Cara Blokir Kartu Sim Telkomsel Yang Hilang

Kartu SIM Telkomsel kamu saat ini hilang? Berikut kami berikan langkah cara blokir kartu sim telkomsel hilang dan langkah melakukan penggantian kartu baru.

Telkomsel merupakan provider telekomunikasi terbesar dan tertua di Indonesia. Tak heran jika saat ini banyak lapisan masyarakat yang menggunakan provider yang satu ini. Selain itu Telkomsel memiliki jaringan menyebar luas serta kuat. Dalam beberapa tahun terakhir telkomsel tersus berbenah dan membuat berbagai terobosan inovasi terbaru.

Kebanyakan dari pengguna simpati sudah memiliki nomer lebih dari 10 tahun. Tentunya hal tersebut sangat berarti. Namun sayangnya, kartu SIM yang berumur panjang dapat membawa petaka juga, salah satunya bila kartu SIM Telkomsel hilang karena beberapa sebab.

Cek juga: Cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati


Cara Blokir Kartu Sim Telkomsel

Apabila kartu sim telkomsel kamu hilang atau rusak, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah segera blokir kartu sim telkomsel kamu.

Langkah ini wajib kamu lakukan untuk menghindari penyalahgunaan kartu oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, apalagi sampai melakukan tindakan kriminal menggunakan kartu SIM milikmu. Hal ini sebagai antisipasi saat kartu SIM hilang.

Langkah mudah memblokir kartu SIM Telkomsel yang hilang :

  1. Segera hubungi layanan 188 dan tunggu hingga tersambung ke operator customer service.
  2. Bila sudah tersambung, sampaikan jika kamu ingin memblokir kartu SIM karena telah hilang.
  3. Operator akan menanyakan beberapa data asli anda yang terdaftar di kartu SIM yang hilang. Tunggu proses ini sampai data terverifikasi dengan benar.
  4. Apabila seluruh data telah diverifikasi dengan benar, maka kartu SIM yang hilang telah diblokir oleh provider ini.

Cara Mengganti Kartu SIM Telkomsel

Setelah kamu selesai pemblokiran kartu, silahkan langsung ke Grapari terdekat untuk membuat kartu yang baru. Telkomsel memiliki mekanisme yang cukup mudah  untuk penggantian kartu SIM milik pelanggannya. Provider ini sudah berpengalaman dengan jutaan pelanggan selama bertahun-tahun.

Sebelum kamu ke Grapari Telkomsel terdekat, terlebih dahulu persiapkan hal berikut :

Pastikan kartu SIM telkomsel kamu benar-benar rusak atau hilang:

  • Pindah tempat untuk memastikan jaringan, atau bisa bandingkan jaringan dengan teman kamu. Jika mengalami gangguan jaringan yang sama, dipastikan gangguan berada di providernya.
  • Kalau cara pertama tidak berhasil, cara lain dengan lakukan restart ponsel.
  • Bila tetap tidak berhasil maka ada cara terakhir untuk mengecek dengan memindahkan kartu SIM ke ponsel lain.

Jika sudah yakin kartu rusak bersiaplah untuk ke Grapari terdekat:

  • Bawa KTP asli serta fotokopi KTP 2 buah
  • Bawa KK asli serta fotokopi 2 buah
  • Siapkan dua sampai lima nomor yang sering kamu hubungi dengan kartu SIM yang rusak.
  • Siapkan uang Rp 50.000 untuk berjaga-jaga apabila dikenai biaya perbaikan kartu.
  • Setelah itu kamu bisa langsung ke Grapari terdekat. Ambilah nomor antrian dan tunggu sebentar. Setelah dipanggil petugas, serahkan persyaratan di atas.

Biasanya customer service akan menawarkan untuk mengganti kartu menjadi 4G. bila ponsel kamu sudah support 4G langsung diganti aja. Setelah itu cobalah kartu baru ke handphone kamu untuk menghindari masalah lainnya.

Jangan lupa langkah pertama yang sangat penting untuk menjaga hal hal buruk terjadi karena kartu sim kamu yang hilang. Selamat mencoba ya!

0 0 vote
Article Rating

Yoko Widito

Yoko Widito adalah penulis konten profesional dan pegiat SEO dengan banyak pengalaman di berbagai website nasional ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments