21 Aplikasi Edit Suara dan Lagu di Android (2020)

Tak hanya foto dan video, audio juga bisa diedit sesuai dengan keinginanmu. Sama seperti pengeditan lainnya, untuk mengedit audio, kamu memerlukan aplikasi khusus edit audio yang bisa diinstall di smartphone-mu. Tak jauh berbeda seperti aplikasi edit audio untuk PC.

Bukan hanya untuk memodifikasi lagu, aplikasi edit audio bisa kamu gunakan untuk membuat podcast dan rekamanmu sendiri.

Untuk itu, kamu memerlukan aplikasi edit audio terbaik untuk mendukung performa dan menghasilkan suara yang cetar membahana. Penasaran aplikasi apa saja yang ada di dalam daftar rekomendasi kami? Simak langsung jawabannya di bawah ini!


1. MP3 Cutter and Ringtone Maker

MP3 Cutter

MP3 Cutter adalah aplikasi terbaik untuk mengedit file musik dengan mudah dan murah. Aplikasi ini dirancang untuk membuat pengeditan musik menjadi sangat cepat dan menyenangkan.

Ada banyak fitur baru di aplikasi ini yang akan kamu ketahui setelah menggunakan aplikasi keren ini di perangkat Android-mu. Gak cuma itu aja, aplikasi ini juga mendukung beberapa penggabungan file audio sekaligus.


2. WavePad Audio Editor Free

WavePad

WavePad merupakan aplikasi editor audio yang sangat keren yang akan sangat kamu sukai. WavePad juga menjadi aplikasi pengeditan suara yang gratis.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengurangan bising yang akan diaktifkan secara otomatis setiap kali kamu memilih untuk merekam audio dari dalam aplikasi. Kamu dapat menggabungkan beberapa file audio untuk membuat campuran suara yang asik.

Kamu bisa merekam, edit, tambahkan efek, dan kemudian simpan audio atau langsung dikirim ke orang lain untuk di-share atau melanjutkan pengeditan di perangkat lain.


3. n-Track Studio Music DAW

N-track

n-Track Studio Music DAW adalah salah satu aplikasi terbaik yang wajib kamu miliki di perangkatmu. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat trek berkualitas tinggi menggunakan efek loop, mixing synths, drum, sampler, rekaman audio, modulator analog, dan arpeggiator.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan FX ke saluran dan ekspor ke audio ke format MP3 dan menjadikannya nada dering. Setelah selesai membuat audio, kamu bisa langsung mempublikasikannya di sosial media. Dengan n-Track, kamu dapat berkolaborasi dengan pengguna lainnya untuk menghasilkan lagu terbaik.


4. Media Converter

Media Converter merupakan aplikasi pengeditan audio terbaik lainnya untuk Android yang memungkinkanmu untuk mengedit suara sesuai dengan keinginanmu.

Media Converter menghadirkan fitur lengkap yang bisa kamu gunakan untuk mengkonversi suara ke semua jenis format seperti MP3, MP4, MPEG4, AAC, Ogg, Avi (mpeg4, mp3), MPEG (mpeg1, mp2), Flv (Flv, mp3), WAV, dan masih banyak lagi tanpa harus ngabisin waktu.

Baca Juga : 9 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Smartphone


5. RSFX

RSFX menghadirkan tampilan interface yang praktis dan bisa kamu gunakan untuk melakukan pengeditan ringtone dengan mudah.

Dengan RSFX, kamu bisa memotong file dengan format apapun dari mulai MP3, AAC, AMR, WAV, dan lain sebagainya serta melakukan pengeditan sederhana untuk membuat suara notifikasi atau alarm yang kamu inginkan.


6. Audiko

Dengan Audiko, kamu dapat menggabungkan ribuan suara untuk menciptakan ide musikmu sendiri. Kamu bisa merekam vokal, rap, atau suara acak dan gunakan mixer 8-channel untuk memberimu keseimbangan suara yang tepat. Audiko juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti editor harmoni suara dan efek real-time.


7. Audio Evolution Mobile Studio

Jika kamu mencari aplikasi Android untuk membantumu melakukan pengeditan audio secara profesional, Audio Evolution Mobile Studio merupakan salah satu aplikasi yang patut kamu coba.

Audio Evolution Mobile Studio memberikan berbagai macam opsi pengeditan trek tanpa batas dan fitur keren seperti equalizer, loop playback, multi-track, dan MIDI recording.

Bukan cuma itu aja, aplikasi yang satu ini juga tidak akan mengecewakanmu karena mereka membiarkanmu untuk memilih instrumen apa saja dan memasukkan suara serta menambahkan efek seperti paduan suara, kompresor, reverb, dan masih banyak lagi.

Keunikan lain dari Audio Evolution Mobile Studio adalah kemudahan yang ditawarkan dan beragam tutorial lengkap untuk membantu kamu menggunakan aplikasi ini.


8. Voice PRO

Voice PRO adalah aplikasi pengeditan audio yang dapat bekerja dengan lebih dari seratus format audio sekaligus. Kamu dapat membuat file audio hingga 32 kbps dan bahkan memasukkan audio-mu sendiri.

Voice PRO memungkinkanmu untuk menggabungkan dua file audio walaupun formatnya berbeda. Kamu juga dapat mengubah efek, tambahan nada, dan gema serta merendernya ke banyak format audio.

Ada banyak plug-in yang bisa kamu install dari dalam aplikasi. Plug-in ini memudahkanmu untuk merasakan fitur lain seperti mengenkripsi serta membuat cadangan dari Cloud.

Voice PRO memiliki tampilan yang enak dilihat dan aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Baca Juga : 11 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android 2020


9. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor adalah aplikasi gratis yang memungkinkanmu untuk mengedit file dan menyimpannya dalam format audio yang kamu inginkan. Kamu dapat menyalin dan menempel file audio dari satu file ke yang lain untuk membuat campuran suara yang menyenangkan sesuai keinginanmu.

Di aplikasi ini, kamu bisa mengubah tempo, kecepatan, dan nada file audio. Dengan file audio yang ditambahkan ke aplikasi, kamu juga dapat memotong suara, menambahkan fade in atau fade out, menyisipkan jeda, atau bahkan menghapus beberapa bagian dari audio yang sudah kamu buat.

Lexis Audio Editor juga menambahkan fitur menarik lainnya seperti kompresor, equalizer, dan penghilang kebisingan yang sangat membantu.


10. FL Studio Mobile

Jika kamu menginginkan aplikasi pengeditan audio berkualitas tinggi, maka FL Studio Mobile adalah apa yang harus kamu miliki di smartphone Android-mu.

Dengan synthesizer, sampler, drum kit, dan irama loop berkualitas tinggi, FL Mobile Studio akan membuat kamu terpesona.

Aplikasi ini memiliki berbagai efek yang meliputi audio ducker, distorsi, equalizer, dan penambahan jeda. Selain itu, FL Studio juga dilengkapi dengan beberapa preset sampel yang bisa kamu coba.

Hadir dengan dukungan MIDI controller, kamu dapat memainkan instrumen virtual yang dapat dikonfigurasi. File yang sudah kamu edit dapat diekspor dalam format WAV dan MP3, lalu bisa langsung kamu bagikan (share) ke teman-teman.


11. Caustic 3

Caustic 3 sebenarnya bukan aplikasi pengeditan audio, tetapi bisa kamu gunakan untuk membuat musik yang super keren. Terinspirasi oleh Rack-Mount Synthesizers, aplikasi ini memungkinkanmu untuk memilih hingga 14 mesin dari berbagai pilihan seperti Subsynth, BeatBox, Vocoder, FMSynth, 8BitSynth, dan lain sebagainya.

Untuk membuat suara semakin terdengar menarik, kamu dapat menambahkan hingga 2 efek per-mesin.

Dengan Caustic 3, kamu dapat menambahkan file WAV-mu sendiri untuk digunakan di PCMSynth, BeatBox, dan Vocoder.

Aplikasi ini turut mendukung semua file WAV tanpa kompresi dengan laju pengambilan sampel apa pun. Caustic 3 memang aplikasi keren bebas biaya alias gratis yang memungkinkanmu untuk membuat musik yang luar biasa.


12. Recording Studio Pro Plus

Recording Studio memungkinkanmu merekam, mengedit, dan mencampur file audio apapun tanpa batasan. Kamu dapat menambahkan hingga 24 trek audio yang dipilih baik dari rekamanmu atau dari trek instrumen virtual dalam aplikasi.

Studio Rekaman mendukung file audio WAV atau MP3 dari perangkat smartphone-mu dan memudahkanmu untuk mencampurnya bahkan ketika kamu sedang offline atau kehabisan kuota.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan metronom dan tempo yang dapat dikonfigurasi mulai dari 30 – 260 BPM. Dengan kemampuan untuk mengedit setiap not tunggal, kamu dapat membuat musik asik sesuai dengan genre yang kamu sukai.

Baca Juga : 19 Aplikasi Pemutar Musik Online Terbaik (Android dan PC)


13. AudiosDroid

AudiosDroid memungkinkanmu untuk mengedit dan mencampur berbagai macam format audio. Kamu dapat mengedit file audio untuk membuat nada dering atau alarm atau bahkan nada notifikasi apapun sesuai selera.

File audio yang ingin di edit bisa berasal dari penyimpanan perangkat atau direkam langsung olehmu. Untuk mendapatkan hasil terbaik, terapkan efek offline ke file audiomu dengan equalizer 3-band, filter, tempo, atau reverb.

Aplikasi ini hadir dengan beberapa preset standar seperti bass, hall reverb, dan concert hall reverb untuk membantumu menambahkan beberapa efek umum hanya dengan satu ketukan saja.

Seperti kebanyakan aplikasi yang lain, AudiosDroid memudahkanmu untuk berbagi file audio yang sudah diedit dari dalam aplikasi.

Sebagian besar fitur aplikasi, masuk ke dalam AudiosDroid. Namun, untuk mendapatkan efek audio yang jauh lebih banyak dan tak terbatas, kamu harus menggunakan aplikasi AudiosDroid Pro yang berbayar.


14. Auphonic Edit

Auphonic Edit adalah editor dan perekam audio yang tidak akan merusak file suaramu karena aplikasi ini fokus untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi yang stabil.

Dalam kombinasi dengan layanan web Auphonic yang sudah terintegrasi, kamu dapat memposting, memproses, menandai, dan mempublikasikan podcast, wawancara, bahkan rekaman musikmu sendiri pada saat bepergian hanya dengan satu klik.

Auphonic Edit mampu mengubah file audiomu ke dalam beragam format dari mulai MP3, Opus, AAC / MP4, Ogg Vorbis, ALAC, FLAC, WAV, dan masih banyak lagi

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Intelligent Leveler untuk menyeimbangkan level antara speaker, musik, dan ucapan.

Tak hanya itu saja, Auphonic Edit memiliki fitur pengurangan Noise dan Hum Otomatis untuk mengklasifikasikan suara dengan background yang berbeda dan akan secara otomatis menghilangkan noise (kebisingan). Selain itu, Auphonic Edit hadir dengan penyaringan frekuensi untuk hasil audio sempurna.


15. Timbre

Timbre termasuk ke dalam aplikasi terbaik untuk mengedit file audio dan video. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk memotong, menggabungkan, dan mengkonversi file audio atau video secara gratis.

Dengan Timbre, kamu dapat dengan cepat memotong lagu atau memotong video sesuai keinginanmu. Tapi, Timbre bukan hanya aplikasi pemotong MP3 atau MP4 saja, ia mendukung setiap format file apapun dari mulai MP4 ke MP3 ke AVI, FLV, MKV, dan masih banyak lagi!

Ingin menggabungkan file audio atau video? Jangan khawatir gengs, Timbre akan membantu kamu untuk menggabungkan lagu-lagu MP3 atau menggabungkan video bersamaan, sebanyak apapun yang kamu suka menjadi satu.

Menurut kami, Timbre merupakan editor audio dan aplikasi editor video pro paling komprehensif yang pernah dibuat. Timbre juga lebih dari sekadar aplikasi pemotong audio atau video, aplikasi ini juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai pembuat nada dering dan pengonversi video MP3.

Baca Juga : 13 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android (GRATIS!)


16. edjing Mix

Mau jadi DJ (Disk Jockey) profesional dengan membuat lagu super enak yang bikin telinga serta tubuh ikut joget? Yuk, latihan jadi DJ di rumah dengan aplikasi bernama edjing Mix ini!

Edjing Mix akan memberikanmu sensasi jadi DJ beneran dengan tools dan tampilan lengkap seakan-akan kamu sedang manggung.

Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk mengubah perangkat Android-mu menjadi papan DJ yang terasa nyata dengan fitur lengkap guna mengembangkan kreatifitas bermusikmu yang tak terbatas.

Dengan edjing Mix, kamu bisa mengakses jutaan lagu dari Deezer, SoundCloud, dan folder musik pribadimu untuk membuat remix lagu dalam waktu sekejap.

Edjing Mix juga telah dilengkapi dengan berbagai macam sampel suara serta sudah bisa terintegrasi dengan perangkat keras lainnya untuk memudahkan kamu mengutak-atik lagu dengan mudah.


17. BandLab

Buat lagumu sendiri dan mulailah berkolaborasi dengan pembuat lagu dan produser musik populer di komunitas BandLab global untuk menciptakan hitmu sendiri!

BandLab merupakan editor audio multi-track yang sangat mudah digunakan berkat launchpad yang memungkinkanmu merekam, mengedit, dan mencampur setiap lagu dengan sempurna.

Tuangkan kreatifitasmu dengan memakai berbagai macam efek seperti beats, loops, dan vokal menarik dari ratusan suara yang tersedia secara gratis.,

Gak usah takut kehabisan inspirasi, kamu bisa mendapat inspirasi dari beragam sampel genre musik seperti EDM, dubstep, hip-hop, rock, rap, dan masih banyak lagi.

BandLab juga memudahkanmu untuk menemukan dan memutar jutaan lagu yang dibuat oleh artis, band, dan DJ yang baru muncul. Buat playlistmu sendiri lalu dengarkan sesuka hati!

Dengan BandLab, kamu juga dapat mengakses efek profesional dengan pemantauan real-time. Gunakan medley efek dan filter, dari drum phaser ke gated reverb untuk menghasilkan musik terbaik sesuai dengan keinginanmu.

Bukan cuma itu aja, BandLab akan membantumu untuk menyusun musik menggunakan efek apa saja mulai dari gitar akustik hingga keyboard, piano hingga synthesizer dan berbagai suara drum, semuanya dalam satu aplikasi yang pas di smatphonemu!


18. Mstudio

Mstudio adalah salah satu editor Musik paling canggih dan menakjubkan! Aplikasi ini memberikanmu kontrol penuh yang sudah disempurnakan dan fitur editor audio super lengkap. Mstudio juga menjadi pemutar musik dengan semua fitur yang kamu butuhkan dalam satu aplikasi.

Mstudio dilengkapi dengan tampilan interface yang sangat user-friendly serta mudah digunakan walaupun kamu baru menggunakan aplikasi ini untuk pertama kalinya.

Mstudio akan memudahkanmu untuk memotong bagian terbaik dari setiap musik yang kamu suka dan kamu bisa menyatukannya untuk dijadikan nada favoritmu.

Gak perlu cemas kualitas suara akan rusak, kamu bisa mencampurkan lagu dari genre apapun tanpa harus merasakan pahitnya kehilangan kualitas suara terbaik dari musik yang sudah kamu edit.

Selain itu, Mstudio bisa mengkonversi file audio dari satu format ke format lainnya seperti MP3, AAC, WAV, M4A encoder, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menghapus atau memotong bagian dari audio yang kurang kamu sukai dengan fitur Audio Omitter.


19. Voloco: Auto Voice Tune + Harmony

Suka nyanyi atau ngerap tapi masih kurang pede buat nunjukin bakatmu? Jangan khawatir, coba aja install aplikasi bernama Voloco ini!

Voloco bukan aplikasi kaleng-kaleng, ini merupakan aplikasi pemrosesan suara real-time yang menggabungkan pengeditan otomatis, pengaturan harmoni, dan vocoding.

Pilih trek dari playlist musikmu atau Voloco’s Free Beat Library untuk menebak kunci trek dan memasukkan suaramu ke lagu tersebut.

Tak cuma itu saja, kamu juga bisa memilih dua rasa dari fitur Auto Vocal Tune yang mampu menyempurnakan suaramu ke jenis vokal yang kamu inginkan dengan sangat mudah.


20. Music Maker JAM

Aplikasi bernama Music Maker JAM ini memang diluncurkan khusus untuk mempermudah pembuatan musik. Kamu dapat memilih ribuan loop audio, beats, dan sampel berkualitas untuk menghasilkan lagu apapun yang kamu suka.

Selain itu, Music Maker JAM juga bisa membantumu menjadi komposer dengan menciptakan audio dari kombinasi berbagai macam genre musik.

Dengan Music Maker JAM, semua proses pengeditan seperti menambahkan tempo atau harmoni, mengedit beberapa bagian lagu, dan menambahkan efek real-time yang spektakuler sepenuhnya ada di bawah kontrolmu.

Bukan cuma itu, kamu dapat men-share audio hasil karyamu sendiri di SoundCloud, Facebook, WhatsApp, atau Instagram dengan sangat mudah.

Baca Juga : 14 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android (Ala Vlogger)


21. AVbox

Sebenarnya, AVbox adalah aplikasi pengeditan audio dan video yang relatif baru yang tersedia di Google Play Store. Tapi jangan salah sangka, walaupun masih terbilang baru, AVbox sudah dilengkapi interface hebat yang terlihat bersih dan terorganisir dengan sangat baik.

Gak cuma itu aja gengs,  AVbox dapat digunakan untuk mengekstrak audio dari video apapun.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai macam fitur pengeditan audio yang cukup lengkap dari AVbox.

Yah, walaupun masih pemula, AVbox layak masuk ke dalam daftar rekomendasi kami dan dinobatkan sebagai salah satu aplikasi pengeditan audio dan video terbaik untuk Android! Keren, kan?

Nah, itu dia beberapa aplikasi pengedit audio terbaik untuk Android rekomendasi dari kami. Dengan bantuan aplikasi ini, kalian dapat dengan mudah mengedit file audio di perangkat Android dan menggunakannya sesuai keinginan.

Kami harap kalian bisa menyukai aplikasi ini, ya! Oh, jangan lupa juga beri tahu nama aplikasi yang paling kamu sukai atau mungkin sudah kamu coba sebelumnya pada kolom komentar di bawah ini supaya kita bisa saling berbagi ilmu.

Semoga informasi dari kami bisa membantu!

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of