang bisa berjalan di background sehingga bisa menghabiskan memori yang ada di dalam ponselmu. Dengan menghapus Facebook dari ponselmu tentu akan meningkatkan performa ponselmu.

Nah apabila kamu masih menggunakan Facebook, cukup gunakan Facebook dengan menggunakan browser. Toh Facebook bukan aplikasi yang akan kamu buka terus menerus kan, dan dengan cara ini tentu saja performa ponselmu bisa meningkat tajam.


#7 Penerjemah Bahasa Manusia ke Bahasa Hewan

Penerjemah Bahasa Manusia ke Bahasa Hewan

Salah satu aplikasi random yang menurut kami sangat tidak perlu kamu unduh adalah aplikasi penerjemah bahasa manusia ke bahasa hewan. Aplikasi-aplikasi macam ini menurut kami selain tidak bermanfaat, tentu akan membuat ponselmu lemot.

Apalagi toh kamu juga tidak mengerti bahasa hewan bukan? Jadi kamu pun tidak tahu kalau hasil terjemahan aplikasi tersebut benar atau salah. Lagipula kamu bisa membeli mainan-mainan dengan bunyi di petstore untuk menghibur hewan kok.

Kalau kamu tidak ada waktu dan kurang kerjaan sih boleh-boleh saja mengunduh aplikasi macam ini. Tapi sejujurnya tentu saja tidak ada manfaatnya menyimpan aplikasi-aplikasi semacam ini di dalam ponselmu.


#8 Bloatware Bawaan

Bloatware Bawaan

Bloatware merupakan nama lain yang disematkan untuk berbagai macam aplikasi pre-installed yang pastinya akan kamu temui ketika pertama kali kamu membeli ponsel cerdasmu, apapun merk ponselmu tersebut.

Memang kebanyakan hanya memakan storage yang bisa menghabiskan memori ponselmu, tapi lebih parah lagi aplikasi-aplikasi semacam ini bahkan bisa memakan daya baterai ponselmu yang begitu berharga.

Nah sebisa mungkin carilah aplikasi-aplikasi yang memberatkan ponselmu, semacam ini. Jangan pernah mengunduh aplikasi-aplikasi serupa dan sebisa mungkin hapus atau minimal deactivate aplikasi bloatware ini dari ponselmu.


#9 Useless Button

Useless Button

Dari namanya saja pasti kamu tahu bahwa aplikasi ini adalah aplikasi tidak berguna alias useless. Nah secara terang-terangan kami tidak menganjurkanmu untuk mengunduh aplikasi tidak berguna semacam ini.

Toh aplikasi ini memang dibuat oleh para developer sebagai candaan semata. Di dalam aplikasi ini hanya ada satu tombol berwarna merah, dan bila kamu tekan tidak akan terjadi apa-apa, dan bahkan tidak akan membuat hatimu senang.

Aplikasi-aplikasi tidak berguna semacam ini bisa kamu temukan dengan mudah baik di Appstore atuapun di Google Playstore dan jangan pernah mengunduh aplikasi ini kecuali kamu memang kurang kerjaan ya.


#10 Battery Saver

Battery Savers

Serupa dengan aplikasi booster RAM, aplikasi yang diberi nama battery savers ini malah membuat bateraimu boros dan cepat habis. Apalagi untuk aplikasi-aplikasi sejenis yang berjalan di background.

Selain tidak bermanfaat, penuh tipu daya, dan menghabiskan baterai, aplikasi battery savers apapun justru akan membuat ponselmu semakin penuh. Konsekuensinya tentu saja memori ponsel yang akan semakin penuh, dan bisa-bisa membuat performa ponselmu menjadi lambat.

Padahal untuk bisa menghemat daya baterai kamu harus menurunkan energy demand yang ada di dalam ponsel, dan salah satunya tentu saja dengan tidak mengunduh dan menginstall aplikasi yang tidak berguna semacam ini.


#11 Fidget Spinner

Fidget Spinner

Pernah mendengar fidget spinner yang sempat booming beberapa tahun yang lalu? Sejujurnya memang fidget spinner merupakan salah satu alat yang cukup bermanfaat terutama untuk anak-anak yang cenderung hiperaktif, bahkan bisa menjadi salah satu solusi.

Tapi sayangnya banyak orang yang menganggap hal ini sebagai salah satu alat untuk diputar-putar, dan mereka menganggap diri mereka keren ketika melakukan hal tersebut di jalanan, saat berbelanja, atau malah saat belajar di sekolah.

Kami beri tahu saja, kamu sama sekali tidak akan bertambah keren hanya dengan memutar-mutar fidget spinner di tanganmu. Tapi, tunggu sampai kamu dengar fidget spinner di ponsel. Emm, tapi tidak perlu penjelasan lagi bukan?


#12 Electric Shaver

Electric Shaver

Untuk bapak-bapak dan mas-mas yang sudah mulai tumbuh janggut dan kumis, kami sarankan anda-anda semua ini untuk selalu menjaga kerapian janggut dan kumis tersebut. Karena akan membuat kamu semua tampil lebih swag dan gahar.

Ada banyak pisau cukur mulai dari yang tradisional, yang modern non elektrik, hingga pisau cukur elektrik yang bisa mencukur janggut dan kumis dengan sangat rapi sehingga bisa membuatmu tampil tampan.

Nah tapi jangan pernah mengunduh electric shaver yang ada di Playstore dan Appstore. Karena yang kamu dapatkan hanyalah suara pencukur elektrik dengan getaran-getaran palsu yang tentu saja tidak akan pernah mencukur janggutmu sampai baterai ponselmu habis.


#13 App Mewarnai dengan Subscriptions

App Mewarnai dengan Subscriptions

Oke, barangkali ada banyak yang tidak setuju dengan pendapat kami. Banyak orang yang mengunduh aplikasi mewarnai dengan tujuan menghilangkan penat dan barangkali untuk menyalurkan bakat seni mereka.

Tapi sejujurnya terlalu banyak aplikasi mewarnai yang menurut kami menciptakan masalah baru. Apalagi aplikasi-aplikasi mewarnai yang mengharuskan kamu melakukan subscription untuk bisa mendapatkan layanan yang penuh.

Jujur saja, dibandingkan harus mengunduh aplikasi semacam ini sih menurut kami sebaiknya kamu menabung dan kemudian membeli buku-buku menggambar. Toh saat ini bahkan banyak buku mewarnai untuk orang dewasa bukan?

Sangat sia-sia!


#14 Hodor Keyboard Lite

Hodor Keyboard Lite

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengetik dengan menggunakan keyboard yang ada di ponselmu. Bahkan saat ini ponsel cerdasmu memungkinkan kamu mengetik berdasarkan suara alias voice typing.

Lebih jauh lagi ada banyak fitur-fitur keyboard yang bisa kamu unduh dan sangat bermanfaat, apalagi bagi kamu yang bekerja dengan banyak memanfaatkan keyboard yang ada di ponsel cerdasmu.

Nah tapi ada aplikasi tak berguna yang dinamakan Hodor Keyboard Lite yang hanya memungkinkan kamu untuk mengetik Hodor SAJA! Duh duh ada-ada saja ya developer yang membuat aplikasi semacam ini, mungkin maksudnya hanya untuk lucu-lucuan saja.


#15 Virtual Cigarette Smoking

Virtual Cigarette Smoking

Merokok sangat membahayakan untuk kesehatan badan, terutama untuk paru-paru dan jantungmu. Karena rokok tentu mengandung banyak sekali senyawa kimia berbahaya, apalagi bila ada dalam waktu yang lama di tubuh.

Nah tapi ada aplikasi tidak berguna yang kami tidak tahu apa maksud dan tujuan di balik pembuatannya. Aplikasi tidak berguna ini diberi nama Virtual Cigarette Smoking, yang hanya akan menampilkan rokok yang menyala berasap-asap.

Agar tampak lebih realistis, ketika kamu meniup ponselmu melalui lubang microphone maka nantinya rokok yang ada di layar akan menyala semakin kencang dan akan semakin cepat habis, waduduh!


#16 Anti Mosquito Sound

Anti Mosquito Sound

Nyamuk memang merupakan salah satu hewan yang sangat mengganggu, apalagi jenis-jenis nyamuk tertentu yang diketahui bisa menyebabkan penyakit yang mematikan. Nyamuk malaria dan nyamuk demam berdarah contohnya.

Nah karena masalah inilah kemudian banyak produsen berlomba-lomba menciptakan ‘anti nyamuk’ mulai dari semprotan pembasmi serangga, lotion pembasmi serangga, klaim tanaman anti serangga, hingga yang paling absurd adalah anti mosquito sound.

Aplikasi ini mengklaim dirinya bisa mengeluarkan suara yang tidak bisa didengar manusia, namun dibenci oleh hewan semacam nyamuk.

Nah daripada kamu melakukan hal yang sia-sia lebih baik melakukan pemberantasan sarang nyamuk sesuai anjuran pemerintah, dan jangan lupa menggunakan lotion anti nyamuk serta semprotan pembasmi serangga.


#17 Aplikasi RuangLaptop

Siapa sangka, website ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi. Namun demikian, tak dapat dipungkiri kalau versi aplikasi dari RuangLaptop yang bisa didownload lewat Google Play ini sangat tidak penting, karena kamu bisa selalu membaca artikel menarik RuangLaptop dengan langsung masuk ke website-nya.

Demikian daftar aplikasi paling tidak penting yang harus kamu buang jauh-jauh. Kalau kamu suka tantangan, silakan coba aplikasi-aplikasi diatas dan rasakan ketidakpentingannya!

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments