4 Cara Gampang Mengaktifkan WiFi di Laptop

Di “jaman now” internet merupakan bagian penting dari dalam kehidupan manusia. Karena hal itulah, banyak perusahaan berlomba-lomba membuat perangkat yang tentu bisa terhubung dengan internet, dan laptop adalah salah satunya. Seluruh laptop di muka bumi ini kami yakin pasti bisa connect dengan internet.

Nah akan tetapi dengan banyaknya model, jenis, hingga sistem operasi yang tertanam di dalam laptop, banyak orang yang kebingungan mengenai cara menyambungkan laptop dengan wifi. Tapi jangan bingung karena kami punya beberapa cara yang bisa anda coba!

Baca juga: Cara mudah mengganti password WiFi


1. Dengan Tombol WiFi

Banyak laptop di masa kini yang memang dibuat sesimpel mungkin, dan tentu saja tombol wifi merupakan salah satu kemudahan itu. Banyak pabrikan laptop yang sengaja membuat tombol khusus yang bisa menyambungkan wifi dengan laptop dengan mudah.

tombol wifi laptop - cara mengaktifkan wifi

Tombol-tombol tersebut biasanya terdiri dari lambang wifi dengan lampu indikator yang akan menyala jika anda terkoneksi dengan internet. Akan tetapi hal ini tidak membuat anda langsung bisa terkoneksi dengan internet. Alasannya adalah karena tentu saja anda harus melakukan pengaturan koneksi internet terlebih dahulu sebelum bisa tersambung di internet.

Tombol alternatif yang ada adalah dengan menggunakan tombol Fn dan function key. Biasanya para pembuat laptop meletakkan tombol untuk aktivasi wifi di function key (di antara F1 sampai F12). Hal ini pun biasanya dibarengi dengan adanya indikator di tombol tersebut.


2. Dari Windows Tray

Cara ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan aktivasi wifi di windows, anda bisa dengan mudah klik ikon wifi yang ada di icon tray pojok kanan bawah laptop anda. Jika sudah seharusnya anda akan menemukan menu network settings, wi-fi, dan airplane mode.

wifi tray windows - cara mengaktifkan wifi

Untuk mengaktifkan wifi anda cukup klik wi-fi dan secara otomatis laptop anda akan menampilkan jaringan yang ada di sekitar laptop anda. Akan tetapi ada cara khusus jika anda tidak bisa menemukan ikon wifi di icon tray.

Jika ikon wifi tidak bisa anda temukan, maka anda bisa buka settings di start menu. Kemudian anda bisa klik networks and internet, dan pilihlah pilihan wi-fi. Kemudian anda bisa scroll ke bawah, dan ubahlah adapter options. Klik kanan di wi-fi adapter dan kemudian klik enable.


3. Melalui Control Panel

Cara ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk menyambungkan laptop maupun komputer anda dengan wifi, anda bisa pertam-tama mebuka control panel. Kemudian di dalam control panel itu carilah pilihan network and sharing center.

control panel - cara mengaktifkan wifi

Kemudian setelah anda berhasil menemukan menu network and sharing center, klik dua kali piliah tersebut. Di dalamnya anda cari kembali pilihan change adapter settings dan kemudian carilah ikon wireless network card. Setelah itu anda bisaklik kanan, dan tekan enable.


4. Melalui Windows Device Manager

Cara ini pun termasuk cara yang gampang-gampang susah, serupa dengan cara mengaktifkan wifi menggunakan control panel. Pertama-tama anda harus masuk ke device manager. Anda bisa melakukannya dengan klik kanan di my computer atau klik kanan di start menu.

device manager - cara mengaktifkan wifi

Setelah itu pilihlah properties dan kemudian klik tab hardware. Terakhir anda bisa membuka tombol device manager. Di dalam device manager anda bisa mencari wifi adapter di daftar hardware device. Jika sudah menemukan pilihan wifi adapter disana, klik enable dari menu pop up yang ada.

Kemungkinan lain adalah apabila anda tidak mampu menemukan pilihan wifi adapter di dalam sana. Jika anda menemui kasus seperti ini, ada kemungkinan anda belum menginstalasi driver adapter wifi anda. Silahkan anda lakukan instalasi, dan aktifkan menggunakan cara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *