Lindungi ‘Moral’, Kominfo Blokir Konten Dewasa dari Pencarian Google

Anda tidak bisa lagi menggunakan Google untuk melihat organ reproduksi manusia, kecuali menggunakan VPN atau melihat secara langsung, karena semua hasil pencarian di Google yang dianggap mengandung konten dewasa sudah tidak bisa diakses sama sekali.

Kita tahu situs dewasa banyak yang diblokir, namun langkah selanjutnya yang diambil Kominfo adalah memaksa ISP di Indonesia untuk selalu mengaktifkan fitur “safe search” di google agar konten yang dianggap berbau pornografi tidak bisa tayang, baik itu gambar kelenjar susu wanita, organ reproduksi manusia, ataupun proses berkembang biak homo sapiens.

Fitur “safe search” di Google yang bisa dinyalakan atau dimatikan seharusnya menuntut kita semua untuk lebih bijak dalam menggunakan internet, baik untuk diri sendiri maupun oranglain (terutama anak-anak, untuk para orangtua).

Fitur ini perlu dinyalakan kalau si pengguna sekiranya belum cukup dewasa, dan bisa dimatikan kalau si pengguna sudah cukup cerdas untuk tidak terbawa ke hal yang negatif hanya dari melihat gambar dan video. (Lihat: Cara menghapus akun instagram selamanya)

Pada 2014, forum internet yang sangat besar yaitu Reddit, diblokir oleh Kominfo. Kalau belum tahu, Reddit adalah website yang menyediakan wadah diskusi mengenai berbagai topik yang sangat luas, dan seringkali memberi sudut pandang berbeda (misalnya terhadap ideologi atau politik) dari berita yang tayang di televisi dan media terkontrol lainnya.

Baca juga:

Mengenai konten, konten dewasa Reddit terletak di sub-forum yang terpisah dari semua sub-forum lainnya.

Dikutip dari dari Vice.com, Kominfo telah meluncurkan sistem Cyber Drone 9 di awal tahun 2018. Sistem yang membutuhkan dana 204 milyar rupiah ini bertugas membasmi konten negatif yang dapat merusak moral anak bangsa, misalnya gambar kelenjar susu wanita.

menkominfo rudiantara

Internet yang kita anggap sebagai portal suara dan informasi yang bebas dari kontrol otoritas, mungkin perlu kita telaah lagi – sama seperti media cetak dan televisi di Jaman yang dulu. Bedanya, sekarang semua dimulai dengan mengatasnamakan moral anak bangsa. Sebut saja Orde Blokir.

Akhir kata, dengan dipaksa aktif nya fitur “safe search” oleh Kominfo, diharapkan moral anak muda akan terjaga meskipun tanpa edukasi internet yang memadai. Tidak lupa juga kita senantiasa berdoa agar generasi selanjutnya agar tidak semakin penasaran dengan hal yang tabu dan terlarang.

2 thoughts on “Lindungi ‘Moral’, Kominfo Blokir Konten Dewasa dari Pencarian Google

  • August 15, 2018 at 8:37 PM
    Permalink

    204 MILYAR!???

    Cuma buat nyuruh Google nyalain fitur SafeSearch???????

    THIS IS OUTRAGEOUS MOTHERFUCKER

    Reply
    • December 19, 2018 at 7:52 PM
      Permalink

      betul pak memang sintink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *