11 Aplikasi Absensi Online Terbaik! (Siswa dan Karyawan)

Jenis aplikasi HRIS yang satu ini sedang populer dikalangan perkantoran, sekolah, dan berbagai institusi pendidikan lain, apalagi dengan merebaknya digitalisasi ke penjuru kampung dan daerah.

Dengan sistem pencatatan tradisional, HRD akan sangat sulit memantau kehadiran, gaji, reimbursement, dan cuti para karyawan. Hal inipun berlaku untuk startup digital yang karyawannya bisa ada dimana-mana saat jam kerja (rumah, cafe, pantai, mall, dll).

Sebelumnya, cek infografik berikut untuk data jumlah startup digital di indonesia:

Infografik startup indonesia

Disinilah para pencari cuan menemukan celah bisnis, yaitu dengan menawarkan sistem absensi berbasis aplikasi. Sistem yang dikembangkan juga membantu HRD untuk mengelola data kehadiran, gaji, reimbursement, THR, sampai lokasi dengan lebih mudah.

Tak cuma kantor, aplikasi absensi online juga mulai digunakan oleh institusi pendidikan seperti kampus dan sekolah. Nah kalau pihak sekolah masih ‘pelit’, jangan kuatir dulu karena biasanya harga aplikasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fitur yang diperlukan. Semakin sedikit fitur yang digunakan, semakin murah juga harganya.

Berikut 11 aplikasi absensi online rekomendasi kami!


1. Jojonomic

jojonomic

Perusahaan yang berdiri tahun 2014 ini sudah punya nama di sektor absensi online dan aplikasi HRIS.

Beberapa fitur yang dihadirkan didalamnya antara lain Jojo Expense untuk Reimbursement online, Jojo Payroll untuk Penggajian Online, Jojo Times untuk absensi online, serta beberapa fitur lain untuk memonitor aktivitas karyawan, mengatur waktu kerja dan lembur, serta mengintegrasikan sistem payroll.

Seperti telah dibahas diatas, Jojonomic pun mentargetkan perusahaan dengan mobilitas karyawan yang tinggi. Untuk mulai menggunakannya, anda bisa coba trial gratis dengan menghubungi tim Jojonomic.

Aplikasi Jojonomic yang telah didownload lebih dari 10.000 kali di Google Play ini memiliki rating 4.6 dan tentunya akan memudahkan urusan HR dalam mengurus karyawannya!

Cek juga: Cara pakai zoom untuk meeting


2. LinovHR

linovhr

LinovHR adalah software berbasis cloud yang mengelola data absensi dan penggajian karyawan, sehingga tidak menambah beban kerja divisi IT.

Aplikasi absensi dan HRIS di LinovHR dirancang untuk memantau aktivitas harian karyawan, sampai memantau lokasi karyawan saat meeting! (selamat tinggal kabur sehabis meeting).

LinovHR menawarkan penerapan Human Resource Information System (HRIS) yang ekektif dan efisien, sehingga bisnis perusahaan bisa melaju lebih cepat. Platform ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti PP Properti, Smartfren, Advan, sampai ILOTTE.


3. Hadirr

hadirr

Aplikasi yang satu ini relatif lebih muda usianya. Hadirr berdiri pada tahun 2017 dan memperkenalkan fitur absensi berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition.

Sebagau HR, anda bisa mengatur apakah check-in diizinkan hanya dari lokasi kantor atau bisa dari berbagai lokasi. Face recognitionnya juga menjadi semacam authentification dengan harapan tidak ada karyawan yang bisa mengelabui check-in ataupun check-out kantor.

Hadirr bisa mencatat jam kerja secara real-time, mencatat jam lembur dan sebagai platform untuk mengajukan reimbursement supaya anda tidak dibebani lagi dengan dokumen-dokumen yang berserakan.

Baca juga: Cara tanda tangan online


4. AbsenKu

absenku

AbsenKu juga termasuk salah satu pemain baru di sektor HRIS. Platform dan aplikasi absensi ini juga memanfaatkan fitur GPS untuk check-in/out. Absenku mengatasi keribetan dalam hal laporan aktivitas karyawan, informasi dan slip gaji, serta kehadiran.

Untuk mencobanya, anda bisa masuk website AbsenKu dan minta trial 30 hari secara gratis. Selanjutnya kalau ingin terus menggunakan, biaya yang dikenakan adalah 7000 rupiah per karyawan. Relatif lebih murah ketimbang aplikasi lainnya.

Aplikasi AbsenKu mendapat lebih dari 10 ribu instal, dan hanya menggunakan satu app baik untuk karyawan maupun company.


5. Bosspintar

bosspintar

Bosspintar tidak menggunakan face recognition, namun ia menawarkan fitur validasi absensi dengan selfie! Cocok di zaman penuh selfie seperti sekarang.

Bosspintar menawarkan layanan absensi, monitoring karyawan menggunakan GPS, history trip mobilisasi karyawan, info jam kerja & lembur, pencatatan inventaris karyawan, pengajuan cuti, klaim, sampai fitur CRM.

Sama seperti platform lainnya, bosspintar memasang perusahaan dengan mobilitas karyawan yang tinggi sebagai target pasarnya. Kabar baiknya adalah, anda bisa coba gratis aplikasi ini selama satu tahun (untuk 3 karyawan).

Agak berbeda dengan beberapa aplikasi absensi lainnya, Bosspintar menggunakan dua aplikasi yang berbeda, dimana satu ditujukan untuk employee, dan satu lagi untuk company.


6. Sleekr

sleekr

Nah, ini dia salah satu sesepuh di dunia absensi online. Layanan yang beroperasi sejak tahun 2015 ini sudah pasti menawarkan semua fitur canggih yang ada di setiap aplikasi absensi.

Mulai dari facial recognition, GPS, pengelolaan payroll dan klaim, serta segala urusan ribet lainnya, HR kantor akan sangat dimudahkan dengan aplikasi ini.

Sleekr tidak membuka harganya ke pasaran, namun semua ditentukan berdasarkan request dan negosiasi anda sebagai customer. Yang perlu diingat adalah, fitur yang bagus dan terpercaya pastinya datang dengan harga yang besar pula.


7. Talenta

talenta

Talenta adalah aplikasi dengan jumlah download terbanyak diantara semua aplikasi di list ini. Total install yang mencapai 50 ribu didukung berkat fitur GPS, manajemen payroll, manajemen database karyawan yang cloud-based dan dapat diandalkan.

Aplikasi Talenta sudah diberi rating 4.0 oleh lebih dari 4600 pengguna di Google Play. Enaknya adalah, baik perusahaan maupun karyawan menggunakan satu aplikasi yang sama sehingga tidak ribet. Fitur live chat didalamnya pun siap membantu anda yang mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

Talenta menyediakan layanan coba gratis untuk anda yang tertarik. Harganya ditentukan berdasarkan permintaan dan negosiasi.

Lihat: 10 Pilihan Aplikasi Al-Qur’an Digital PC


8. Dextion

dextion

Dextion adalah aplikasi absensi yang kurang terdengar, namun fiturnya sangat beragam. Mulai dari GPS, face recognition, cashier, fitur pengumuman, dan lain lain.

Salah satu alasan memilih software ini adalah harganya yang sangat murah, yaitu 100 ribu flat untuk penggunaan tidak terbatas.

Cek juga: Cara menggunakan 2 Whatsapp di satu hp


9. Atenda

Atenda

Atenda adalah salah satu aplikasi absensi online yang juga memiliki fitur payroll di dalamnya. Dengan visi membantu para pengusaha UMKM agar bisa terus berkembang, Atenda menyediakan paket aplikasi gratis untuk para pengusaha UMKM yang memiliki karyawan kurang dari 10.

Aplikasi ini juga menawarkan paket berbayar yang bisa dipilih sendiri fitur-fitur tambahannya sesuai kebutuhan kantor, sehingga bisa lebih hemat dalam berlangganan.

Karena banyaknya fitur yang disediakan seperti absen karyawan, pembuatan jadwal, bertukar jadwal, hingga payroll, aplikasi ini jadi agak rumit bagi pengguna baru, tetapi sudah tersedia tutorial dan fasilitas demo by remote oleh pihak Atenda.

Atenda memiliki aplikasi pendukung yaitu Atenda Mesin Absensi, yang dapat digunakan karyawan untuk melakukan absen jika smartphone tertinggal atau untuk yang belum memiliki smartphone.


10. KaryaOne

karyaone

Karyawan, begitulah cara membaca nama aplikasi yang satu ini. Ia memiliki lebih dari 5000 karyawan terdaftar, 50 manager HR, dan digunakan oleh banyak perusahaan-perusahaan ternama seperti BNI Sekuritas, Geprek Bensu, IndoPremier, Muamalat Institute dan lain lain.

KaryaOne menawarkan penghematan budget kantor dalam mengelola karyawan dengan cara membuat komunikasi lebih efektif, meningkatkan produktivitas perusahaan, sampai menghemat waktu.

Beberapa fitur kunci di aplikasi ini adalah manajemen izin, absensi melalui smartphone, integrasi dengan mesin absensi, migrasi data, sampai pembuatan jadwal kerja shift yang anti ribet.


11. Gadjian

Gadjian

Ini adalah salah satu aplikasi manajemen SDM dan penggajian yang populer, dan sudah digunakan oleh banyak perusahaan ternama seperti Brodo, Asmaraku, Qraved, Zanana, hingga Dewaweb.

Beberapa fitur utamanya antara lain mengelola data absen, shift kerja, lembur, sistem penggajian, THR, insentif, jenjang karir, tunjangan, PPh21, BPJS, hingga status karyawan kontrak.

Gadjian juga menyediakan fitur unik seperti analisis kinerja masing-masing karyawan yang bisa digunakan untuk menentukan strategi bisnis berdasarkan penilaian produktifitas karyawan.

Untuk harga tentunya bervariasi tergantung jumlah karyawan dan fitur apa saja yang mau digunakan, namun untungnya anda sebagai HRD bisa mencoba dulu layanan selama 14 hari (gratis). Aplikas untuk karyawan nya dapat diunduh di Play Store dengan nama GadjianKu, dan mendapat rating hanya 3.6 saja dari total 154 review.

Itulah tadi 11 software absensi online yang bisa mempermudah hidup para HR. Selamat memilih, dan segera tinggalkan berkas-berkas yang ribet!

5 1 vote
Article Rating
Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 16 votes
Software Name
Jojonomic
Operating System
Android, iOS
Software Category
HRIS
Price
IDR 135000

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments