10 Rekomendasi Keyboard Mekanikal Murah (2020)

Ada dua tipe keyboard yang biasa ditemui di pasaran, keyboard dengan tipe rubber dome dan keyboard dengan tipe mekanikal.

Kalau bertanya mana yang lebih baik antara keyboard mekanikal atau rubber dome, pasti jawabannya tergantung selera masing masing pengguna. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari yang murah hingga mahal dan berkualitas tinggi.

Perbedaan keduanya adalah pada bagian bawah keycaps, dimana pada keyboard dengan tipe rubber dome terdapat karet di bagian bawahnya, dan keyboard dengan tipe mekanikal punya sebuah “mekanika” (ya..) dibawah keyboard sehingga terasa tekanan balik saat sedang mengetik.

Beberapa orang mengatakan kalau keyboard mekanikal memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik dibandingkan rubber dome. Namun semua kembali lagi ke selera masing masing penguna

Untuk masalah harga, keyboard mekanikal lebih mahal dibandingkan dengan keyboard rubber dome. Keyboard mekanikal premium harganya diatas 1 juta rupiah dan sudah anti air, kabel braided, usb berlapis emas dan memiliki ketahanan tekanan yang cukup tinggi diatas 50juta tekanan per keycaps.

Namun kamu jangan khawatir, masih ada kok keyboard mekanikal dengan harga yang cukup murah dengan rentang harga mulai dari 400 ribuan rupiah.

Selamat datang di RuangLaptop, dan inilah daftar rekomendasi keyboard mekanikal murah yang bisa kamu jadikan pilihan!

Lihat: 8 Rekomendasi Keyboard Gaming Terbaik


1. Cherry MX-Board 2.0

Cherry MX-Board 2.0

Keyboard ini mengusung konsep full size keyboard dengan numpad di sisi kanan. Desain keyboard ini sangat sederhana, bahkan terlalu sederhana hingga tidak terlihat seperti keyboard mekanikal pada umumnya.

Keunggulan dari keyboard ini adalah switch Cherry MX dengan karakteristik linear, sehingga bisa menutupi kekurangannya yang non lampu LED dan kabelnya tidak braided.

Harga: Rp. 500 ribuan.


2. Imperion Centipada

Imperion Centipada

Bentuk keyboard ini sangat elegan dengan balutan alumunium pada bodi keyboardnya. Cocok untuk digunakan sebagai keyboard gaming dan juga mengusung konsep full size keyboard dengan tombol numpad pada bagian sebelah kanan.

Selain itu, keyboard ini tampak mengambang alias menggunakan konsep floating keycaps.

Harga: Rp. 500 ribuan


3. Fantech MK871

Fantech MK871

Keyboard mekanikal ini buatan Indonesia, tapi bukan berarti tidak berkualitas. Menganut konsep TKL (Ten Key Less) keyboard ini terasa sangat kompak dan sederhana.

Fantech MK871 sudah menggunakan kabel braided sehingga sangat kuat dan juga ruangan untuk manajemen kabel bagian belakang bodi. Ada dua varian switch keyboard yang bisa kamu pilih Kailh Brown Switch dan Kailh Blue Switch.

Harga: Rp. 400-600 ribuan

Cek juga: Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi


4. Vortex VX7

Vortex VX7

Kalau kamu menginginkan keyboard mekanikal dengan switch Cherry MX dengan harga yang murah, maka Vortex VX7 adalah pilihan terbaik untukmu.

Dengan harga yang tidak mahal kamu bisa mendapatkan keyboard TKL dengan ful keys anti ghosting, sehingga keyboard ini sangat cocok sebagai keyboard gaming.

Kalau harga ini masih terlalu mahal kamu bisa memilih keyboard dengan switch Gateron yang tidak terlalu memiliki perbedaan jauh dengan switch Cherry MX.

Harga: Rp. 600 ribuan (Vortex VX7 Switch Cherry MX) Rp. 400 ribuan (Vortex VX7 Switch Gateron)


5. Digital Alliance K1 Meca 2.7

Digital Alliance K1 Meca 2.7

Dengan harga yang pas di kantong, keyboard gaming murah keluaran Digital Alliance ini memiliki kualitas yang oke dengan konsep LED RGB. Kamu juga bisa memilih berbagai varian keyboard ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Ukuran keyboard mekanikal ini sangat kompak karena mengusung konsep TKL (Ten Key Less). Namun sayang tidak ada ruang untuk manajemen kabel, walau begitu keyboard ini kabelnya sudah braided.

Harga: Rp. 400 ribuan


6. Corsair K66

Corsair K66

Dengan konsep full size keyboard, Corsair K66 tampak sanga kokoh untuk digunakan. Namun sayang keyboard ini tidak dilengkapi dengan lampu LED sehingga tidak cocok untuk digunakan dalam ruangan dalam pencahayaan minim.

Walau begitu kamu akan mendapatkan banyak fitur menarik salah satunya adalah Corsair Utility Engine (CUE) untuk melakukan berbagai pengaturan dan juga tombol khusus untuk multimedia serta dukungan Windows Key Lock Mode yang sangat berguna saat bermain game.

Harga: Rp. 800 ribuan


7. Ducky One 1687- Non LED

Ducky One 1687- Non LED

Walau tidak memiliki LED, Ducky One 1687 hadir dengan konsep TKL (Ten Key Less) sehingga cukup kompak dan nyaman untuk digunakan. Keyboard ini juga menggunakan switch Cherry MX dengan berbagai varian.

Harga: Rp. 800 ribuan

Menarik: 17 Aplikasi Karaoke Terbaik untuk PC dan Laptop!


8. Logitech G413 Carbon

Logitech G413 Carbon

Logitech adalah jaminan kualitas, kamu akan mendapatkan kualitas terbaik saat memilih keyboard ini. Walaupun tidak dibekali dengan LED RGB, tapi LED yang berwarna merah pada keyboard ini memberikan kesan gahar.

Desain body kombinasi alumunium dan plastik membuat keyboard ini sangat solid dan nyaman digunakan. Tidak menggunakan switch Cherry MX tapi menggunakan Switch Romer-G yang diklaim lebih cepat dalam merespon dan juga lebih presisi.

Harga: Rp. 900 ribuan.


9. Rexus Legionare MX2

Rexus Legionare MX2

Keyboard ini tergolong lebar karena menggunakan konsep full size keyboard dengan tombol numpad pada sebelah kanan.

Dengan harga yang murah bukan berarti tidak berkualitas, Rexus Legionare MX2 tidak hanya tahan dari cipratan air tapi keyboard ini benar benar tahan air! Menariknya Rexus Legionare MX2 memberikan fasilitas yang memungkinkan kamu untuk melepas dan mengganti switch keyboard. Oke banget kan?

Harga: Rp. 400 ribuan.


10. IKBC C87

IKBC C87

Kalau kamu menyukai keyboard dengan desain yang sederhana dan kompak namun memiliki switch Cherry MX maka keyboard ini adalah pilihan terbaikmu.

Mengusung konsep TKL (Ten Key Less) keyboard ini benar benar kompak dan elegan. Namun sayang dengan tidak adanya LED dan kabel yang belum braided, walau begitu tetap saja tidak menyurutkan minat orang untuk menggunakan keyboard ini.

Harga: Rp 800 ribuan.

Ada banyak pilihan keyboard mekanikal murah yang bisa kamu pilih dalam rentang harga Rp. 400ribuan hingga Rp. 900ribuan. Semua tergantung selera dan plus minus yang bisa kamu pilih.

Satu yang perlu diingat, hindari memilih keyboard hybrid mechanical, karena keyboard jenis ini bukanlah keyboard mekanikal!

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of