Apa itu Spotify Family dan Gimana Cara Daftarnya?

Kamu yang merupakan pecinta musik pasti sudah tahu apa itu Spotify. Ya, Spotify merupakan salah satu layanan pemutar musik online yang paling populer di muka bumi saat ini. Hal ini tidak terlepas dari lengkapnya koleksi musik yang ada di sana.

Tapi tahukah kamu, startup digital sebesar Spotify pun saat ini masih “bakar duit”. Oleh karena itulah mereka banyak membuat fitur serta promosi-promosi yang menarik agar pelanggannya bisa tetap setia menggunakan jasa mereka.

Nah Spotify sendiri diketahui telah merilis salah satu promo mereka yang paling menarik, yakni promo Spotify Premium Family atau lebih biasa disebut Spotify Family. Tapi sebenarnya apa itu Spotify Family? Bagaimana cara daftarnya? Pastinya kami akan bahas semua hal yang perlu kamu tahu tentang Spotify Family!


Apa itu Spotify Family?

Spotify Premium Family Homepage Banner

Spotify Family atau yang secara resmi memiliki nama Spotify Premium for Family merupakan salah satu layanan dari Spotify yang memungkinkan kamu untuk memiliki enam buah akun Spotify premium sekaligus dengan subscription bulanan yang didiskon.

Sama seperti Spotify Premium, seluruh anggota keluarga yang terdaftar ke dalam Spotify Premim for Family ini memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut adalah:

  1. Akses tanpa batas terhadap lebih dari 30 juta lagu yang ada di dalam Spotify.
  2. Akses bebas pilih lagu apapun yang kamu mau, hal ini berlainan dengan mereka yang tidak memiliki akun premium. Dimana mereka yang tidak memiliki akun premium ini tidak diizinkan untuk memilih lagu sendiri melainkan harus diputarkan lagu secara random.
  3. Pilihan untuk mengunduh seluruh lagu tersebut dan kesempatan untuk mengaksesnya secara offline selama akun premium masih aktif.
  4. Akses aplikasi bebas iklan, yang seringkali mengganggu bila kamu tidak memiliki akun premium.

Intinya sih Spotify Family merupakan akun Spotify Premium yang dikemas khusus bagi kamu enam orang (maksimal) yang tinggal di dalam satu alamat sebagai keluarga. Kemudian dengan mendaftarkan akun Spotify Family nantinya kamu bisa membayar biaya bulanan lebih murah.

Menariknya dengan berlangganan akun Spotify Premium for Family ini, kamu mendapatkan beberapa fitur tambahan yang menarik. Salah satunya adalah fitur filter explicit content, agar si pembayar utama bisa menentukan apa yang bisa dan tidak bisa didengarkan oleh 5 orang lainnya.


Syarat dan Ketentuan Spotify Family

Agar tidak disalahgunakan, tentu saja ada beberapa aturan penting yang harus dipatuhi oleh kamu yang ingin menggunakan Spotify Family. Berikut ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Langganan Premium Family berarti akses penuh kepada satu pemegang akun utama ditambah dengan maksimal 5 orang anggota keluarga.
  2. Secara legal pemegang akun utama dan akun tambahan harus merupakan keluarga yang tinggal di dalam satu alamat.
  3. Aktivasi akun Spotify Family akan diikuti dengan verifikasi alamat rumah, serta akan dilakukan verifikasi alamat rumah secara berulang kali agar tidak disalahgunakan.
  4. Pembayar dari akun ini merupakan satu pemegang akun utama.
  5. Pembayaran dilakukan secara penuh hingga akhir masa langganan, sehingga perlu diingat untuk tetap mematuhi aturan yang diberikan oleh pihak Spotify. Karena pada dasarnya secara legal pihak Spotify memiliki hak untuk memutus langganan yang sedang berlangsung apabila ditemukan pelanggaran. Selain itu kamu juga boleh memutuskan untuk berhenti langganan di tengah-tengah periode. Namun perlu diingat uang yang telah dibayarkan hingga akhir masa langganan tidak bisa dikembalikan atas alasan apapun.

Pada dasarnya sih selama kamu mematuhi aturan yang diberikan oleh pihak Spotify, kami jamin akun yang kamu punya akan aman-aman saja kok!


Cara Daftar Akun Spotify Family

Proses berlangganan Spotify Premium for Family ini mirip dengan proses langganan Spotify Premium biasa, ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan:

  1. Tentu saja pertama-tama kamu harus memiliki akun Spotify di PC ataupun laptop yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu lakukan pendaftaran akun Spotify, atau bila malas kamu bisa langsung melakukan login dengan akun Google ataupun Facebook milikmu yang sudah ada sebelumnya.
  3. Setelah itu kamu akan masuk ke dalam laman akun Spotify, di sana kamu bisa langsung klik pilihan upgrade untuk mengubah akunmu menjadi akun premium.
  4. Setelah itu kamu akan diberikan pilihan plan, pilihlah pilihan plan untuk keluarga dan jangan lupa memasukkan jumlah sub-akun yang kamu inginkan.
  5. Lakukan pembayaran.
  6. Bila sudah kamu tinggal mengonfirmasi pembayaran tersebut, dan kamu bisa langsung memulai mendengarkan musik dengan menggunakan Spotify Premium yang kamu punya.

Setelah melakukan pendaftaran, tentu saja kamu harus mengundang anggota keluargamu sehingga slot dari akun Spotify Family yang kamu bayar ini penuh. Semakin banyak anggota keluarga tentu saja semakin untung!

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengundang anggota keluargamu adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung masuk ke dalam laman akun Spotify yang kamu punya.
  2. Lalu pilihlah pilihan manage, dan klik pilihan empty slot.
  3. Di dalam laman tersebut kamu bisa langsung memasukkan email dari akun anggota keluargamu yang ingin dimasukkan ke dalam akun premium bersama ini. Klik Invite Member By Link.
  4. Bila sudah memasukkan alamat email masing-masing anggota keluarga, kamu bisa langsung klik Send Invite untuk mengirimkan email tersebut.
  5. Tunggu hingga orang yang kamu undang untuk bergabung dengan akun Spotify Family mengonfirmasi undangan yang kamu berikan. Bila sudah maka secara otomatis orang-orang tersebut akan bergabung denganmu.

Bagaimana, mudah bukan?


Pertanyaan Seputar Spotify Family

Tanya – Apakah akun yang digunakan di dalam Spotify Family merupakan akun bersama?

Jawab akun yang ada di dalam Spotify Family merupakan akun sendiri-sendiri, sehingga masing-masing akun tidak terikat dengan akun lain. Kamu cukup login dengan menggunakan akunmu sendiri, memutar musik kesukaanmu, serta mendapatkan rekomendasi musik sesuai dengan pilihan-pilihanmu sebelumnya.

Tanya – Apakah file musik yang sebelumnya sudah tersimpan akan hilang bila upgrade ke Spotify Family?

Jawab – File dari musik-musik yang sebelumnya kamu simpan ketika kamu sudah memiliki akun premium tidak akan terhapus apabila kamu berlangganan akun Spotify Premium for Family. Kembali lagi karena kepemilikan dari akun yang ada adalah sendiri-sendiri.

Tanya – Berapa biaya yang harus dibayarkan oleh masing-masing anggota dari pemilik akun Spotify Family?

Jawab – Biaya yang harus dibayarkan selama satu bulan berlangganan Spotify Family adalah sebesar Rp 79.000,- Untuk biaya tersebut nantinya akan dibebankan kepada si pemilik akun utama yang mendaftarkan akun pertama kali. Nah adapun kamu yang merupakan anggota tambahan tentu saja dibebaskan bila ingin membantu patungan membayar biaya tersebut.

Tanya – apakah langganan Spotify Family benar-benar worth it?

Jawab – pada dasarnya sih tidak ada jawaban pasti terkait pertanyaan ini. Sebenarnya kebanyakan informasi yang kami dapatkan terkait pertanyaan ini hanya bersumber dari testimony pengguna sebelumnya. Tapi rata-rata orang yang menggunakan Spotify Family cukup puas kok dan merasa harga yang diberikan cukup layak!

4 1 vote
Article Rating
Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 2 votes
Software Name
Spotify Family
Operating System
Android, iOS, Microsoft Windows, MacOS
Software Category
Music
Price
IDR 79000

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments