Tips dan Cara Menggunakan Tik Tok

Dewasa ini, fenomena aplikasi media sosial kian merebak dikalangan generasi millennial. Aplikasi media sosial berbasis video dan musik semakin banyak, tak terkecuali aplikasi Tik Tok.

Aplikasi Tik Tok pun kini melesat dan menjadi aplikasi yang menjadi favorit di kalangan para pengguna smartphone yang berbasis Android dan iOS.

Meskipun pamor dari Tik Tok kian menurun, tercatat pada bulan Desember 2018, aplikasi Tik Tok berada di urutan ke sepuluh dalam hal Top Free Apps di Google Play Store, artinya Tik Tok masih diminati oleh para penggunanya.

Dilansir dari Google Play, Tik Tok adalah sebuah aplikasi komunitas video global yang didukung oleh musik. Entah itu menari, gaya bebas maupun gaya biasa, para pembuat konten Tik Tok didorong untuk membiarkan dan membebaskan imajinasi mereka dan membebaskan ekspresi!

Baca: Berapa Penghasilan Youtuber Sebenarnya?

Didesain untuk pembuat konten global, Tik Tok memungkinkan para pengguna untuk membuat video pendek yang unik dengan cepat dan mudah untuk dibagi dengan teman dan dunia luar.

Tik Tok adalah tolak ukur budaya baru bagi para pembuat konten yang bersifat global.

Sepak terjang aplikasi Tik Tok di Indonesia sempat mengalami masalah. Pemblokiran pun dilakukan oleh pemerintah terhadap aplikasi ini.

Tik Tok bukan merupakan satu-satunya aplikasi yang diblokir oleh pemerintah melalui Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), hingga Surat Edaran dari Menkominfo Nomor 3 Tahun 2016 tentang penyediaan layanan aplikasi dan atau konten melalui internet.

Dengan landasan hukum tersebut, pemerintah rajin menargetkan situs web atau aplikasi yang mengandung unsur-unsur konten negatif berbau pornografi.

Vimeo, sebuah aplikasi platform video seperti YouTube juga tak luput dari pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah, tepatnya pada 9 Mei 2014.

Dilanjut pada bulan November 2016, Bigo, sebuah aplikasi berbasis live-streaming video pun diblokir oleh pemerintah, kemudian dilanjut pada 5 Maret 2018 aplikasi Tumblr dan weblog tak luput dari pemblokiran oleh pemerintah.

Nah di artikel ini kami akan membahas Cara main tiktok, lalu dilanjutkan dengan Tips main tiktok supaya kamu bisa cepat terkenal. Yuk disimak!


Cara Main Tik Tok

Tidak mungkin jadi seleb tiktok kalau gak tahu cara mainnya. Simak ulasan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Tik Tok berikut ini:

1. Beli Handphone

Jangan beli nokia 3310. Pastinya kamu perlu mempunyai sebuah handphone atau gadget yang mampu menjalankan aplikasi Tik Tok. Sekarang ini sudah banyak handphone 4g murah dibawah 3 juta berbasis Android / iOS yang mampu mendownload dan menjalankan aplikasi Tik Tok.

2. Download Aplikasi Tik Tok

Yang kedua, kamu perlu mengunduh aplikasi Tik Tok di Google Play. Aplikasi Tik Tok dapat diunduh secara gratis dan cuma-cuma.

tiktok google play

3. Login

Setelah diunduh, kamu dapat login dengan menggunakan akun media social kamu, seperti Facebook, Google, Instagram atau akun media sosial kamu yang masih aktif.

Login tiktok

4. Pilih Lagu

Langkah selanjutnya, pilih icon +” di tengah bagian bawah. Lalu kamu akan diberikan berbagai macam pilihan lagu yang bisa dipilih sesuka hati menurut kategorinya.

Namun, jika malas menekan icon +”, kamu dapat mencarinya melalui kolom pencarian. Pilih lagu sesuai dengan jenis video yang ingin kamu buat.

pilih lagu tiktok

Setelah itu, jika kamu sudah menemukan lagu yang dirasa cocok untuk tema video kamu, lanjutkan dengan pilih kolom “Confirm to use and begin shooting”.

6. Pilih Filter

Sebelum merekam video, kamu disuguhkan dengan berbagai macam efek/filter yang membuat kamu semakin bebas berkreatifitas. Segera tekan dan tahan tombol berwarna merah jambu di tengah bagian bawah pada layar handphone. Lepaskan jika sudah dirasa sudah selesai merekam videonya.

7. Siap Jadi Seleb Tik Tok

Dan voila! video berdurasi pendek yang kamu buat dengan berbagai macam filter tadi sudah siap untuk dibagikan kepada dunia media social, kamu pun dapat menyimpan hasil video kamu ke handphone.

Nah kalau sudah yakin bisa menerapkan step step diatas, berikut adalah tips yang wajib kamu laksanakan untuk perjalanan yang mulus dalam bermain tiktok.

Cek juga: Cara menggunakan fitur motion gesture android


Tips dan Trik Main Tik Tok Supaya Hits

Tidak selamanya bermain dan menggunakan aplikasi Tik Tok buruk dan merugikan. Selama penggunanya menggunakan aplikasi secara sehat untuk kreatifitas dan dipakai untuk kesenangan yang bersifat positif, maka penggunanya tidak akan terkena dampak negatifnya.

Jika kamu ingin memulai menggunakan aplikasi Tik Tok untuk menjadi konten kreator yang kreatif, kamu harus simak beberapa tips berikut ini:

1. Belajar

Siapa bilang menggunakan aplikasi Tik Tok tidak butuh belajar? belajar merupakan sebuah kebutuhan dalam diri manusia agar manusia menjadi lebih baik lagi dalam melakukan sesuatu, tak terkecuali dalam menggunakan aplikasi Tik Tok.

Menurut Thursan Hakim, belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan lainnya.

Dalam belajar, kamu tak harus serta merta melakukannya di sekolah saja, YouTube dapat menjadi opsi guru bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi Tik Tok.

Melalui YouTube, banyak orang lain yang memberikan tutorial secara cuma-cuma tentang cara menggunakan dan membuat video di Tik Tok agar hasilnya maksimal, alias tidak asal jadi saja.

2. Pilih Lagu Yang Tepat

Yak, pemilihan lagu merupakan awal yang penting. Pilihlah lagu yang banyak dikenal oleh orang. Biasanya dalam aplikasi Tik Tok, lagu barat yang viral lah yang menjadi incaran tontonan bagi para penggunanya. Disarankan untuk memilih lagu yang enak didengar dan lagu-lagu terkenal.

3. Manfaatkan Transisi

Dalam Tik Tok, memainkan transisi sangatlah penting, apabila transisi videonya bagus dan enak dilihat maka video kamu akan menjadi tontonan banyak orang dan bisa menambah pundi-pundi uang. Terlebih lagi jika ada nada bertema beat yang mengiringi lagu dalam video yang kamu buat.

Perlu adanya jam terbang yang mumpuni agar transisi dalam video yang kamu buat mendapatkan banyak likes dan menjadi Top Global Tik Tok. Kembali lagi, kamu harus banyak belajar untuk mendapatkan hasil video yang bagus.

4. Gunakan Smartphone Canggih

Dalam setiap penggunaan aplikasi dibutuhkan ponsel yang mumpuni alias canggih. Handphone yang ideal adalah ponsel canggih dengan RAM besar dan kamera ciamik seperti iPhone.

Karena apabila kapasitas ponsel yang kamu miliki kecil, maka hampir bisa dipastikan kamu akan mengalami perlambatan dalam bermain Tik Tok.

5. Harus Ganteng atau Cantik

Ini yang paling penting, kamu harus memiliki tampang atau paras yang mumpuni.

Untuk menjadi seorang yang terkenal, kebanjiran fans, pengikut yang banyak, jumlah likes yang melimpah, hingga artis endorse, kamu harus memiliki paras yang enak dilihat oleh orang lain agar nama kamu dapat mencuat ke permukaan dan menjadi terkenal.

6. Riset

Tips yang terakhir, kamu harus melakukan riset lirik agar kamu hafal dan lancar dalam bermain video di Tik Tok.

Selanjutnya kamu harus melakukan riset kepada selebriti Tik Tok yang memiliki kreativitas dan totalitas yang tinggi serta terkenal. Semua itu agar kamu dapat belajar dan menjadi bahan acuan kamu dalam membuat video di Tik Tok.

Intinya jangan terlihat kaku di depan kamera handphone. Selamat mencoba!

Baca juga: Pilihan game balap motor liar android paling seru!

Summary
Author Rating
1star1star1star1stargray
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Software Name
Tik Tok
Operating System
Android, iOS
Software Category
Social Media

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of