9 Situs Khusus Edit Foto Online Terbaik (2023)

Ketika membahas aplikasi pengeditan foto, Adobe Photoshop sudah tidak diragukan lagi merupakan tool super lengkap berkat kekuatan dan aksesibilitasnya yang tak tertandingi. Kekurangannya, Adobe Photoshop ini memiliki harga yang cukup mahal.

Kamu juga mungkin kepusingan memikirkan budget pas-pasan untuk menggunakan aplikasi edit foto pc berbayar seperti Adobe Photoshop. Padahal ada banyak situs gratis yang bisa kamu coba di luar sana.

Kemampuan dalam bidang fotografi sebenarnya tidak ada takarannya. Tidak masalah tingkat keahlianmu sebagai seorang fotografer masih standar atau mungkin berada ditingkat pemula, selalu ada hal-hal yang dapat ditingkatkan atau diperbaiki dengan berbagai macam cara.

Faktanya, keberhasilanmu sebagai fotografer bergantung pada hasil foto-fotomu yang memiliki kualitas tinggi, portofolio yang menarik untuk memamerkan karyamu, serta peralatan yang tepat untuk memotret.

Untuk masalah ini, kamu bisa mengembangkan kemampuan pengeditanmu dengan menggunakan situs atau aplikasi khusus edit foto. Jangan ragu soal kualitas, situs-situs edit foto ini juga biasa digunakan oleh para fotografer professional.

Daripada menggunakan aplikasi mahal seperti Photoshop, kami akan mengarahkanmu ke situs khusus foto online yang gratis. Untuk itu, yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.


1. Pixlr

Apakah kamu ingin mengedit foto dengan cepat dan mudah? Gunakan saja situs bernama Pixlr.

Meskipun kamu diharuskan untuk mendaftar sebelum dapat menggunakan berbagai fitur Pixlr, situs ini sepenuhnya gratis. Situs edit foto online ini tersedia pada browser iPhone dan Android, dan menyediakan sejumlah fungsi satu-klik dan toolset yang lengkap.

Yang terbaik dari situs ini adalah fiturnya sangat mudah untuk digunakan. Situs ini juga berisi tutorial pemandu kamu guna memakai fitur yang rumit untuk dapat dikuasai dengan sangat cepat.

Jika kamu ingin mengedit foto dengan mudah dan cepat, maka ini adalah pilihan yang fantastis untukmu.

Selain itu, situs ini juga menyediakan fitur Vectr (editor grafik vektor), beberapa grafik yang dapat kamu gunakan untuk membuat banner atau brosur, dan pilihan gambar yang bagus. Dan semua fitur tersebut bisa dinikmati secara gratis.

Kamu bisa menggunakan versi Pro alias berbayar jika ingin memanfaatkan fitur fungsionalitas dengan lebih canggih.

Situs ini juga menjadi salah satu editor foto untuk iPhone yang paling populer di dunia.


2. Fotor

Situs edit foto gratis lainnya bernama Fotor (situs ini tersedia untuk Windows atau browser web smartphone). Fotor adalah tool edit foto yang luar biasa dengan user interface yang sangat mudah dipahami yang membuatnya mudah digunakan.

Mengingat betapa banyaknya perombakan pada beberapa program berbasis browser, kinerja Fotor tetap tidak akan berkurang sedikit pun.

Fotor menyediakan serangkaian filter dan efek yang hebat, serta alat untuk kolase foto yang menarik, situs ini juga mampu menangani file RAW tanpa banyak masalah.

Fotor juga memungkinkan beberapa fungsi desain yang tak terbatas untuk membuat kartu nama, frame postingan sosial media, poster, spanduk, dokumen, dan undangan, yang sudah pasti sangat bermanfaat bagi blogger dan digital marketing.

Walaupun Fotor tidak memiliki fitur seni aktual seperti kuas, dan tidak cocok untuk efek kelas atas seperti situs lain dalam daftar ini, Fotor tetap bisa melakukan pengeditan dengan sangat baik dan bagus.


3. Google Photos

Google Photos merupakan pengganti untuk aplikasi pengeditan yang bernama Picasa. Google Photos sangat sederhana dengan interface yang intuitif yang memungkinkanmu untuk mengedit foto dengan cara super mudah.

Kamu dapat dengan mudah menelusuri foto yang sudah diedit di perpustakaan foto dan mengatur pekerjaan pengeditan dengan sangat cepat.

Walaupun memiliki fitur terbatas untuk pengeditan foto pada umumnya, Google Photos menyediakan fungsi-fungsi utama yang kamu butuhkan seperti crop, red eye, kontras otomatis, koreksi warna, dan masih banyak lagi.

Jangan remehkan kemampuan Google Photos, dengan Google Photos kamu dapat membuat animasi, pengaturan foto ala foto booth, efek bertema liburan, kolase foto interaktif, dan menambahkan bingkai dan filter ke fotomu.

Google Photos dapat diakses melalui akun Google-mu di mana saja dan kapan saja asal ada koneksi internet.

Dengan opsi share, kamu bisa membagikan hasil edit di Google+, Blogger, YouTube, Facebook, Flickr, dan jejaring sosial lainnya hanya dengan sekali klik. Kamu pun mendapatkan banyak fleksibilitas dengan mudahnya.

Baca Juga : 13 Aplikasi Edit Foto di Android


4. Photoshop Express

Photoshop Express merupakan Editor foto online berbasis web yang luar biasa dan dirancang dengan sangat baik.

Situs ini dibuat oleh Adobe dan telah dilengkapi dengan semua fitur yang kamu butuhkan dari sebuah software pengedit gambar.

Semuanya fitur dapat langsung diakses dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus kesulitan menggunakannya. Kelemahan dari Photoshop Express adalah situs ini hanya mendukung file JPG dan tidak terdapat fitur berbagi sosial media.

Ini mungkin menjadi batasan yang bagi sebagian orang karena PNG adalah ekstensi yang lebih umum digunakan sekarang ini.

Baca Juga : 11 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android


5. PicMonkey

Fitur terbaik yang dimiliki PicMonkey adalah kemudahan dalam penggunaannya.

PicMonkey sangat mudah dengan interface yang ramah dan intuitif (sehingga mungkin anak bocah saja bisa paham dalam waktu singkat).

PicMonkey mampu membantumu dengan pembuat kolase hebat yang mengalahkan sebagian besar editor foto sederhana lainnya, PicMonkey juga dapat diakses oleh semua orang.

Ini juga memiliki berbagai macam template yang sangat berguna yang dapat membantumu mempercepat pekerjaanmu serta memfasilitasimu dalam pembuatan gambar untuk blog, situs web, dan materi pemasaran lainnya.

Meskipun PicMonkey hanya dapat memproses satu file pada satu waktu, ini masih menjadi opsi yang bagus untuk aplikasi editor foto online.

Seperti beberapa situs lainnya, PicMonkey memiliki fitur tambahan yang tersembunyi yang hanya bisa diakses jika kamu menggunakan versi berbayarnya.

Sebenarnya, kamu masih bisa memanfaatkan banyak fitur secara lengkap dengan mengikuti uji coba gratis selama 7 hari.


6. Befunky

Befunky adalah situs dengan tampilan yang sederhana, intuitif, dan salah satu opsi terbaik untuk edit foto di daftar ini.

Befunky menawarkan berbagai fitur luar biasa untuk meningkatkan kualitas gambarmu serta fitur kolase yang bagus dan keren.

Sama seperti Fotor, Befunky juga memiliki banyak elemen desain yang memungkinkanmu untuk membuat kartu nama, brosur, poster, slide untuk presentasi Powerpoint, dan undangan hanya dengan beberapa langkah sederhana.

Jika kamu mau membuat gambar untuk postingan sosial media, maka Befunky adalah pilihan yang baik untukmu.

Kamu tidak akan kesulitan menemukan opsi pengeditan yang efisien untuk mengeluarkan ide-ide kreatifmu dalam waktu singkat.

Baca Juga : 18 Aplikasi Kompres Foto (Smartphone dan PC)


7. Ribbet

Eitss, jangan salah sangka. Walaupun memiliki nama yang cukup unik yaitu Ribbet, situs pengeditan foto ini jauh dari kata ribet dan malah sangat mudah untuk digunakan.

Bahkan, orang yang gak jago-jago amat pun dapat menguasai Ribbet dengan cepat berkat interface yang fantastis dan perhatian pada pengalaman user yang sangat hebat.

Ribbet menawarkan fitur kolase serta berbagai tool berbeda yang memungkinkanmu untuk menggunakan lebih dari 70 font berbeda, membuat stiker, dan banyak lagi lainnya.

Ribbet memiliki opsi share serta penyimpanan foto cloud gratis supaya foto-fotomu tetap rapi dan dapat digunakan kapan pun saat butuh.

Ribbet adalah paket solid yang menyenangkan untuk digunakan dan bisa meningkatkan kemampuan pengeditanmu seiring dengan berjalannya waktu.

Satu hal yang penting untuk diperhatikan: menggunakan fitur Ribbet yang lebih canggih akan membutuhkan peningkatan ke versi Premium.

Meskipun demikian, kamu bisa mendapatkan akses ke beberapa fitur dengan opsi gratis dan ini adalah platform yang hebat untuk memaksimalkan pengeditan gambarmu.

Untuk saat ini, Ribbet hanya tersedia untuk iPhone dan iPad. Usut punya usut peluncuran untuk browser Android build akan segera diluncurkan.


8. iPiccy

iPiccy menawarkan interface yang paling gampang digunakan dari editor mana pun yang ada pada daftar ini, iPiccy adalah pilihan yang baik bagi siapa saja yang mencari editor foto gratis tanpa harus melewati cara-cara yang rumit.

Dengan tool dan fitur zoom sekali klik yang fantastis, kamu dapat mengedit foto dengan yang semenarik mungkin dalam waktu super singkat.

Kamu juga akan mendapatkan akses ke fitur yang lebih canggih seperti penyesuaian kurva, alat duplikasi, penghapus background, dan opsi lainnya, ada fitur yang lebih dari cukup untuk memuaskan dewa pengeditan maupun yang masih pemula. Kamu memerlukan Flash untuk menggunakan iPiccy di-browser.

Meskipun iPiccy memiliki opsi terbatas untuk menyimpan file-mu (hanya JPG dan PNG) dan membatasi fitur share hanya untuk platform Facebook, kemampuan untuk mengunggah banyak file secara bersamaan dan user interface super interaktif tetap menjadi andalan yang tidak bisa diremehkan begitu saja.


9. Photoscape X

Situs edit foto terakhir ini bernama Photoscape X. Photoscape X memiliki fitur yang cukup mengesankan dan fantastis untuk mengedit dan mengelola arsip foto pribadimu.

Walaupun Photoscape agak kurang dalam hal tampilan interface nya (bisa agak membingungkan), Photoscape berisi penampil gambar, pemrosesan foto, alat tangkapan layar (screenshot), dan banyak pilihan filter dan efek untuk membawa foto mu menuju tingkat berikutnya.

Fitur pengeditan foto dari situs ini sangat berguna, bahkan pemula sepertimu dapat menghasilkan foto yang luar biasa dan terlihat profesional.

Photoscape memiliki beberapa fungsi kecil yang berguna untuk membuat fotomu terlihat seperti bidikan analog, fitur cut-out yang keren, kemampuan transformasi gambar dan ini juga dilengkapi dengan akses ke lebih dari 240 font, bingkai dan batas, dan lebih dari 1000 pola bisa digunakan untuk pekerjaanmu yang lain yang berkaitan dengan gambar.

Summary
Author Rating
1star1star1star1stargray
Aggregate Rating
2.5 based on 143 votes
Software Name
Pixlr
Operating System
Microsoft Windows, Android, iOS, MacOS
Software Category
Multimedia

Ashya Ravika

Pengguna Macbook dan Windows serta kreator konten profesional di Tokopedia, Kompas, Zenius, Asmaraku, hingga Hijup. Perkenalannya di dunia komputer personal dimulai dengan memiliki laptop Axioo, kemudian menjadi pengguna berbagai jenis merek laptop mulai dari Acer, Asus, Lenovo, hingga Macbook. Disamping keterlibatannya di industri digital, Ashya juga menempuh pendidikan sarjana di Universitas Katolik Parahyangan.

Subscribe
Notify of
guest
1 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar