18 Aplikasi Terbaik untuk Presentasi (Anti-Mainstream)

Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan aplikasi PowerPoint yang biasa dipakai untuk presentasi. Kalau PowerPoint sudah terlalu mainstream dan bikin bosen dengan tampilan dan templatenya yang itu-itu aja, kamu bisa mencoba aplikasi untuk presentasi yang tak kalah bagus dan lengkap dari PowerPoint.

Nah kebetulan banget, kali ini kami akan memberikan rekomendasi tentang aplikasi atau software terbaik untuk presentasi yang bisa digunakan di PC, laptop sampai smartphone. Penasaran? Yuk langsung saja disimak ulasannya di bawah ini!


1. Prezi

Prezi adalah software pembuat presentasi yang diluncurkan pada 2009. Prezi juga memiliki kantor yang terletak di Budapest, San Francisco, dan Riga.

Pada April 2018, Prezi memiliki lebih dari 100 juta pengguna yang telah menciptakan lebih dari 325 juta presentasi dan telah dilihat lebih dari 3,5 miliar kali. Kata Prezi sendiri adalah bentuk singkat dari “Presentation” dalam bahasa Hungaria.

Prezi juga telah menjadi alternative pengganti PowerPoint yang sudah ada selama bertahun-tahun. Dengan menggunakan Prezi, kamu bisa memanfaatkan konsep dan transisi ke slide baru, memberi efek pada setiap slide presentasi agar terlihat ciamik dan masih banyak lagi.

Prezi dapat membantu kamu menciptakan gaya dan model yang lebih variatif ke dalam presentasi yang kamu buat. Prezi menggunakan konsep Pathway Points sebagai slide ganti untuk memberikan daya tarik visual yang sinematis dari setiap presentasi.

Prezi juga telah berhasil mengumpulkan $50 juta pada bulan November dan digadang-gadang sedang bersaing dengan Microsoft.

Baca Juga : 9 Aplikasi Pembuat Logo di Android


2. Google Slides

Google Slides adalah program khusus presentasi yang merupakan bagian dari paket office software berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google dalam layanan Google Drive-nya. Layanan ini mencakup Google Docs dan Google Sheets dan masih banyak lagi.

Google Slides tersedia sebagai aplikasi web, aplikasi seluler untuk Android, iOS, Windows, BlackBerry, dan sebagai aplikasi desktop di Google ChromeOS. Aplikasi ini juga kompatibel dengan format file Microsoft PowerPoint.

Google Slides merupakan solusi gratis yang memungkinkan kamu untuk membuat presentasi dengan mudah menggunakan tambahan berbagai macam fitur pengeditan seperti edit teks, template dan lain-lain.

Google Slides juga memungkinkan kamu untuk share dan berbagi hasil presentasi kamu di sosial media yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah membuka dan mengedit file Microsoft PowerPoint. Kerennya lagi, kamu bisa melakukan pengeditan walau tidak menggunakan koneksi internet yang aktif alias offline.


3. Visme

Visme memungkinkan kamu untuk membuat presentasi yang profesional juga mengembangkan infografis secara online. Software yang satu ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi lebih dari 1000 template serta grafik.

Visme termasuk ke dalam software yang relatif baru dan sebenarnya lebih diarahkan pada pembuatan infografis daripada presentasi, walaupun begitu, Visme tetap bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pembuatan presentasi kamu.

Visme memiliki banyak opsi yang dirancang untuk memudahkan kamu dalam pembuatan presentasi seperti edit teks, tambahan animasi, berbagai macam template, dan ikon-ikon penting.

Aplikasi ini memiliki serangkaian gambar yang bisa kamu masukkan ke dalam presentasi. Kamu juga dapat menyesuaikan animasi mana yang cocok untuk presentasi kamu.

Visme juga menawarkan opsi untuk membuat konten visual. Kamu dapat membuat laporan, resume (CV), spanduk, dan grafik media sosial yang semuanya memiliki fitur lengkap seperti template, opsi font, dan penyesuaian gambar sama seperti yang ada di fitur pembuatan presentasi.

Baca Juga : 7 Pilihan Website dan Aplikasi Pembuat CV


4. Canva

Canva adalah situs web khusus alat desain grafis yang didirikan pada tahun 2012. Canva menggunakan format drag-and-drop dan menyediakan akses ke lebih dari satu juta foto, vektor, grafik, dan font yang bisa kamu gunakan sesuka hati untuk membuat presentasi yang ciamik.

Software ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang masih pemula dan juga profesional. Canva juga bisa kamu pakai untuk contoh desain web dan model media cetak.

Tak hanya bisa digunakan untuk membuat presentasi, Canva juga bisa kamu pakai untuk membuat CV atau gambar untuk postingan Instagram.

Dengan ribuan gambar, template, efek dan fitur menarik, Canva sangatlah membantu. Kerennya lagi, software canggih ini ternyata gratis lho.


5. FlowVella

FlowVella menawarkan lebih dari 25 template untuk memudahkan kamu membuat presentasi terutama saat sedang bepergian.

Kamu dapat mengakses file dari berbagai sumber cloud seperti Adobe Creative Cloud, Dropbox, Google Drive, dan lain sebagainya.

FlowVella yang awalnya khusus dibuat untuk iPad, merupakan sebuah software intuitif yang sangat cocok untuk digunakan berkat kombinasi transisi dan template unik yang mudah digunakan dan bisa menambah nilai estetik dari presentasi yang kamu buat.

FlowVella adalah platform presentasi yang interaktif dan bisa kamu install kalau kamu punya iPad atau iPhone. Aplikasi ini juga bisa kamu pakai di Mac lho.

FlowVella memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, dan berbagi presentasi melalui sistem SaaS berbasis cloud yang mereka miliki.

FlowVella juga memudahkan kamu untuk menyisipkan objek ke dalam teks, menambahkan gambar, mengubah format file ke PDF dan masih banyak lagi.


6. CustomShow

CustomShow adalah software khusus presentasi perusahaan yang diluncurkan oleh Sales Graphics, sebuah agen presentasi yang berbasis di New York City.

CustomShow awalnya diciptakan untuk Forbes pada tahun 1998. Namun, pelanggan mereka semakin bertambah banyak bahkan meliputi media besar seperti News Corp, Time Warner, dan DIRECTV.

Dengan lebih dari 40 tahun pengalaman di dunia presentasi, CustomShow memang layak digunakan oleh kamu yang mau atau bahkan sudah memiliki perusahaan, software ini juga bisa membantu kamu membuat grafik penjualan dan masih banyak lagi.

CustomShow memungkinkan kamu untuk membuat presentasi yang menggabungkan gambar, video, teks, dan konten Adobe Flash dalam satu slide yang sama.

Kamu juga bisa menyesuaikan presentasi dengan memilih gambar yang cocok untuk disisipkan ke dalam presentasi. CustomShow bisa digunakan untuk PC dan laptop dengan sistem operasi macOS atau dapat dibuka di webnya langsung.


7. SlideShark

Ini dia aplikasi yang pas buat kamu yang mau membuka usaha. SlideShark bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi tentang penjualan, produk terbaru dan masih banyak lagi.

SlideShark siap membantu kamu untuk membagikan presentasi yang telah dibuat secara online. Cocok banget buat kamu yang mau presentasi jarak jauh karena peserta dapat melihat hasil presentasi, di mana pun mereka berada.

Kamu dapat menghubungkan PC atau laptop ke proyektor atau TV menggunakan adaptor dan mengecek seberapa lama peserta menonton dan betah dengan presentasi Anda.

SlideShark juga menawarkan harga yang agak mahal, yaitu sekitar $94,99 untuk tahun ini. Tentunya software ini tetap ‘worth to buy’, apalagi untuk para profesional yang bekerja secara global.

Fitur-fiturnya menarik yang mereka punya meliputi integrasi penyimpanan cloud, share dan preview tampilan slide, presentasi melalui web, membuat anotasi pada slide, dan tentu saja kamu bisa menggunakan mode presenter ala pembawa berita. SlideShark juga memiliki versi gratis. Namun, dengan fitur yang terbatas.


8. SlideDog

SlideDog dapat membantu kamu untuk menyajikan file presentasi secara mulus dan profesional kepada audiens yang ada di acara rapat, presentasi penjualan, konferensi, dan banyak lagi.

SlideDog merupakan aplikasi Windows yang memungkinkan kamu untuk beralih dari berbagai media presentasi seperti PowerPoint, PDF, Prezi, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga sempurna untuk dipakai orang-orang yang menggunakan berbagai bentuk presentasi ke dalam acara mereka.

SlideDog juga dilengkapi dengan fitur interaksi audiens yang dapat terintegrasi satu sama lain, memungkinkan kamu untuk menambahkan kolom khusus jajak pendapat, sesi tanya jawab, dan pertanyaan ke dalam presentasi.

Kamu bahkan dapat membiarkan audiens mengikuti presentasi jarak jauh di perangkat mereka sendiri menggunakan fitur SlideDog Live Sharing.


9. Keynote

Keynote adalah aplikasi presentasi yang dikembangkan sebagai bagian dari rangkaian produk iWork keluaran Apple Inc.

Versi 9 dari Keynote for Mac yang merupakan pembaruan utama terbaru untuk aplikasi ini telah dirilis pada bulan April 2019.

Keynote mempunyai berbagai macam tema yang memungkinkan kamu untuk menjaga konsistensi warna dan font di dalam presentasi, ini juga termasuk grafik dan tabel.

Keynote memiliki dukungan untuk penggunaan monitor ganda. Contohnya kamu dapat menampilkan presentasi di layar dan masih bisa melihat desktop atau catatan yang kamu simpan di laptop.

Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk mengekspor file presentasi ke PDF, QuickTime, JPEG, TIFF, PNG, HTML (dengan gambar JPEG) dan PowerPoint. Keynote juga menggunakan bundel .key (file presentasi) dan .kth (file tema) berdasarkan XML.

Gak cuma itu aja, Keynote juga menyediakan transisi slide 3D berbasis OpenGL yang keren dan menambah nilai penting dalam presentasi kamu.


10. Slidebean

Aplikasi pembuat presentasi lainnya yang bisa kamu coba ini bernama Slidebean. Pengembang (developer) Slidebean mencoba membuat ulang sistem presentasi yang lebih cerdas dan tak kalah keren dari aplikasi lainnya.

Sebenarnya, Slidebean memiliki penerapan yang sama seperti SlideDog dalam hal presentasi.

Kamu hanya perlu fokus pada pembuatan konten, dan Slidebean dapat mengurus sisanya. Gak usah khawatir kesusahan, Slidebean punya banyak fitur dan template keren yang sangat mudah digunakan.

Namun, Slidebean lebih mirip dengan software berbasis slide lainnya seperti powerpoint ketimbang software berbasis kanvas seperti Prezi.


11. Powtoon – Animation

Powtoon adalah perusahaan yang menjual perangkat lunak berbasis cloud (SaaS) untuk membuat presentasi berbentuk animasi dan pembuatan video animasi.

Powtoon didirikan pada Januari 2012 dan telah merilis versi beta pada Agustus 2012.

Pada Februari 2013, Powtoon memperkenalkan opsi ‘gratis’ yang memungkinkan pengguna membuat video animasi yang dapat diekspor ke YouTube.

Powtoon sendiri merupakan software animasi berbasis web yang bisa membantu kamu untuk membuat presentasi animasi dengan memanipulasi objek yang telah dibuat sebelumnya, mengimpor gambar ke dalam slide, serta menambahkan musik atau voice-over ke presentasi.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan tentu saja ini menjadi angin segar bagi mereka yang ingin membuat presentasi yang berbeda dan menarik.


12. Libre Office

Libre Office adalah aplikasi yang benar-benar luar biasa untuk membantu kamu membuat presentasi multimedia yang kreatif.

Kamu bisa membuat dan mengedit slide presentasi dengan sangat fleksibel berkat kehadiran berbagai macam mode pengeditan dan tampilan seperti fitur untuk mengatur dan menguraikan konten teks, tambahan catatan pada setiap slide presentasi, dan Penyortir Slide yang bisa kamu pakai untuk menentukan tampilan lembar thumbnail dan memungkinkan kamu mencari slide dengan lebih cepat.


13. Preseria Conference

Preseria merupakan aplikasi web untuk membantu kamu presentasi di berbagai acara seperti konferensi penting dan lain sebagainya.

Ini juga menjadi perangkat lunak desktop yang bisa dipakai untuk mengunduh dan menjalankan presentasi dengan mulus.

Preseria secara otomatis mengubah semua presentasi slide ke PDF, yang dapat kamu unduh untuk dilihat secara offline atau dibagikan ke peserta yang lain lewat sosial media.

Aplikasi presentasi yang satu ini mendukung semua format dan media presentasi umum. Ini akan meluncurkan file-file ini dalam layar penuh tanpa menampilkan desktop komputer atau layar pemuatan khusus aplikasi yang memungkinkan transisi yang mulus antara speaker dan file.

Preseria juga memungkinkan kamu untuk mengatur presentasi ke dalam berbagai macam sesi serta mengatur waktu, tanggal dan lokasi untuk sesi ini.


14. Wink PowerPoint Alternative

Wink merupakan aplikasi pembuat presentasi, terutama ditujukan untuk membuat tutorial tentang cara menggunakan perangkat lunak (seperti tutorial untuk MS-Word / Excel dll).

Dengan menggunakan Wink, kamu dapat meng-screenshot layar, menambahkan kotak penjelasan, tombol, judul dan lain sebagainya untuk menghasilkan tutorial yang sangat efektif bagi yang melihat hasil presentasi buatan kamu.

Kamu dapat membuat konten yang bisa dilihat di semua jenis web dari seluruh dunia. Walaupun gratis, Wink menyediakan fitur yang mumpuni dan tak kalah canggih dari aplikasi yang lainnya.

Kamu dapat merekam suara saat kamu membuat tutorial untuk membuat penjelasan yang lebih baik.  Kamu juga bisa membuat presentasi Flash yang sangat terkompresi (beberapa kbs hingga beberapa ratus kbs).


15. SlideSnack

SlideSnack adalah layanan web untuk berbagi presentasi secara online.

SlideSnack cukup mudah digunakan dan sebenarnya tak jauh beda dari Microsoft PowerPoint. Kamu bisa menggunakan berbagai fitur basic seperti mengunggah presentasi ke format PDF atau JPG, menyesuaikan tata letaknya dan memilih template khusus untuk menyempurnakan tampilan presentasi dan mempublikasikannya secara online.

Selain itu, kamu juga dapat merekam komentar atau catatan dan membuat slidecast dengan presentasi dan voice over.


16. Articulate Presenter

Articulate Presenter adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat presentasi perpaduan dari Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint.

Articulate Presenter bisa membantu kamu untuk menambah nilai pada presentasi yang kamu buat.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membungkus presentasi menggunakan slide yang dapat dikontrol, panel navigasi pada setiap slide, menambahkan logo perusahaan atau proyek, dan masih banyak lagi.

Articulate Presenter mendukung banyak ‘animasi’ tambahan untuk dimasukkan ke dalam presentasi. Kamu juga bisa lho menambahkan hyperlink yang terhubung ke konten lain.

Fitur keren lainnya adalah kamu bisa membuat permainan seperti pilihan ganda, permainan isi kata kosong dan sebagainya dari fitur kolom atau table permainan yang sudah disediakan.


17. Reallusion

Reallusion adalah perangkat lunak dan pengembang konten animasi 2D dan 3D. Berkantor pusat di Silicon Valley, Reallusion memang mengkhususkan diri dalam pengembangan alat animasi sinematik 2D dan 3D real-time untuk konsumen berbagai usia dari kalangan siswa hingga profesional.

Software ini dapat membantu kamu membuat animasi untuk presentasi Anda dalam periode waktu yang lebih singkat. Reallusion juga bisa terintegrasi dengan file presentasi dari PowerPoint, Keynote, Google Doc dan perangkat lunak presentasi lainnya.

Ditemukan pada tahun 2000, Reallusion memiliki kemampuan pengeditan canggih dengan efek dan berbagai macam fitur multifungsi lainnya.


18. Haiku Deck

Haiku Deck menjadi aplikasi yang cukup populer di App Store. Aplikasi ini sangat ideal digunakan bagi kamu yang menginginkan presentasi yang lebih bergaya.

Haiku Deck juga mendukung fitur teks yang minimalis, template dan efek berkualitas tinggi, dan teknik pengeditan yang mumpuni.

Kamu dapat dengan mudah menggunakan Haiku Deck untuk menelusuri foto berlisensi dari Creative Commons serta fotografi kualitas premium dari Getty Images.

Gimana? Apa kalian sudah pernah mencoba salah satu software pembuat presentasi di atas? Kalau sudah, yuk share pengalaman kamu dalam membuat presentasi pada kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of