Penyebab dan Solusi Flashdisk Tidak Terbaca

Sebagai storage yang mudah digunakan dan mudah dibawa, flash disk memiliki beragam macam kapasitas. Mulai dari yang hanya 4 atau 8 GB hingga yang mencapai puluhan GB.

Namun masalah mulai muncul ketika flashdisk tidak terbaca, padahal data yang di dalamnya amat penting dan akan segera digunakan.

Keadaan ini jelas menjadi sangat menyebalkan, dimana seharusnya dapat mempersingkat waktu tapi malah tidak bisa digunakan sama sekali. Kalau berada dalam keadaan seperti ini apa sih yang menjadi penyebab flashdisk tidak terbaca dan apa solusinya?

Baca juga: Cara Membuat Powerbank Tetap Awet


Penyebab Flash Disk Tidak Terbaca

1. Terjadi kerusakan pada flashdisk

Ini adalah faktor utama flashdisk tidak terbaca. Kerusakan flashdisk tidak selalu dikarenakan oleh virus, tapi bisa juga karena faktor kesalahan dalam pemakaian atau bisa juga karena menggunakan flashdisk kw alias abal abal.

Kesalahan pemakaian yang dimaksud disini adalah jatuh dengan sangat keras, tertindih benda keras hingga jatuh ke dalam air atau jatuh ke dalam cairan yang bisa menyebabkan korosi.

Bukan cuma flashdisk, hal-hal diatas juga menjadi penyebab utama harddisk tidak terbaca, bahkan lebih rentan daripada flashdisk karena harddisk memiliki komponen (disk) yang berputar.

Oleh karena itu hindari dan jauhkan dari hal hal yang bisa menyebabkan kerusakan flashdisk. Untuk mengantisipasinya kamu bisa membeli flashdisk dengan tipe extreme yang memiliki daya tahan jauh lebih kuat, namun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan flashdisk pada umumnya.

Cek juga: Tips Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

2. Terjadi permasalahan pada driver USB

Permasalahan pada driver USB juga bisa mengakibatkan flashdisk yang terkoneksi ke laptop ataupun PC tidak dapat terbaca.

Cara mendeteksinya cukup mudah, saat kamu mengetahui flashdisk kamu tidak terbaca coba koneksikan flashdisk yang lain. Kalau tetap tidak ada perubahan dan tidak terbaca maka driver USB kamu ada permasalahan sehingga tidak bisa membaca flashdisk.

3. Terjadi kerusakan pada port USB

Kerusakan pada port USB juga sangat memungkinkan flashdisk mengalami permasalahan. Kamu bisa mendeteksinya dari bagian luar port USB yang sudah mulai tampak berkarat atau port USB yang mulai goyang karena solderannya yang bermasalah atau bahkan terlepas dari dudukannya.


Solusi Flash Disk Tidak Terbaca

1. Bersihkan port USB

Bisa jadi flashdisk kamu tidak terbaca karena port USB yang kamu gunakan kotor. Solusi pertama kamu bisa membersihkan port USB dengan kuas pembersih, namun hindari menyemprotnya dengan cairan pembersih karena bisa mengakibatkan karat.

Kalau kamu menemukan hal hal yang mencurigakan seperti port USB berkarat, goyang atau malah lepas dari dudukannya kamu bisa melakukan penggantian port USB supaya dapat dipergunakan lagi.

Lihat: Cara Mudah Merawat Laptop Dengan Baterai Tanam

2. Scan Antivirus

Ada kalanya virus dapat mengakibatkan flashdisk tidak terbaca, maka yang bisa kamu lakukan adalah melaukan scan antivirus untuk menghapus virus yang ada di dalam flashdisk. Terutama virus shortcut yang seringkali merubah file di dalam flashdisk menjadi shortcut.

3. Reinstall Driver USB

Saat flashdisk disambungkan ke Laptop atau PC, seharusnya Windows secara otomatis akan langsung dapat membaca. Apabila tidak berarti dipastikan ada permasalahan pada OS. Solusinya adalah melakukan reinstall USB.

Langkah langkahnya:

  1. Klik kanan pada My Computer dan pilih properties.
  2. Pilih Device Manager.
  3. Lalu cek pada “USB Attached SCSI (UAS) Mass Storage Device” apakah ada tanda seru yang warnanya kuning atau tidak.
  4. Jika ada tanda tersebut kamu bisa klik Update Software
  5. Lanjutkan dengan klik pada “Browse My Computer for Driver Software”
  6. Lalu “Let me pick from a list of device drivers on my computer”
  7. Kamu harus pastikan “Show compatible hardware” hanya tercentang pada “USB Attached SCSI (UAS)
  8. Mass Storage Device”
  9. Pilih next dan instal, tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Lakukan Management Ulang pada Disk Management

Cara ini bisa kamu lakukan kalau pada langkah sebelumnya ternyata tidak ada masalah pada driver.

Langkah langkahnya:

  1. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage
  2. Cek apakah flashdisk kamu terdeteksi atau tidak. Kalau memang ada kamu bisa klik kanan pada flashdisk lalu pilih Format.
  3. Note: Yang harus kamu ketahui adalah, cara ini dapat membuat semua data data kamu hilang karena cara ini akan memformat semua data pada flashdisk kamu.

Demikian penyebab dan solusi flashdisk tidak terbaca, sebisa mungkin hindari meletakkan semua data penting dalam flashdisk tanpa memiliki back up. Sebaiknya hanya gunakan flashdisk untuk tempat penyimpanan data sementara, jadi seandainya terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti ini kamu sudah bisa mengantisipasinya dengan cepat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of