Tips dan Cara Menggunakan Tik Tok

Dewasa ini, fenomena aplikasi media sosial kian merebak dikalangan generasi millennial. Aplikasi media sosial berbasis video dan musik semakin banyak, tak terkecuali aplikasi Tik Tok. Aplikasi Tik Tok pun kini melesat dan menjadi aplikasi yang menjadi favorit di kalangan para pengguna smartphoneyang berbasis Android dan iOS.

Meskipun pamor dari Tik Tok kian menurun pada tahun ini, tercatat pada bulan Desember 2018, aplikasi Tik Tok berada di urutan ke sepuluh dalam hal Top Free Appsdi Google Play Store, artinya Tik Tok masih diminati oleh para penggunanya. Padahal, pada bulan Februari tahun 2018 aplikasi ini sukses memuncaki daftar Top Free Appsdi Google Play Store.

Dilansir dari Google Play, Tik Tok adalah sebuah aplikasi komunitas video global yang didukung oleh musik. Entah itu menari, gaya bebas maupun gaya biasa, para pembuat konten Tik Tok didorong untuk membiarkan dan membebaskan imajinasi mereka dan membebaskan ekspresi.

Baca: Berapa penghasilan bulanan youtuber?

Didesain untuk pembuat konten global, Tik Tok memungkinkan para pengguna untuk membuat video pendek yang unik dengan cepat dan mudah untuk berbagi dengan teman dan dunia luar. Tik Tok adalah tolak ukur budaya baru bagi para pembuat konten yang bersifat global.

Sejarah aplikasi Tik Tok ini berasal dari negara China, menurut situs kr-asia.com, aplikasi Tik Tok diluncurkan oleh bytedance pada bulan September 2016, selain Tik Tok bytedance juga mendirikan Vigo Lite, sebuah aplikasi yang fungsinya sama dengan Tik Tok. Aplikasi Tik Tok telah menyalip dan mengungguli aplikasi WeChat super dari Tencent dan telah menjadi aplikasi bebas biaya yang paling banyak diunduh di smartphone berbasis iOS Apple Storedi China.

Aplikasi Tik Tok dibuat oleh developer Toutiao, developer ini berasal dari China. Menurut laporan layanan data Jiguang di China, pada bulan Februari tahun 2018 aplikasi Tik Tok diunduh hingga mencapai 32,5 juta, pada festival musim semi China jumlahnya meningkat hingga mencapai 62 juta. Sedangkan untuk diluar China, Tik Tok menjelma menjadi aplikasi yang fenomenal, bahkan di Indonesia yang notabene nya merupakan negara dengan predikat penggunaan internet terbesar keenam di dunia, aplikasi Tik Tok sangat popular di Indonesia.

Saat ini siapa yang tak mengetahui Tik Tok? Hampir dipastikan tidak ada. Karena itu, menurut pimpinan divisi marketing Tik Tok, Viv Gong, aplikasi Tik Tok mempunyai kesempatan yang amat besar di Indonesia, Viv Gong berencana untuk menghasilkan lebih banyak content creator di Indonesia, dengan menyasar generasi millennial sebagai pasar utamanya, para generasi millennial ini digiring untuk bisa menciptakan menciptakan video dan berbagi ke dunia bahwa mereka bisa membuat video musik dengan lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan teknologi canggih.

Hadirnya aplikasi Tik Tok di Indonesia dimulai sejak 3 September 2017, Tik Tok secara resmi melangkahkan kakinya. Saat peluncurannya di Indonesia, pihak Tik Tok mengundang hingga 100 kreator, termasuk selebritas Salshabilla Adriani dan Suppanad Jittaleela. Namun kehadiran Tik Tok di Indonesia mengundang berbagai macam pro dan kontra.

Ada yang berfikir bahwa Tik Tok merupakan sebuah aplikasi yang banyak mengandung banyak dampak negatif dan menimbulkan kerugian, adapula yang menganggap Tik Tok merupakan sebuah aplikasi yang memiliki dampak positif karena memunculkan banyak kreator-kreator yang memiliki jiwa kreatifitas dalam mengolah video.

Sepak terjang aplikasi Tik Tok di Indonesia sempat mengalami masalah. Pemblokiran pun dilakukan oleh pemerintah terhadap aplikasi Tik Tok ini, meskipun Tik Tok bukan merupakan satu-satunya aplikasi yang diblokir oleh pemerintah. Melalui Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) hingga Surat Edaran dari Menkominfo Nomor 3 Tahun 2016 tentang penyediaan layanan aplikasi dan atau konten melalui internet.

Dengan landasan hukum tersebut, pemerintah rajin menargetkan situs web atau aplikasi yang mengandung unsur-unsur konten negatif berbau pornografi. Vimeo, sebuah aplikasi platform video seperti YouTube juga tak luput dari pemblokiran yang dilakukan oleh pemerintah, tepatnya pada 9 Mei 2014.

Dilanjut pada bulan November 2016, Bigo, sebuah aplikasi berbasis live-streaming video pun diblokir oleh pemerintah, kemudian dilanjut pada 5 Maret 2018 aplikasi Tumblr dan weblog tak luput dari pemblokiran oleh pemerintah.


Cara Main Tik Tok

Tidak mungkin jadi seleb tiktok kalau gak tahu cara mainnya. Simak ulasan tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi Tik Tok berikut ini:

1. Beli Handphone

Jangan beli nokia 3310. Pastinya kalian perlu mempunyai sebuah handphone / gadget yang mampu menjalankan aplikasi Tik Tok. Sekarang ini sudah banyak handphone berbasis Android/iOs yang mampu mendownload dan menjalankan aplikasi Tik Tok.

2. Download Aplikasi Tik Tok

Yang kedua, kalian perlu mengunduh aplikasi Tik Tok di Google Play Store. Aplikasi Tik Tok dapat diunduh secara gratis dan cuma-cuma.

Download tiktok google play

3. Login

Setelah diunduh, kalian dapat login dengan menggunakan akun media social kalian, seperti Facebook, Google, Instagram atau akun media social kalian yang masih aktif.

sign in tiktok

4. Pilih Lagu

Langkah selanjutnya, pilih icon “+” di tengah bagian bawah. Lalu kalian akan diberikan berbagai macam pilihan lagu yang bisa dipilih sesuka hati menurut kategorinya. Namun, jika malas menekan icon “+” kalian dapat mencarinya melalui kolom pencarian. Pilih lagu sesuai dengan jenis video yang ingin kalian buat.

Setelah itu, jika kalian sudah menemukan lagu yang dirasa cocok untuk tema video kalian, lanjutkan dengan pilih kolom “Confirm to use and begin shooting”.

6. Pilih Filter

Sebelum merekam video, kalian disuguhkan dengan berbagai macam efek/filter yang membuat kalian semakin bebas berkreatifitas. Segera tekan dan tahan tombol berwarna merah jambu di tengah bagian bawah pada layar handphone Lepaskan jika sudah dirasa sudah selesai merekam videonya.

7. Siap Jadi Seleb Tik Tok

Dan voila! video berdurasi pendek yang kalian buat dengan berbagai macam filter tadi sudah siap untuk dibagikan kepada dunia media social, kalian pun dapat menyimpan hasil video kalian ke handphone.

Nah kalau sudah yakin bisa menerapkan step step diatas, berikut adalah tips yang wajib kamu laksanakan untuk perjalanan yang mulus dalam bermain tiktok.


Tips Main Tik Tok

Tidak selamanya bermain dan menggunakan aplikasi Tik Tok buruk dan merugikan. Selama penggunanya menggunakan aplikasi secara sehat untuk kreatifitas dan dipakai untuk kesenangan yang bersifat positif, maka penggunanya tidak akan terkena dampak negatifnya.

Jika kalian ingin memulai menggunakan aplikasi Tik Tok untuk menjadi konten kreator yang kreatif kalian harus simak beberapa tips berikut ini:

1. Belajar

Siapa bilang menggunakan aplikasi Tik Tok tidak butuh belajar? belajar merupakan sebuah kebutuhan dalam diri manusia agar manusia menjadi lebih baik lagi dalam melakukan sesuatu, tak terkecuali dalam menggunakan aplikasi Tik Tok.

Menurut Thursan Hakim, ialah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan lain-lainnya.

Dalam belajar kalian tak harus serta merta melakukannya di sekolah saja, YouTube dapat menjadi opsi guru bagi kalian yang akan menggunakan aplikasi Tik Tok. Melalui YouTube, banyak orang lain yang memberikan tutorial secara cuma-cuma tentang cara menggunakan dan membuat video di Tik Tok agar hasilnya maksimal atau tidak asal jadi saja.

2. Pilih Lagu Yang Tepat

Yak, pemilihan lagu merupakan awal yang penting, pilihlah lagu yang banyak dikenal oleh orang. Biasanya dalam aplikasi Tik Tok, lagu barat yang viral lah yang menjadi incaran tontonan bagi para pengguna Tik Tok. Disarankan untuk memilih lagu yang enak didengar dan lagu-lagu terkenal.

3. Manfaatkan Transisi

Dalam Tik Tok, memainkan transisi sangatlah penting, apabila transisi videonya bagus dan enak dilihat maka video kalian akan menjadi tontonan banyak orang dan bisa menambah pundi-pundi Apalagi jika ada nada bertema beat yang mengiringi lagu dalam video yang kalian buat.

Perlu adanya jam terbang yang mumpuni agar transisi dalam video yang kalian buat menjadi banyak mendapatkan likes dan menjadi Top Global Tik Tok. Kembali lagi, kalian harus banyak belajar untuk mendapatkan hasil video yang bagus.

4. Harus Punya Smartphone

Dalam setiap penggunaan aplikasi dibutuhkan ponsel yang mumpuni alias canggih. Handphone yang digunakan dibutuhakn ponsel canggih yang berkapasitas besar. Karena apabila kapasitas ponsel yang kalian miliki kecil maka hampir bisa dipastikan kalian akan mengalami perlambatan dalam bermain Tik Tok.

5. Jadilah Orang Ganteng

Ini yang paling penting, kalian harus memiliki tampang atau paras yang mumpuni. Menjadi seorang yang terkenal, kebanjiran fans, pengikut yang banyak, jumlah likes yang melimpah, hingga artis endorse, kalian harus memiliki tampang atau paras yang enak dilihat oleh orang lain agar nama kalian dapat mencuat ke permukaan sehingga menjadi terkenal.

6. Riset

Tips yang terakhir, kalian harus melakukan riset lirik agar kalian hafal dan lancar dalam bermain video di Tik Tok. Selanjutnya kalian harus melakukan riset kepada selebriti Tik Tok yang memiliki kreativitas dan totalitas yang tinggi serta terkenal agar kalian dapat belajar dan menjadi bahan acuan kalian dalam membuat video di Tik Tok, intinya jangan terlihat kaku di depan kamera handphone

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *