Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online 2019

Dengan begitu banyaknya kendaraan yang bekeliaran dijalanan seluruh penjuru kota, pastinya anda sudah tahu bahwa plat nomor adalah hal yang wajib dimiliki oleh semua kendaraan tersebut.

Plat nomor ini sebenarnya hanyalah ‘wajah’ dari nomor kendaraan yang tercantum di STNK setiap kendaraan bermotor. Nomor kendaraan ini adalah identitas dari kendaraan, sama halnya dengan nomor KTP setiap warga negara Indonesia.

Memang seharusnya anda selalu membawa STNK kemanapun anda pergi, namun bagaimana kalau anda sedang tidak bawa STNK, namun perlu cek tanggal jatuh tempo pajak dan harga yang harus dibayarkan?

Ada tiga cara yang bisa anda lakukan yaitu cek plat nomor melalui samsat online, cek plat nomor melalui SMS, dan langsung datang ke Samsat terdekat.


Cek Plat Nomor Kendaraan via SMS dan Online

Dua metode yang paling mudah adalah SMS dan Online. Sayangnya, hanya samsat di area-area tertentu yang sudah menyediakan fitur ini. Silakan disimak!

1. Polda Metro Jaya (DKI Jakarta)

Tentu saja Polda Metro Jaya sudah menyediakan fitur ini. Cara cek plat nomor kendaraannya adalah dengan mengakses website resmi E-Samsat Jakarta. Setelah itu isilah form sesuai yang diminta, masukkan kode CAPTCHA lalu klik Proses.

Website kemudian akan menampilkan semua data mengenai kendaraan tersebut, termasuk tanggal jatuh tempo pajak dan nominal yang harus dibayar.

Cara lain adalah dengan ketik SMS METRO (spasi) Plat Nomor Kendaraan kemudian kirim ke 1717. Biaya SMS ini adalah Rp 1.000. Kemudian kamu akan mendapat balasan berupa jenis kendaraan, masa berlaku nomor kendaraan, tahun pajak, tanggal jatuh tempo pajak, hingga biaya pajak.

2. Polda Jawa Barat

Untuk anda yang warga jawa barat (beli kendaraan di jawa barat), silakan akses situs resmi Bapenda Jabar, kemudian masukkan info kendaraan di form yang telah disediakan, selesaikan CAPTCHA, lalu klik Cari.

Website akan menampilkan jenis kendaraan, tahun pajak, tanggal jatuh tempo bayar pajak, dan biaya yang harus dibayarkan.

Untuk mendapat info plat nomor dari SMS, ketik poldajbr (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim ke 3977.

Alternatif lain adalah dengan mengetik SMS dengan format Kode Plat / Nomor Plat / Huruf Plat (spasi) Warna Kendaraan bermotor Kode Plat / Nomor Plat / Huruf Plat (spasi) Warna Kendaraan bermotor lalu kirim ke 0811 211 9211. Contoh: D/1234/CA hitam.

3. Polda Jawa Tengah

Untuk warga semarang, solo, tegal, dan kota jawa tengah lainnya, anda bisa akses website resmi BPPD Jawa Tengah, masukkan data nomor kendaraan dan klik Submit.

Untuk cek dari SMS, ketik SMS dengan format JATENG (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim ke 9600. Anda akan mendapat balasan berupa jenis kendaraan, jumlah pajak yang harus dibayar, tahun pajak, tanggal jatuh tempo pajak, hingga masa berlaku nomor kendaraan.

4. Polda Jawa Timur

Untuk anda yang warga Surabaya, Malang, Gresik, dan lainnya, anda bisa cek data kendaraan dengan mengetik SMS dengan format JATIM (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim ke 7070.

Anda juga bisa akses website resmi E-Samsat Jawa Timur, isi form yang dibutuhkan lalu klik Submit. Website akan menampilkan informasi kendaraan berupa jenis kendaraan, tahun pajak, tanggal jatuh tempo, dan harga pajak.

Selain dua cara diatas, kalau kendaraan anda dari jawa timur, anda bisa cek data kendaraan dengan aplikasi E-Smart Samsat Jatim yang bisa diunduh dari Google Play.

5. Polda Kepulauan Riau

Bagi warga riau, akses website resmi Bapenda Riau, input data nomor kendaraan lalu klik submit. Website akan menampilkan data-data penting terkait STNK kendaraan tersebut misalnya nominal pajak, tanggal jatuh tempo, dan jenis kendaraan,

Untuk cek plat nomor dari SMS, ketik Kepri (spasi) Nomor Plat Kendaraan Bermotor dan kirim ke 9969.

6. Polda Yogyakarta

Untuk warga Yogyakarta, hanya satu cara yang bisa dilakukan untuk cek plat nomor yaitu dengan metode SMS. Ketik DIY (spasi) Plat Nomor Kendaraan lalu kirim ke 9600. Kamu akan mendapat balasan berupa jenis kendaraan, jumlah pajak yang harus dibayar, tahun pajak, hingga masa berlaku STNK.

7. Polda Sumatera Barat

Untuk cek plat nomor kendaraan Sumatera Barat, akses situs resminya di Info PKB Sumbar , kemudian isi data plat nomor lalu klik PROSES. Kamu juga bisa registrasikan nomor ponselmu untuk mendapat SMS informasi jatuh tempo pajak secara gratis.

Setelah klik Proses, website akan menampilka data jenis kendaraan, tahun pajak, tanggal jatuh tempo bayar pajak, dan biaya yang harus dibayarkan.

8. Polda Aceh

Untuk warga Aceh, akses website E-Samsat Aceh , isi data plat nomor, lalu website akan menampilkan data kendaraan seperti jenis kendaraan, tahun pajak, tanggal jatuh tempo, dan biaya pajak yang harus dibayarkan.

9. Polda Sulawesi Tengah

Sama seperti Aceh dan Sumatera Barat, warga Sulawesi Tengah hanya bisa mengecek data plat nomor melalui cara online. Akses website resmi Info Pajak Kendaraan Bermotor Sulteng, masukkan nomor polisi dan nomor rangka kendaraan, lalu klik CARI PKB.


Cek Plat Nomor di Samsat

Ini adalah cara yang paling ribet namun masing paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus anda persiapkan, supaya tidak bolak-balik kerumah!

  • Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (Bukti PKB) yang terakhir.
  • KTP asli dan fotokopiannya.
  • BPKB asli serta fotokopian lembar pertama.
  • STNK asli serta fotokopiannya.

Setelah siap dengan dokume diatas, datangi Samsat terdekat, ambil formulir pembayaran pajak, isi formulirnya, serahkan formulir dan nantinya kamu akan diberikan nomor antrian. Tunggu sampai anda dipanggil.

Setelah dipanggil, serahkan nomor antrian dan bayarlah pajak. Setelah itu tunggu lagi untuk dipanggil ke loket pengambilan STNK baru.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek plat nomor, sampai ke bayar pajaknya. Kami sarankan cek dulu data plat nomor dari Online ataupun SMS, barulah kemudian kalaumau bayar pajak, siapkan semua dokumen yang dibutuhkan, dan datangi kantor Samsat terdekat.

Semoga bermanfaat, jangan lupa komentar dan share!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of